ichwanrayAvatar border
TS
ichwanray
Apakah ada kehidupan lain selain di Bumi ?
Salam agan dan sist
Nih ane buat threat lagi
Sesuai dengan judulnya ni, kali threat ane ambil dari beberapa media infomasi yang menurut ane masih belom tau juga kebenarannya .
Kalo agan atau sis mau nambahin, atau ada argumen lain silahkan aja share ke sini .
Yuk cekidot !!
​CALIFORNIA - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA mengatakan bahwa temuan exoplanet atau planet asing yang menyerupai Bumi bisa mendukung kemunculan kehidupan. Ilmuwan baru-baru ini menemukan planet yang memiliki kemiripan dengan Bumi.

Dilansir Sky, Jumat (18/4/2014), planet asing yang ditemukan ini mengorbit pada mataharinya. Exoplanet yang berwarna cokelat tersebut memiliki ukuran yang hampir serupa dengan Bumi dan berada di zona layak huni. Yang artinya jarak planet antara bintang orbit tak terlalu jauh atau tak terlalu dekat sehingga menghasilkan suhu seperti suhu Bumi dan memungkinkan untuk dihuni.

Astronom menamakan planet ini dengan nama Kepler-186f. Planet asing ini ditemukan oleh teleskop Kepler yang dioperasikan oleh ilmuwan NASA.

Astronom meyakini bahwa planet di galaksi Bima Sakti ini memiliki kesempatan tinggi terkait munculnya kehidupan. Planet ini ditemukan mengorbit di zona layak huni (habitable) dengan jarak 500 tahun cahaya dari Bumi.

Apa yang membuat astronom percaya bahwa planet ini memiliki kehidupan ialah, tidak hanya ukurannya yang persis dengan Bumi, tetapi juga posisinya terhadap bintang yang diorbitnya. Planet Kepler-186f ini berpotensi menyimpan air.

Air ini yang menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung perkembangan kehidupan. "Kami bisa mengatakan sekarang bahwa planet lain, berpotensi sebagai dunia yang dapat dihuni, memiliki kemiripan dalam ukuran Bumi. Hal ini tidak lagi di ranah fiksi ilmiah," kata Elisa Quintana dari NASA.

Sekira 1.800 planet terdeteksi selama 20 tahun terakhir. Kabarnya, hanya ada 20 planet asing yang mengorbit di zona layak huni, tetapi ukurannya lebih besar daripada Bumi. Ilmuwan saat ini dapat meneliti komposisi atmosfer dan permukaan planet Kepler-186f.




CALIFORNIA - Peneliti menemukan exoplanet dengan kode nama KOI-314c yang berjarak 200 tahun cahaya dari Bumi. Planet asing ini memiliki massa yang serupa dengan Bumi, namun sesungguhnya ialah planet gas.

Dilansir Theregister, Selasa (7/1/2014), temuan ini diungkap oleh peneliti Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA). Planet yang baru ditemukan ini memiliki ukuran diameter 60 persen lebih besar ketimbang diameter Bumi.

Menurut peneliti, ukuran diameter yang lebih besar ini menunjukkan bahwa planet memiliki atmosfer gas yang sangat tipis. Planet yang lebih kecil umumnya berbatu, sementara planet yang besar memiliki kandungan gas tinggi.

KOI-314c bergerak dengan mengorbit bintang 'red dwarf' setiap 23 hari. Suhu planet ini sangat panas dengan temperatur lebih dari 104 celcius. Peneliti mengungkap, suhu ini terlalu panas untuk mendukung munculnya kehidupan.

Meskipun dikatakan merupakan planet gas, astronom mengestimasi bahwa exoplanet ini adalah padat. KOI-314c juga merupakan planet yang diklaim paling ringan yang telah diukur kandungan massa dan fisiknya.

Planet ini ditemukan secara tidak sengaja melalui data Kepler. Kepler atau pesawat luar angkasa milik NASA kabarnya mencari exomoon, bukan exoplanet.


"Kepler melihat dua planet transit di depan bintang," tutur peneliti David Nesvormy dari Southwest Research Institute. Ia mengatakan, peristiwa planet transit ini terus berulang dan pengamatan lebih detail memberikan data mengenai massa planet tersebut.

​CALIFORNIA - Wahana antariksa pencari planet mirip Bumi, Kepler, kembali menemukan exo-planet yang memiliki ciri fisik mirip Bumi. Planet tersebut diberi nama Kepler-62f dan sangat banyak kemiripannya dengan Bumi, yang salah satunya adalah diselimuti oleh air.

Planet tersebut ditemukan tak jauh dari exo-planet Kepler-62e. Namun bedanya di planet baru ini sangat mirip dengan Bumi dan kemungkinan adanya kehidupan manusia. Planet ini mengorbit pada bintang dengan jarak yang sangat pas untuk bisa dihuni oleh kehidupan. Jaraknya seperti jarak Bumi dengan Matahari sehingga temperatur planet berada pada suhu yang normal untuk adanya air.

Seperti dilaporkan Space, Minggu (5/1/2014), kombinasi yang tepat antara jarak bintang ke planet yang memiliki sejumlah air di permukaannya membuat Kepler-62f menjadi tempat yang ideal untuk mengembangkan kehidupan di dalamnya. Yang nantinya, kemungkinan bisa jadi kehidupan manusia setelah Bumi tak lagi eksis. Namun peneliti mengatakan, jika pun di planet tersebut terdapat kehidupan dapat dipastikan sebagai kehidupan yang berbeda seperti apa yang biasa kita lihat di Bumi.

Pasalnya, exoplanet tersebut mengorbit pada bintang yang lebih kecil dan lebih redup dari Matahari. Kepler-62f berada pada jarak 1.200 tahun cahaya dari planet Bumi, dan diperkirakan 1,4 kali lebih besar dari planet kita. Sedangkan tetangganya, Kepler-62e berukuran 1,6 kali lebih besar dari Bumi. "Di sana mungkin ada kehidupan, tapi apakah kehidupan di sana sudah memiliki teknologi seperti kita sekarang ini? Kehidupan di planet ini juga diperkirakan akan sulit untuk menemukan material seperti logam, listrik, atau api untuk metalurgi," kata peneliti Lisa Kaltenegger.

"Meski demikian, saya kira dunia ini akan sama indahnya seperti planet biru yang mengorbit pada bintang oranye. Yang mungkin ada kehidupan di sana dengan teknologi yang barangkali akan mengejutkan kita," Kaltenegger melanjutkan.

Berdasarkan data dari teleskop Kepler, exoplanet Kepler-62f mengorbit bintang pusatnya selama 267 hari. Yang mana jika dibandingkan dengan Bumi mengorbit Matahari selama 365 hari hanya berbeda sekira 100 hari. Posisi exoplanet tersebut dengan bintang pusatnya bisa dianalogikan posisi Venus dengan Matahari.

Nah kalo menurut agan gimana ? Bener gak sih ada kehidupan laen selain dibumi?
Ok sekian dari saya tolong kasi emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya atau emoticon-Rate 5 Star
eShopSulis
eShopSulis memberi reputasi
1
22.1K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan