Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

soedinAvatar border
TS
soedin
Cerita Seorang Ibu dengan Bayi yang Menghadapi Perlawanan Perokok

Kisah para perokok pasif yang melakukan teguran pada perokok aktif di tempat umum beraneka rupa. Namun yang cukup menarik perhatian publik mengenai kisah Mohamad Mova Al'Afghani, Istrinya, dan bayi mereka. Peristiwa ini terjadi di sebuah restoran di Kota Bogor pada 9 Mei lalu.

Mova menuangkan cerita tragisnya mengenai perlawanan para perokok saat diminta tolong mematikan rokok mereka di sebuah restoran. Saat dikontak lewat surat elektronik, Sabtu (10/5) Mova mempersilakan curahan hati yang dia sampaikan di blognya.

Mova bertutur, pada Jumat itu dia, istrinya, dan bayinya yang berumur 6 bulan pergi ke sebuah rumah makan di daerah wisata kuliner Lodaya, Bogor.

"Tidak banyak pengunjung di rumah makan tersebut, namun ada sekelompok orang di sebuah meja tengah tampak sedang merokok. Ada 4 orang di meja itu, setidaknya ada 3 orang yang tampak merokok (Lelaki, perempuan berjilbab dan perempuan berambut panjang)," terang Mova dalam blognya.

Dalam blog.alafghani.info, dia menuturkan, padahal di depan rumah makan tersebut ada sebuah baliho vertikal dengan tanda larangan merokok dan kutipan pasal dari Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok Kotamadya Bogor.

Tambah lagi, di atas setiap meja makan restoran tersebut juga ada plakat plastik dengan tanda larangan merokoknya serta kutipan Perda KTR Bogor. Perda KTR Bogor juga memberikan beberapa sanksi administratif, denda dan kurungan terhadap beberapa jenis pelanggaran.

"Sambil menggendong anak bayi saya yang berusia 6 bulan, istri saya dari meja kami mengangkat plakat larangan merokok dan berkata (kira-kira), 'Mas, ada anak bayi dan suami saya asma, rokoknya tolong dimatikan ya'. Ada sedikit argumentasi dengan beberapa wanita yang duduk di meja itu yang tampaknya keberatan, tapi kemudian Pria itu menjawab, 'Oh iya, maaf' dan kemudian mematikan rokoknya," tulis Mova
Namun beberapa saat kemudian, Mova dan keluarganya masih menghirup asap rokok. Dia kemudian meminta kepada pelayan restoran agar memanggil manajernya. Sayangnya, sang manajernya tidak ada di tempat. Namun sang pelayang mengaku kalau ada Satpol PP, mereka bisa kena razia.

Akhirnya kali ini setelah istrinya, Movia menghampiri para perokok itu. "Dengan sangat amat sopan sekali saya bilang permisi. Saya meminta mereka mematikan rokoknya. Tapi tidak digubris. Saya pun mengingatkan sebagai orang hukum, dengan menunjuk plakat Perda KTR di mejanya bahwa di rumah makan ini merokok dilarang," terang Mova yang merupakan konsultan di bidang ini.

Tetapi beberapa dari para perokok itu malah tidak menerima dan pada akhirnya, Mova terlibat adu argumentasi dengan para perokok itu.

"Salah seorang diantara mereka, Ibu Ibu berjilbab yang sedang merokok, bilang bahwa sebelum kami datang banyak juga yang merokok dan baru ini dia dikomplain. Saya menjawab: ada larangan malah dilanggar ramai ramai. Tapi hukumnya, sebagaimana tertulis di meja Ibu adalah di sini dilarang merokok," ungkap Mova.

Kemudian, saat adu argumen itu, ada dari perempuan yang itu yang mengaku anak anggota, tak jelas maksudnya anggota apa. Hingga akhirnya, Mova dan keluarganya mengalah dan memilih pergi. Namun sang istri sempat memfoto para perokok itu.

Namun saat sampai di tempat parkir dan hendak naik ke mobil, perempuan yang merokok dan mengaku anak anggota itu, membuka pintu mobil Mova dan memaksa istrinya turun. Rupanya perempuan itu takut setelah difoto.

"Ibu perokok berjilbab berjalan ke pintu saya dan berkata 'ini pelanggaran', saya tidak tahu apa maksudnya. Karena jalan tersebut sempit dan banyak kendaraan antre di belakang, saya bilang saya akan turun setelah memarkirkan kendaraan, tapi si ibu dan temannya tetap berada di dekat mobil kami, menciptakan kemacetan jalan," imbuhnya
Si Ibu perokok berjilbab sempat menuduh kami mengancam mereka dan bilang punya pengacara di rumah. Lalu istri saya menjelaskan bukan mengancam, hanya punya suami yang asma dan anak yang alergi. istri saya juga menyampaikan bahwa dia sudah bilang baik-baik berkali kali minta agar mereka tidak merokok. Akan tetapi, lagi lagi alasan si Ibu; dari tadi banyak yang merokok, baru kami saja yang komplain. Dia juga berdalih bahwa dia juga bengek. Loh?!" urainya lagi.

Hingga akhirnya terjadi perdebatan, perempuan yang tak terima diambil fotonya memaksa agar foto dihapus.

"Bayi kami ketakutan mendengan hentakan hentakan suara kasar, ia menangis terus menerus. Istri saya mengangkat anak kami dari car seat ke gendongan. Karena hand phone istri tidak diberikan, perempuan itu lalu membuka tanpa izin pintu mobil belakang dimana istri saya dan anak saya berada. Kemudian perempuan itu berusaha mengambil handphonenya tapi istri saya mengelak dan rengkuhan tangannya mengenai tangan istri saya," jelas Mova.

Hingga akhirnya, tukang parkir restoran datang melerai, istri Mova segera menutup pintu mobil. Sang istri yang ketakutan dengan bayi yang menangis juga sempat berteriak meminta tolong.

"Mendengar istri saya berteriak, perempuan yang berambut panjang mengeluarkan kata-kata tidak menyenangkan sambil beranjak pergi ke seberang jalan ke arah mobil mereka. Karena jalanannya kecil dan kondisinya ramai, banyak sekali saksi yang melihat kejadian itu," jelas Mova.

"Sebagai penderita asma dan ayah dari bayi yang alergian, ini bukan pertama kali kami meminta perokok mematikan rokok nya di tempat umum. Kami simpatik sekali dengan perokok yang sukarela berhenti merokok saat melihat saya batuk-batuk atau membawa bayi. Kami sadar berhenti merokok itu sulit sekali, jadi bagi teman teman perokok yang rela mematikan api nya untuk kami, salut! Kami pun tidak menilai para perokok yang membully kami sore tadi adalah orang jahat. Tentu mereka manusia juga, punya sisi baik dan buruk. Namun kami merasa sudah terlalu sering melihat dan menjadi korban small injustices. Merokok lah di tempat yang disediakan, yang tidak merugikan orang lain. Sudah saat nya kita stand up, mengkonfrontasikan hak menolak menjadi perokok pasif dan mengkampanyekan sikap welas asih kepada publik," tutup dia panjang lebar di blognya.

http://news.detik.com/read/2014/05/1...awanan-perokok

Namanya juga perokok bu memang otaknya tidak ada, kebanyakan menjadi bodoh menghirup asap rokok sendiri dan bau badannya bikin muntah belum lagi giginya yang kuning seperti tai.
0
9.8K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan