himbolAvatar border
TS
himbol
Memburu Seniman Tongseng di Magelang

Disini saya hanya sekedar sharing pengalaman saya,sebagai akibat buka lapak di KASKUSemoticon-Big Grin.

Kemarin sabtu selepas Magrib saya ngapain ya..hmm, oiya, pas lagi maenan instagram kalu ga salah, sambil tiduran, tiba tiba di layar HP ada notif panggilan telepon, dalam hati saya mbatin "eh ini kan Agan domisili Bogor yang kemaren saya edit fotonya","Hah ngapain ?". Setelah saya angkat. "Hallo Assalamualaikum ...".

Spoiler for Call:


OK percakapan hanya 22 detik. Cuman bilang:

Quote:


*(Tau alamat ane dari paket yg dulu ane kirim apa ya? heran).

Dengan tampang bego, "ini tadi apaan ya?". Yodah ane ngikut aja, siapa tau dapet petualangan baru. Siap siapin tas, kamera, cukur ketek, cukur kumis, cukur jenggot, masukin kaki ke sepatu, DONE.

Selang beberapa menit ada yang nyamperin, ketok pintu rumah, basa basi bentar langsung diculik ke mobilnya. Yang dateng tadi Tim penjemput (si agan yang minta edit tempo hari dan pasangannya), satu lagi nunggu di dalem mobil, jadi total mereka bertiga. Ane ketakutan, mereka semua memandang ke arah ane (iki opoooww emoticon-Big Grin,lebay). Setelah sampai mobil, saya berkenalan lebih jauh dengan mereka.

Setelah diskusi ringan untuk mencairkan suasana, saya masih ngeblank, ini mo kemana? kenapa disuru bawa kamera?, apa mereka mo foto lagi ya?, tapi kalau foto lagi, masak baju mereka nyantai begitu. Ah udahlah, ngikut aja, daripada dirumah juga bengong, lumayan malming ada kegiatan.

Mobil makin menjauh dari kota Magelang, menuju ke arah Jogja, beberapa menit kemudian mobil ambil jalur kanan , untuk kemudian belok ke seberang jalan. Uda nyampe Muntilan nih. Setelah mobil nyebrang, kemudian Adek supirnya ambil ke kiri. Masuk deh mobil ke jalan kecil yang ga diaspal, berdebu, off road banget pokoknya (note: ini jalan truk truk pasir kalo lagi pulang nambang pasir di sungai sono, so wajar kalo jalannya buluk bgini).

Masih jauh perjalanan yang mana tujuannya saya pun tak tahu. Tersangka yang mengajak saya masih bungkam :P. Perjalanan malam, lewat jalan desa yang minim penerangan, saya tidak bisa mengidentifikasi dimana saya karena gelapnya jalan yang dilalui. Setelah sampai pada gapura kecil, agaknya ini masuk desa, tapi mau ngapain?. Iya bener mobil makin meluncur diantara rumah rumah joglo sederhana. Melewati jembatan sempit, dan akhirnya berhenti di depan warung sederhana. Udah disini?, hah, ngapain disini?.

Setelah turun rombongan kami berempat jalan kaki kaki melewati lompetan diantara rumah rumah yang gelap, jeda 2 rumah dari tempat kami memarkir mobil. Kami berhenti didepan rumah sederhana, didepan teras kecilnya ada sebuah dipan bambu. Namun saya tidak asing dengan rumah tersebut, saya mencoba mendeduksi semua ini untuk menyimpulkan , dimanakah saya berada sekarang?. Dimulai dari ingatan bahwa si agan suka wisata kuliner, aroma daging kambing dari dalam rumah, tayangan yang diasuh Pak Bondan Winarno beberapa tahun yang lalu. Semua poin poin tersebut saya rangkai sampai akhirnya saya tahu saya dimana. Damn, saya surprise sekali, ini kan tempat yang pernah diliput Pak Bondan Winarno!, karena tongseng kambingnya yang super spesial. Saya berada di Kediaman Pak Din, Desa Kepanjen, Menayu, Muntilan, Magelang.

Spoiler for Bondan:

Sumber gambar: Blog Pribadi pak Bondan, SS layar komputer TS.

Saya senang bukan kepalang, karena memang faktor fisik saya laper, dan kedua tempat yang saya datangi ini bukan tempat biasa. Disini adalah galeri seni dari seorang Empu Tongseng (Lebay banget). Dan kenapa saya disuruh bawa kamera?, haha si agan tadi sepertinya tahu saya bakal seneng banget diajak di tempat yang baru dan tentu dapat saya dokumentasikan, so pasti si agan ini wajib ditampilin disetiap foto yang diambil (ga semua sih).

Okay sekarang saya bakal kasih liat TKPnya. Oiya sebelumnya jangan merendahkan dulu ya setelah melihat tempatnya. Karena TKP Empunya Tongseng ini adalah rumah sangat sederhana, yang mana tempat untuk kita makan sangat sangat berkonsep hommy (hommy ala pedesaan jadul), jadi tempatnya disekat menjadi dua, untuk memisahkan ruang tempat pelanggan makan dengan dapurnya. Antara dapur dengan ruang tempat makan hanya dipisahkan oleh sekat kayu, tanpa penutup. Jadi kita bisa melihat langsung proses masak Tongseng Kambing tersebut.

Spoiler for Tongseng 1:

Situasi didepan rumah yang merangkap warung Tongseng Pak Din.

Dapat kita saksikan , pengunjung warung Tongseng tersebut disediakan bale bambu sebagai tempat menunggu, sekaligus tempat kita makan.

Spoiler for Tongseng 2:

Beranjak kedalam rumah, ada tulisan menarik yang menempel pada dinding kayu sederhana yang jadi sekat antara ruang makan dan dapur. Tulisan tersebut memperingatkan pengunjung untuk tidak SMS si empunya warung. Maksudnya disini, karena saking larisnya Tongseng beliau, banyak pengunjung yang sebelum datang ke warung ini, terlebih dahulu mengirim pesan,entah untuk bertanya apakah Tongsengnya masih ada atau udah sold out, ataupun memesan porsi jauh jauh hari sebelum akan kesana. See ga cuma high class resto doang kan yang bisa full booked ataupun reservasi hidangan emoticon-Big Grin.
Spoiler for Tongseng 3:

Diatas adalah kondisi dapur tempat beliau menyiapkan hidangan. Bagi yang berfikir, ih kok kotor gitu, ih nanti ngga higienis dll, saya paham kok, ini cm masalah selera aja, kalo saya mah ga pilih pilih, yang penting halal dan tidak berlebihan itu sudah. Tradisional banget, tungku masih menggunakan tanah liat dan kayu bakar.Ini yang menjadikan khas, ini juga yang memberikan persona tersendiri dari tongseng tongseng lain (ngomong opo aku iki).

Spoiler for Tongseng 4:

Disebelah atas ,Pak Din juga dibantu Ibu beliau menyiapkan hidangan. Kata sumber saya Si ibu inilah yang merintis usaha Tongseng ini. Si Agan yang mengajak saya kesini ternyata kuliah di UGM, dan beliau saat pulang dari Jogja selalu menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini. Jadi pantas saja si Agan tidak asing dengan jalan jalan menuju TKP.
Spoiler for Tongseng 5:

Spoiler for Tongseng 6:

Akhirnya seporsi Tongseng Kambing telah tersaji. Saatnya meng eksekusi sehati hati mungkin, bila dimungkinkan , unit pemuas berupa nasi bisa nambah jika kalian belum puas (saya sih pesen 2 piring buat nasinya).Oiya seporsi Nasi Tongseng ini harganya Rp. 12.000,00 cukup terjangkau untuk berbagai kelas konsumen. Dan rasanya memang bener bener ga bohong. Ga bisa ditulis di blog, cuma bisa dirasain pake lidah. Serius enak,dan ente kalo penasaran , kuliner ini sangat layak untuk dicoba.

Spoiler for Tongseng 7:

Ada beberapa kisah menarik mengenai Tongseng Pak Din ini, katanya pernah ada pihak yang berminat untuk membeli resep dari beliau dengan nominal ratusan juta, denger denger sih mau di franchais kan resepnya. Namun oleh si owner tidak diperkenankan. Hmm, salut sekali ya.

Menurut pandangan saya , Tongseng beliau adalah sebuah karya seni, karena apa? beliau membatasi hasil karyanya, enggak diobral, limited lah kesannya. Kalau beliau mau sih bisa aja beliau bikin warung makan yang agak layak (dengan kapasitas Tongseng beliau), nyatanya engga, beliau tetep hidup sederhana aja, beliau cuman buka dari pukul enam petang seusai ibadah magrib dan tutup pukul sepuluh malam (itu pun jika pelanggannya membludak maka bisa tutup lebih awal lagi). Pernah ada pengunjung yang kena marah karena datang pada waktu solat magrib sedang berlangsung, kemudian si pengunjung dimarahi untuk disuruh solat terlebih dahulu, baru boleh datang ke warung.Ini lah seniman Tongseng yang sesungguhnya.

Sekian tulisan sederhana saya.


N.B : Sumber foto adalah dokumentasi pribadi saya. Si agan dan rekan rekannya saya blur untuk menjaga privasi beliau.Tulisan ini juga saya muat di Blog saya.

*ALAMAT TARGET: Pak Din, Desa Kepanjen, Menayu, Muntilan, Magelang.Menayu Muntilan from Google Map(Desa Kepanjen ada di sekitaran situ, ane ga bs ngetrace di google, maybe ada yang bisa PM ya buat koordinat Desa ini)







Diubah oleh himbol 28-05-2014 06:30
0
22.4K
216
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan