Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gha21Avatar border
TS
gha21
Tips Mengurangi Kantuk Saat Menyetir Malam Hari
emoticon-I Love IndonesiaSelamat Pagi Om Momod dan sesepuh kaskus tercintaemoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love IndonesiaIzinkan newbie share info yang gak berguna disiniemoticon-I Love Indonesia


Ceritanya gini,. Beberapa waktu yang lalu, Karena saya bisa nyetir, saya dimintai tolong seorang teman yang anaknya sedang sakit untuk mengantarkan ke kota jam 12 MALAM!!! Perlu diketahui, jarak tempuh dari kabupaten saya ke kota adalah 5 jam. Sebenernya sih kalo siangnya saya gak ada kerjaan mungkin saya gak ngrasa berat juga, yang jadi masalah adalah, dari pagi sampe jam 11 malem saya kerja, belum sempet tidur. Ada lembur di kantor.

Karena temen saya khawatir, dan sy juga ikut khawatir, maka ditetapkan, jam 1 dinihari kita berangkat. Jujur saja, kalo siang sih saya kuat nyetir berjam- jam, tapi kalo malam, hanya disinari sinar rembulan, trus jalanan juga gelap (maklum di daerah Sulawesi), membuat mata saya sulit untuk diajak kompromi. Tetapi akhirnya saya berhasil juga sampai ke kota walaupun harus menempuh perjalanan lebih lama. Nahhh,. Buat sobat sekalian yang mungkin ada di posisi saya, saya akan memberikan tips untuk mengurangi kantuk ketika menyetir, berdasarkan pengalaman sendiri, siapa tau bermanfaat. Cekidotttt :

1. Majukan kursi, dan Tegakkan sandaran
Tips Mengurangi Kantuk Saat Menyetir Malam Hari
Aseliii,. Ini yang paling mujarab dan sering saya lakukan ketika akan bepergian jauh (berdasarkan pengalaman saya). Logikanya jelas, jika badan kamu dalam keadaan rileks atau sandaran agak ke belakang, dijamin rasa kantuk akan cepat datang.

2. Nyalakan music dan berjoget gak jelas
Tips Mengurangi Kantuk Saat Menyetir Malam Hari
Tipsnya : jangan menyetel music yang iramanya mendayu- dayu. Ngantukkk berat bro, kalo saya sih semodel OPLOSAN atau buka Dikit JOSSS, sambil joget2 Caesar,.hehehehe

3. Ngemil
Tips Mengurangi Kantuk Saat Menyetir Malam Hari
Ngemil juga salah satu cara yang mujarab lohhh,. Walaupun efeknya gak lama, tapi bolehlahhh,. Jangan ngemil nasi+lauk, malah jadi bikin lebih ngantuk. Kalo saya biasaya ngemil Sukro atau kacang Garuda.

4. Nahan Kencing
Tips Mengurangi Kantuk Saat Menyetir Malam Hari
Hahahahaha,. Salah satu kebiasaan juga, sebenernya bukan murni buat nahan ngantuk, tetapi karena jalan yang saya lalui gelap dan merupakan hutan, serem aja kalo mau kencing sembarangan, jadi harus nunggu lewat POM Bensin, *yang ini jangan ditiru, takut kena ginjal
*edited: jangan ditiru yang ini,. banyak yg komplen

5.Minta Cubit Temen
Tips Mengurangi Kantuk Saat Menyetir Malam Hari
Gak tau ngefek apa gak, tapi dulu ketika saya masih sekolah, ngantuk waktu pelajaran, biasanya minta cubit temen sekeras- kerasnya, lumayan bikin melek beberapa menit,. Hehehehe,.

6. Ngerokok
Tips Mengurangi Kantuk Saat Menyetir Malam Hari
Walapun saya bukan perokok aktif, tapi kalo mau nyetir jarak jauh, pasti sedia rokok. Mungkin karena kandungan zat nikotin didalamnya, sehingga lumayan bikin mata jadi melek.

*Cara diatas berlaku jika tidak ada teman yang bisa diajak ngobrol dan tidak ada yang bisa menggantikan nyetir. Kenapa saya gak memasukkan “minum kopi”?? aduwhhh,. Saya gak biasa minum kopi, bikin mules soalnya.

Tips yang mungkinBerguna ketika melakukan perjalanan jauh
- Sebelum berangkat, pastikan kondisi badan dalam keadaan fit
- Makan dan minum secukupnya
- Bawa obat2an yang penting, kalo saya, diapet, antimo, kayu putih, balsam, Obat sakit maag
- Selalu bawa teman yang bisa diajak gentian nyetir, (gak usah gengsi, walaupun ngerasa sanggup, tapi ada baiknya bawa teman untuk jaga- jaga apalgi jika kondisinya mendesak, harus cepat2 sampe tujuan)
- Kalo ada yang mau numpang, pastikan dia adalah orang yang gak gmpang molor, dan bisa diajak ngobrol. Penderitaan ketika nyupir malam hari adalah selain sendirian gak ada yang ngajak ngobrol, mkin mblangsak ketika ada yang ngorok kencenggg bgt,.Asyemmmmm,.
- Beristirahatlah maks 3 jam sekali, kalo saya sih setiap POM Bensin biasanya berhenti, pura2 kencing padahal senam biar gak ngantuk
- Tidak usah terlalu memaksakan diri, kalo memang tidak kuat mending brenti aja, gak usah gengsi, gak usah malu. Lebih baik terlambat daripada membahayakan keselamatan Anda semua.

Okewh,.sekian thread gak jelas dari seorang newbie. Tips diatas aseli bersumber dari pengalaman sendiri, walaupun ngefek di saya, tapi belum tentu juga ngefek di agan2 sekalian. Akhir kata, pinjam tagline polisi “ Jadilah pelopor Keselamatan Berlalulintas , Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan “

Kalo ada yang mau menambahkan MOGGO!!Nanti di pajang di pejwan

Terimaksihhh

JANGAN LUPA UNTUK

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

dikasih yang seger2 juga bolehemoticon-Toastemoticon-Toast


Cara laen yang keren

Update Komen dari agan2
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh gha21 21-05-2014 02:29
0
10.6K
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan