Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

danypwAvatar border
TS
danypw
Nama – Nama Unik Jalanan di Yogyakarta
Spoiler for Malioboro:


Di Yogyakarta terdapat ruas jalan yang diberi nama Malioboro, bagi yang suka travelling tentu sudah pernah menginjakkan kaki di sini kan ? Tapi apa ada yang tahu asal – usul nama jalan tersebut ?

Nah berikut jawabannya, diikuti dengan nama – nama jalan yang unik lainnya !

Sekilas nama jalan ini hampir mirip dengan produk rokok dari Amerika, tapi jelas artinya bukan itu. Dalam sebuah scientific journal Persee dengan judul “The Etymology of the Name of Yogyakarta”, nama Malioboro diambil dari sanskrit Ramayana, malyabhara yang berarti taman bunga di tepi jalan. Masih dalam jurnal yang sama, bahwasannya cikal bakal nama Yogyakarta juga diadaptasi dari Ayodhya, yakni kerajaan Sri Rama (Dewa Wisnu). Ayodhya memiliki makna kota yang tentram dan makmur.

Selain Malioboro, ada juga jalan yang memiliki nama unik, yakni Kemit Bumen. Daerah ini merupakan permukiman abdi dalem Kemit Bumi, yang bertugas menyapu atau membersihkan halaman kraton dan alun – alun.

Lalu ada jalan Batikan. Jika menebak di sini banyak yang membuat batik, Anda benar sekali. Jalan Kemasan merupakan sentra pengrajin dan pengusaha emas. Jalan Jlagran menjadi tempat tinggal para Jlogro atau tukang membuat nisan. Kemudian jalan Gowongan, di sini dahulu banyak dihuni tukang batu atau yang kerap disebut Gowong.

Bagaimana dengan jalan Gamelan ?

Kali ini tebakan Anda salah jika menjawab lokasi ini menjadi tempat pengrajin gamelan, sebab Gamelan dahulu merupakan perkampungan yang dihuni abdi dalem Gamel, yang bertugas memelihara kuda. For your info, pada jaman dulu, kuda bukan saja menjadi sarana transportasi, tapi juga menjadi simbol kebanggaan orang Jawa.

Tak ketinggalan pula jalan Bumijo dan Mantrigawen. Jalan Bumijo merupakan tempat abdi dalem Bumijo, atau pegawai agraria. Sedangkan Mantrigawen adalah tempat tinggal kepala pegawai kraton.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tabel di bawah ini :
Spoiler for Tabel:

Menarik juga ya ternyata, ada cerita di balik nama jalan – jalan tersebut !

Simak juga tentang asal – usul Yogyakarta, gamelan, dan garis imajiner Merapi – Pantai Selatan.
0
1.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan