Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zeroyonlineAvatar border
TS
zeroyonline
(Horeeeee,...) Terkena Pemadaman Aliran Listrik, PLN Akan Ganti Rugi.
lyr

SEJAK dua hari yang lalu sebagian Jakarta dan Tangerang mengalami pemadaman aliran listrik, namun mulai hari ini kondisi aliran listrik di sejumlah wilayah tersebut berangsur normal.

Menurut Manajer Komunikasi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bambang Dwiyanto di Jakarta, kemarin, gangguan listrik yang dihadapi cukup berat, di antaranya pada Senin (12/5) siang Gardu Induk (GI) Kembangan mengalami gangguan sehingga harus disetop operasinya.

Selain itu, lanjut dia, disusul gangguan yang terjadi pada jaringan transmisi PLTGU Muara Karang-GI Gandul sekitar pukul 15.30

“Area pemadaman listrik meluas sejak Senin (12/5) sore hingga malam, tetapi hari ini (area pemadaman) berkurang. Setiap pelanggan mengalami pemadaman maksimal 3 jam,” ujarnya.

Bambang mengakui pihaknya akan memberi ganti rugi kepada pelanggan yang mengalami pemadaman, yakni dihitung berdasarkan indikator frekuensi padam dan durasi per bulan dalam sistem pengawasan mutu yang dirilis di setiap area.

“Kompensasi berupa diskon biaya beban 10%,” ungkap Bambang.

Menanggapi kejadian ini, Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi mendesak pemerintah segera membenahi kebijakan ketenagalistrikan dari sisi pembangkit dan energi primer.

“Kita akan menghadapi krisis listrik pada 2016 karena kebutuhan listrik naik 12% setiap tahun, sementara PLN hanya mampu menambah kapasitas 6%. Pembangkit sudah banyak yang tua,” ujar Tulus.

Direktur Operasi PT PLN Ngurah Adnyana menampik tudingan pemadaman terjadi lantaran krisis listrik Jawa-Bali terjadi lebih awal dari seharusnya pada 2018.

“Dalam dua hari ini Jabodetabek mengalami krisis listrik sehingga menyebabkan defisit hingga 750 megawatt (Mw),” jelas Adnyana.

Menurut Adnyana, kini masalah listrik yang dihadapi ialah persoalan jaringan, bukan pasokan.(her/mi/ant)

SOL

Moga-moga aja neh PLN bener omongannye gan. Lumayan penegluaran bulanan jadi berkurang sedikit emoticon-Malu (S)
0
2.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan