Selamat datang teman-teman.
Kali ini saya ingin share mengenai permainan yang saya buat untuk Sistem Operasi Android yaitu Checkers. Checkers merupakan salah satu permainan papan yang berjenis Turn Base Strategy (TBS), pemain dapat bermain dengan AI (Kecerdasan Buatan) atau bermain dengan pemain lain. Tujuan akhir dari permainan ialah menghabisi semua bidak lawan di dalam papan atau dengan membuat bidak lawan tidak mampu melakukan gerakan.
Lama pengerjaan permainan yang saya buat sekitar 8 bulan, waktu ini sudah termasuk belajar dari awal mulai mencari bahan-bahan sampai try and error.
Untuk mencoba permainan Checkers teman-teman dapat mendownload ny di google play
Baiklah sekian share ane mengenai permaian Checkers, bagi teman-teman yang memiliki komentar ataupun pertanyaan silahkan. Saya akan sangat berterima kasih kepada teman-teman apabila meluangkan waktu untuk merate permainan ini di google play.
maju terus karya anak bangsa Indonesia.
- Support local Developer. -
A. Papan dan Bidak dalam permainan
Papan permainan tersusun oleh 64 persegi bergantian antara sisi gelap dan terang, yang disusun kedalam satu kumpulan persegi yang terdiri dari 8 baris dan 8 kolom. Persegi dengan sisi gelap berjumlah 32 merupakan daerah yang digunakan dalam permainan.
Pada awal permainan, seorang pemain memiliki 12 bidak berwarna gelap, dan pemain lainnya memiliki 12 bidak berwarna terang.
B. Metode Permainan
- Pemain dengan bidak gelap selalu memulai permainan dengan melakukan langkah pertama, dan kemudian dibalas oleh pemain dengan bidak terang.
- Bidak-bidak hanya dapat melakukan langkah pada persegi dengan sisi gelap.
- Permainan dimenangkah oleh pemain yang mampu membuat lawan tidak memiliki langkah yang mungkin dilakukan, dikarenakan semua bidak lawan telah habis atau semua bidak lawan telah terhambat dan tidak mampu melakukan langkah.
C. Bidak Pion
Bidak pion adalah bidak yang pertama didapat pada saat memulai permainan.
Aturan-aturan pada bidak pion adalah sebagai berikut:
- Gerakan sederhana dari pion ialah bergerak satu langkah maju secara diagonal, menuju persegi hijau yang kosong dan berdekatan.
- Suatu gerakan menangkap dari pion adalah perpindahan bidak dari satu persegi hijau menuju suatu persegi hijau kosong diagonal di depannya, jika persegi diagonal depan terdekatnya ditempati oleh bidak lawan, maka posisi akhir dari pion berada pada persegi hijau kosong yang searah diagonal depan dari bidak lawan yang dilewatinya. Ketika selesai melakukan lompatan maka bidak yang tertangkap akan dihapus dari papan.
- Ketika suatu pion mencapai baris depan terjauh atau dikenal dengan baris raja. Maka pion akan berubah menjadi raja, dan ia akan melengkapi giliran permainan. Pion dinobatkan menjadi raja ditandai dengan meletakkan mahkota di atasnya sebelum langkah berikutnya dilakukan.
D. Bidak Raja
Bidak raja ialah bidak yang didapat ketika suatu pion mencapai baris depan terjauh atau baris raja.
Aturan-aturan pada bidak raja adalah sebagai berikut:
- Gerakan sederhana dari raja menyerupai langkah pada pion, tetapi raja memiliki kekuatan untuk melakukan langkah mundur. Raja mampu bergerak satu langkah maju atau mundur secara diagonal, menuju persegi hijau yang kosong dan berdekatan.
- Gerakan menangkap dari raja termasuk kemampuan untuk menangkap mundur. Seperti gerakan menangkap dari pion, gerakan menangkap pada raja ialah perpindahan raja dari satu persegi hijau menuju suatu persegi hijau kosong diagonal terdekatnya (maju atau mundur), jika persegi diagonal terdekatnya ditempati oleh bidak lawan. Maka posisi akhir dari raja berada pada persegi hijau kosong yang searah diagonal dari bidak lawan yang dilewatinya. Ketika selesai melakukan lompatan maka bidak yang tertangkap akan dihapus dari papan.
E. Gerakan Menangkap Secara Umum (Force Jump Role)
Gerakan menangkap atau melompat adalah suatu gerak paksaan. Setiap lompatan yang menciptakan kemungkinan untuk melakukan gerakan melompat berikutnya harus berlanjut sampai semua lompatan selesai. Tidak ada pilihan untuk berhenti pada suatu bagian dari lompatan. Hanya satu pengecualian dalam hal ini adalah jika pion mencapai baris raja ketika melakukan lompatan, maka ia akan menjadi raja tetapi tidak dapat melakukan lompatan berikutnya sampai lawannya telah melakukan langkah. Raja yang baru harus menunggu giliran bermain berikutnya
Jika pemain menolak melakukan suatu lompatan, maka pemain akan dikeluarkan dari permainan. Namun, Jika terdapat dua atau lebih jalur untuk melompat, pemain harus memilih salah satu jalur yang mereka inginkan, langkah yang dipilih tidak harus yang memperoleh keuntungan terbanyak. Bidak-bidak yang telah dilompati akan dihapus dari papan setelah lompatan selesai.