darikikiAvatar border
TS
darikiki
UPS, Ibu Risma Denda PT Unilever sebesar 1M
Taman terbaik se-Asia Tenggara, Taman Bungkul Surabaya, Jawa Timur rusak parah akibat acara bagi-bagi es krim Wall's yang digelar PT Unilever Indonesia Tbk, Minggu kemarin (11/5). Kerugian materi dari kerusakan jalur hijau di sepanjang Jalan Raya Darmo itu diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memprediksi, jika total dihitung selama 10 tahun menanam dan merawat Taman Bungkul, kerugiannya mencapai lebih dari angka nominal tersebut.

"Ya kalau dihitung, sejak kali pertama menanam ya lebih dari itu (Rp 1 M). Tapi kemarin Pak Cholid (Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Cholid Buhari) mengkalkulasi (kerugian) sampai Rp 1 miliar," ujar wali kota kelahiran Kediri tersebut, Senin (12/5).

"Karena yang rusak itu jalur hijau sepanjang jalan (diperkirakan sekitar 500 meter di sepanjang Jalan raya Darmo). Itu belum yang rusak di taman Bungkul," lanjut Risma.

Untuk itu, pihak Pemkot Surabaya mengaku akan menggugat pihak PT Unilever Indonesia, baik secara pidana maupun perdata. "Laporannya sudah masuk kemarin (11/5) di Polrestabes Surabaya. Kemarin Pak Cholid dan bagian hukum memasukkan laporannya. Kita akan menggugat secara pidana terkait perusakan fasilitas umum dan perdata. Gugatannya senilai Rp 1 M itu," tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, Minggu pagi kemarin, bersamaan acara car free day di Jalan Raya Darmo, PT Unilever Indonesia menggelar acara bagi-bagi es krim di depan Taman Bungkul Surabaya. Akibat acara tak berizin itu, seluruh tanaman yang dibangun Risma rusak parah karena diinjak-injak ribuan warga yang berebut es krim gratis.

"Saya tidak merinci detail berapa jumlah jenis tanaman yang rusak. Mungkin ada sekitar 30-an jenis tanaman yang rusak. Bisa juga lebih dari itu, karena yang rusak itu di sepanjang jalur hijau di sini (Jalan Raya Darmo)," pungkas Risma.

Liputan6
Diubah oleh darikiki 12-05-2014 07:42
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
20K
225
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan