Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

goindonesiacomAvatar border
TS
goindonesiacom
"Selat Solo" Saladnya orang Solo

Selad Solo

Selad Solo ini adalah makanan khas dari kota Solo. Makanan ini merupakan ubahan dari makanan Salad yang seringkali disajikan pada masa kolonial untuk para bangsawan Belanda di tanah Jawa. Karena kebiasaan tersebut, para Raja Jawa pun ikut menikmati sajian ini, namun untuk memenuhi cita rasa lokal, sajian ini diubah sedimikian rupa hingga dapat diterima oleh lidah Indonesia. Boleh jadi Selad Solo ini memang bukan kuliner asli dari tanah Jawa dan merupakan adaptasi dari makanan bumi Eropa. Kata Selat sendiri berasal dari ubahan kata “salade” atau “sla” yang berasal dari bahasa Belanda.

  • Kaya akan Sayuran Bergizi

Komposisi Selat Solo kaya akan sayuran-sayuran yang berisikan daun selada, beragam sayuran seperti timun, buncis, wortel, tomat, bawang merah, kemudian ditambah kentang goreng dan telur pindang. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Campurkan bahan yang telah direbus seperti irisan wortel dan buncis. Kemudian tambahkan irisan tomat segar, daun selada dan mentimun.

Untuk sumber protein, masukan daging sapi yang diiris tipis serta potongan telur rebus. Untuk daging, sebelumnya telah dimasak dengan cara seperti disemur. Semua bahan tadi disiram dengan kuah coklat manis seperti semur. Untuk melengkapi sensasi kremes pada sajian ini, tambahkan keripik kentang. Untuk menambah cita rasa tambahkan juga mayones dan mustard.Meskipun berbahan dasar sayuran, jangan khawatir Anda tidak akan menikmati sensasi nikmat dari lezatnya daging, karena ada beberapa irisan daging yang disajikan beserta potongan telur ayam yang dipindang (rebus). Selain itu terdapat juga sensasi crispy dari keripik kentang yang menambah kelezatan dari kuliner unik yang satu ini.

Di Solo sendiri ada satu warung selat yang sangat terkenal, yaitu Warung Selat Bu Lies. Terletak di sebuah gang kecil yang hanya muat dilewati satu mobil saja, warung ini berada di Kampung Serengan, Solo. Warung Selat Solo ini sangat terkenal dan pernah beberapa kali masuk acara liputan di televisi, bahkan tak jarang publik figur tanah air makan-makan di warung Selad Solo ini.

Selain menyediakan makanan dengan rasa yang yummy, warung selat Solo Bu Lies ini memiliki konsep tempat makan yang cukup unik karena banyaknya ornamen-ornamen di warung. Di warung ini banyak sekali keramik, guci Cina serta lukisan-lukisan yang menghiasi dinding warung.

  • Lokasi

Selat Solo Bu Lies berada di Jl. Yudistira Gang II / 42, Solo Kota, Serengan.
Spoiler for Selat Solo:
0
2.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan