Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AkuCintaNanaeAvatar border
TS
AkuCintaNanae
[ Bank Century] Lin Che Wei: JK dan Kwik Kian Gie Akui Krisis Terjadi di 2008
Jakarta - Kasus Century kembali ramai dibahas menyusul persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor. Dalam persidangan itu Wapres Boediono yang di masa 2008 menjabat sebagai Gubernur BI memberikan kesaksian.

Selain Boediono di persidangan itu juga hadirkan saksi-saksi lain, mulai dari Sri Mulyani, Jusuf Kalla, sampai Kwik Kian Gie. Yang menjadi pertanyaan menarik di persidangan itu, apakah dalam penyelamatan Century itu terkait dengan krisis yang terjadi di 2008?

Di persidangan Jusuf Kalla menepis adanya krisis, demikian juga Kwik Kian Gie. Tak hanya itu, sejumlah ekonom yang menjadi saksi di persidangan juga menyampaikan adanya krisis.

Ekonom Lin Che Wei mencatat ketidakkonsistenan sejumlah mantan pejabat dan ekonom. Pernyataannya mereka pada 2008 lalu dan kini bertolak belakang. Berikut data yang diungkapkan Che Wei, Rabu (14/5/2014).

"Kwik Kian di ILC (TvOne-red) malam tadi menyampaikan bahwa semua sepakat tidak ada krisis kecuali BI," jelas Che Wei.

Namun, Che Wei mencatat pada 25 Oktober 2008 lalu, Kwik pernah menyampaikan pidato dalam dies natalis ke 22 dan wisuda Unversitas Mercu Buana.

"Kwik membuat pidato, judul pidatonya dampak krisis ekonomi global terhadap Indoenesia dan antisipasi penanggulangannya," terang Che Wei

"Jadi jelas dia memberi pidato soal krisis pada 15 Oktober," tambah Che Wei.

Kemudian, Che Wei melanjutkan dengan pernyataan Jusuf Kalla pada 14 November 2008. Seperti dia lihat dalam berita di Antara. JK yang saat itu menjadi Wapres usai menemui Persatuan Guru Muslim Indonesia sempat berucap adanya krisis.

"M Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia sekarang mulai merasakan dampak global economic crisis. Itu dikatakan di kantornya. JK juga menyampaikan kalau orang Eropa sudah mulai mengurangi travel belanja dan BBM, sehingga menurunnya penggunaan dan harga pump oil dan karet di Indonesia," imbuh Che Wei.

Soal krisis pada 2008 itu juga terekam dari pemberitaan di media bahwa Presiden SBY dan Wapres JK sampai menggelar plenary cabinet meeting pada 15 Oktober 2008, guna menghadapi global financial crisi.

"Presiden SBY pada 16 Oktober 2008 juga menyampaikan, bahwa global financial crisis mempunyai dampak yang sangat luas kepada Indonesia, dampaknya panjang paling sedikitnya 3 tahun ke depan. Semua orang harus bekerja keras sehingga dapat mencegah dan menyelesaikan krisis," tutur dia.

Che Wei melanjutkan, jadi kalau sekarang orang mengatakan tak ada krisis pada 2008 ya karena masa itu sudah sukses dilewati dan berhasil dihadapi.

http://news.detik.com/read/2014/05/1...erjadi-di-2008

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
3.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan