Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

radiradzAvatar border
TS
radiradz
(HELP) Laptop Vaio tidak bisa nyala / booting
Selamat pagi agan2 semua,
Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung ke trit minta tolong ane emoticon-Sorry
Ane udah berusaha cari ke forum2 tentang perbaikan laptop tapi permasalahan belum beres.

Langsung aja ya gan,
Ane punya laptop vaio type NW25GF,
ini laptop ane beli dari november 2009, berarti udah 4,5 tahun lebih.

pas bulan kemaren ini laptop sempet restart sendiri dan tiba2 tidak bisa booting, cuma ada lambang vaio nya aja. udah ane coba restart lewat tombol power beberapa kali, akhirnya nyala lagi. truz ane sengaja isi HDD ane yg 320gb dengan full isi film hd dan game pes2013 di jasa pengisian film hd ampe hdd ini hampir full space.

lalu ane coba install pes2013 dan sukses, tapi ternyata pas di restart gak mau muncul lg tuh layarnya, logo vaionya pun gak muncul. ane coba buka hardisk dan ram nya dan coba nyalain lg tp tetep gak nyala, ampe akhirnya ane terus terusan nyala matiin tuh laptop.

dan pada akhirnya bisa nyala lagi walau bootingnya lama bgt, akhirnya ini laptop normal lg. kejadian ke 3 pun terjadi pas maen pes 2013 30 menit nonstop, truz ane shutdown karena maen laptopnya udah beres.

ternyata kejadian terulang kembali dan ampe sekarang msh tidak bisa nyala. ane nyalain semua nyala termasuk motherboard, procie, kipas dan lampu indicator procie nyala, tp indicator hardisk gak nyala sehingga layarnya gak bisa masuk ke bios.

ane pikir sih pasti dari hardisknya yang rusak, dan akhirnya ane coba cek ke toko komputer, dan ternyata hardisknya terdetek dan bisa masuk bios, pas dicek memang ada sedikit bad sector gan.

yang mau ane tanyain apakah bad sector itu bisa gagal masuk bios? apakah windows nya corrupt? apa jangan2 chip penghubung MB sama HDD nya yg bermasalah, sebelumnya ini laptop belum pernah blue screen. ane mau install ulang aja percuma karena layarnya pun gak nyala, dan indicator hardisknya yg biasanya kedip2 pun sekrang gak pernah nyala.

mohon bantuannya gan, ane gak bisa kasih cendol tp buat jawaban terbaik ane mau kasih pulsa 10rb emoticon-Ngakak
0
21.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan