Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putraminAvatar border
TS
putramin
Tidur Siang Bisa Jadi Penanda Kesehatan yang Buruk!!

ilustrasinya gan emoticon-Ngakak (S)

"Tidur siang dalam waktu lama bisa mengakibatkan gangguan kesehatan bahkan meningkatkan risiko kematian dini."

Dahulu, saat kecil tidur siang sudah menjadi rutinitas kita setiap hari. Tapi semakin dewasa, kebiasaan tersebut menghilang seiring dengan padatnya kesibukan. Padahal, beberapa penelitian sebelumnya mengungkap bahwa meluangkan waktu 10 hingga 20 menit untuk tidur siang mampu membangkitkan kembali energi yang hilang. 


Tapi kini, kesibukan yang padat nampaknya jauh lebih baik dibanding meluangkan waktu terlalu lama untuk tidur siang. Sebab, para peneliti mengungkapkan bahwa tidur siang dapat memperpendek umur seseorang. 

Penelitian ini mengatakan bahwa orang dewasa di Inggris yang rutin tidur siang selama satu jam atau lebih, memiliki risiko kematian dini hampir sepertiga lebih tinggi. Dan risiko terbesar, tampaknya terkait dengan penyakit paru-paru, seperti bronkitis, emfisema dan pneumonia. 

Sedangkan orang dewasa yang tidur siang lebih dari dua jam, memiliki risiko kematian yang lebih tinggi, yaitu hampir 50 persen kemungkinan meninggal akibat gangguan pernapasan. Menurut peneliti, hal ini bisa disebabkan karena tidur siang memicu peradangan dalam tubuh. 

Namun, penemuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology tersebut mengatakan bahwa orang yang seringkali tanpa sengaja tertidur di siang hari memberikan sinyal bahwa ia menderita penyakit paru-paru. 

Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti di Cambridge pun melacak lebih dari 16 ribu pria dan wanita selama lebih dari 13 tahun. Peneliti mempelajari mereka sejak akhir tahun 1990 hingga akhir 2013 lalu. 

Para partisipan memberikan rincian kebiasaan tidur mereka, termasuk apakah mereka memiliki kebiasaan tidur siang. Peneliti kemudian mengikuti mereka selama 13 tahun dan mencatat jumlah kematian. Hasilnya lebih dari 3.000 orang mengalami kematian dini. 

Ketika diteliti lebih lanjut, penyebab kematian para partisipan cocok dengan kebiasaan tidur. Mereka menemukan risiko kematian meningkat sekitar 14 persen pada satu orang yang tertidur kurang dari satu jam dalam sehari. Sedangkan mereka yang tidur siang lebih dari satu jam, risikonya meningkat hingga 32 persen. 

Saat ditelusuri penyebab kematiannya, orang-orang ini meninggal akibat penyakit pernapasan lebih dari dua kali lipat saat tidur siang berlangsung lebih dari satu jam. 

"Ini masih masuk akal bahwa tidur siang mungkin merupakan tanda awal dari sistem disregulasi pernafasan dan penanda masalah kesehatan di masa depan," tulis penelitian tersebut dilansir Daily Mail.

Di luar itu, Profesor Jim Horne dari Sleep Research Centre di Loughborough University, mengatakan bahwa tidur siang dalam waktu singkat masih memiliki manfat besar. Namun cerita akan berbeda jika tidur siang yang dilakukan dalam waktu lama.

sumur gann : http://us.m.life.viva.co.id/news/rea...tan-yang-buruk
0
1.9K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan