Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

namira.utariAvatar border
TS
namira.utari
Romo Benny Otak Di Balik Ide Serta Gagasan Jokowi



Setelah heboh iklan hitam pengumuman atas kematian dirinya, di hari-hari terakhir ini Jokowi dipermasalahkan gara-gara konsep Revolusi Mental yang diusungnya.

Awal masalah sebenarnya datang dari pihak Jokowi sendiri. Entah lupa, atau terlanjur gembira mendapatkan ruang di media massa, pada Sabtu (10/5) lalu dua tulisan berjudul sama ‘Revolusi Mental’ terpampang di dua media cetak. Tentu, hanya karena mereka alpa itu semua terjadi. Tulisan pertama atas nama Jokowi dan dimuat di halaman opini Kompas,sementara tulisan lainnya beratasnamakan Romo Benny, sekretaris Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi WaliGereja Indonesia (KWI) dimuat Koran Sindo pada rubrik yang sama.

[URL="http://nasional.inilah..com/read/detail/2099832/salahkah-kalau-romo-benny-otak-ide-ide-jokowi"]http://nasional.inilah..com/read/det...-jokowi
[/URL]

Tentu saja tak ada masalah, seandainya kedua tulisan itu memaparkan soal yang secara esensial berbeda. Ini, keduanya tidak. Paling tidak begitulah komentar seorang wartawan, Nanik S Deyang. Menurut dia, kedua tulisan itu sama. Tentu saja keduanya tidak mesti kongruen. “Saat membaca opini di koran Sindo yang ditulis Romo Benny,sayakembali kaget, karena bertajuk dan beresensi sama, kendati ada perbedaan dalam struktur kalimat yang disusun,” kata Nanik. Berdasarkan penelusuran sang wartawan pula, terkuak bahwa Romo Benny Susetyo adalah anggota Tim Sukses Jokowi. “Saya iseng telepon kawan yang masih ada di seputar Jokowi, dan dapat kabar, ternyata Romo Benny Susetyo itu Tim Sukses Jokowi,” tulis di laman facebook miliknya.

Bila Jokowi mempercayai seseorang dengan latar belakang pandangan hidup yang berbeda dengan dirinya, itu bisa berarti banyak. Setidaknya, secara sederhana, itu bisa jadi karena Jokowi menganggap pandangan hidup (pandangan dunia) orang yang ia percaya itu tak masalah.

Atau, mungkin saja Jokowi pun meyakini kebenaran pandangan hidup tersebut. Salah? Kami tak punya otoritas untuk menghakimi pilihan sikap seseorang.

manusia punya pandangan hidup yang mengarahkan langkah kakinya. Artinya, manakala Jokowi—kalaupun benar demikian, mempercayakan Romo Benny menjadi think thank-nya, Jokowi percaya ketidaksamaan pola pikirnya dengan Romo Benny itu akan memperkaya cara tindaknya. Memperbanyak jalan, menambah peluang pilihan. Asal tentu, semua jangan membuatnya bingung.





0
4.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan