- Beranda
- Komunitas
- Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS


TS
Gemini Serenade
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS
Ok to do point aja, tujuan saya membuat thread seperti ini adalah buah dari kekesalan saya selama bbrp tahun terakhir terhadap keadaan kaskus yang semakin berantakan. Dan juga untuk mengkritik, memberi saran, dan memberi pertanyaan seputar kaskus dan FJB pada khususnya, yang sebagian sumbernya berasal thread-thread ksp lainnya yang tidak ditanggapi sama sekali oleh pihak kaskus. Dan saya juga meminta izin kepada kaskuser lainnya yang thread/postingannya saya libatkan disini.
buat yang ngomong "ngaskus gratisan aja banyak maunya", ini jawaban dari saya.
dan ini adalah bbrp point yang ingin saya sampaikan
buat yang ngomong "ngaskus gratisan aja banyak maunya", ini jawaban dari saya.
Spoiler for ngaskus gratis?:
Kita mengakses website kaskus emang gratis, kita menjadi member dan menggunakan fasilitas kaskus pun gratis dan tidak dipunggut biaya satu peserpun. Tapi kaskus yang sekarang sudah berbeda. karena bbrp tahun kebelakang kaskus sudah menjadi PT.DMI (darta media indonesia). FYI, PT = Perseroan Terbatas / Badan Usaha. Dan kaskus juga sudah menjalin kerja sama dengan Global Digital Prima, yang dimana itu adalah salah satu anak perusahaan dari Djarum . Jadi kaskus sekarang sudah bersifat komersil,dan sekarang kaskus sudah mempunyai bbrp karyawan yg dimana diantaranya mengatur forum ini dengan tag "kaskus support" dan "kaskus officer"
Dan Berapa Penghasilan kaskus ? JUTAAN DOLLAR (puluhan Milyar Rupiah !!!!!!! Data 2012, tahun 2014 pasti meningkat tajam !!!!)
dari mana pendapatan itu berasal ? salah satu jawabannya adalah dengan menjual jasa iklan dikaskus
lalu bagaimana itu bisa berjalan ? berikut adalah penjelasan singkatnya :
kita menjadi member dikaskus, lalu secara aktif mengakses website kaskus. dan itu mengakibatkan trafik kaskus terus meningkat. Dan dari tingginya trafik tsb dimanfaatkan oleh kaskus untuk menjual jasa iklannya. sehingga banyak sekali perusahaan-perusahaan yang ingin memasang iklannya dikaskus. dan kita tahu untuk memasang iklan dikaskus tidaklah murah. hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu mengiklan kan produknya dikaskus. Jadi secara tidak langsung, kaskus telah "menjual" kita (kaskuser)sebagai sumber pendapatannya.
lalu apakah kita sebagai member yang memberikan jasa terbesar untuk menaikan trafik kaskus dan menarik banyak perusahaan untuk beriklan, mempunyai hak dalam keuntungan penjualan jasa iklan dikaskus ?
jawabannya adalah tidak ! lalu hak kita apa ? bukan kah dengan adanya kita (kaskuser) kaskus bisa mendapatkan banyak keuntungan ???
salah satu hak kita adalah untuk menuntut kaskus menjadi lebih baik, dan menuntut peningkatan kualitas dan layanannya..maka salah satu tujuan saya membuat thread ini adalah untuk MENUNTUT HAK SAYA dan HAK-HAK KASKUSER lainnya untuk pelayanan kaskus yg lebih baik lagi. ingat, kaskus menjadi forum terbesar diindonesia, dan web asli indonesia yang menduduki trafik nomor 1 itu berkat adanya kaskuser. tanpa adanya kita, kaskus tidak akan berkembang seperti ini
Dan bbrp tahun kebelakang Kaskus pernah ditawar google Rp 475 M, mungkin sekarang harga kaskus kalau dijual bisa mencapai Triliunan. dan semua itu bisa terjadi karena adanya kontribusi dari para kaskuser.
karena sebaik apapun sebuah website, kalau jumlah visitornya rendah. website tersebut tidak akan bisa berkembang...
Dan Berapa Penghasilan kaskus ? JUTAAN DOLLAR (puluhan Milyar Rupiah !!!!!!! Data 2012, tahun 2014 pasti meningkat tajam !!!!)
dari mana pendapatan itu berasal ? salah satu jawabannya adalah dengan menjual jasa iklan dikaskus
lalu bagaimana itu bisa berjalan ? berikut adalah penjelasan singkatnya :
kita menjadi member dikaskus, lalu secara aktif mengakses website kaskus. dan itu mengakibatkan trafik kaskus terus meningkat. Dan dari tingginya trafik tsb dimanfaatkan oleh kaskus untuk menjual jasa iklannya. sehingga banyak sekali perusahaan-perusahaan yang ingin memasang iklannya dikaskus. dan kita tahu untuk memasang iklan dikaskus tidaklah murah. hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu mengiklan kan produknya dikaskus. Jadi secara tidak langsung, kaskus telah "menjual" kita (kaskuser)sebagai sumber pendapatannya.
lalu apakah kita sebagai member yang memberikan jasa terbesar untuk menaikan trafik kaskus dan menarik banyak perusahaan untuk beriklan, mempunyai hak dalam keuntungan penjualan jasa iklan dikaskus ?
jawabannya adalah tidak ! lalu hak kita apa ? bukan kah dengan adanya kita (kaskuser) kaskus bisa mendapatkan banyak keuntungan ???
salah satu hak kita adalah untuk menuntut kaskus menjadi lebih baik, dan menuntut peningkatan kualitas dan layanannya..maka salah satu tujuan saya membuat thread ini adalah untuk MENUNTUT HAK SAYA dan HAK-HAK KASKUSER lainnya untuk pelayanan kaskus yg lebih baik lagi. ingat, kaskus menjadi forum terbesar diindonesia, dan web asli indonesia yang menduduki trafik nomor 1 itu berkat adanya kaskuser. tanpa adanya kita, kaskus tidak akan berkembang seperti ini
Dan bbrp tahun kebelakang Kaskus pernah ditawar google Rp 475 M, mungkin sekarang harga kaskus kalau dijual bisa mencapai Triliunan. dan semua itu bisa terjadi karena adanya kontribusi dari para kaskuser.
karena sebaik apapun sebuah website, kalau jumlah visitornya rendah. website tersebut tidak akan bisa berkembang...
dan ini adalah bbrp point yang ingin saya sampaikan
Quote:
1. TIDAK ADANYA KESERIUSAN KASKUS DALAM MENGHADAPI SPAMMER DAN PENIPU (Kritik)

Spoiler for Spammer:

coba lihat gambar itu, itu adalah bukti kecil para spammer dan penipu.
dan coba lihat jamnya, mereka membuat thread sekitar 10 detik sekali. coba bayangkan dalam 1 hari ada brp RIBU ATAU BAHKAN PULUHAN RIBU THREAD SPAMMER
ini sungguh sangat merugikan bagi para penjual dan pembeli di fjb. bagaimana tidak, saat pembeli ingin membeli suatu barang dengan keyword "iphone", thread yg muncul adalah thread spammer yang sebagian dari itu adalah penipu juga. Dan dari sisi penjual pun sangat sangat dirugikan, karena pasti thread para penjual akan tertutup oleh thread-thread spammer.
dan sekarang ini spammer bukan hanya dibagian gadget saja, tapi sudah merambat luas seperti spammer jersey,acc gadget, bahkan sampai barang2 yang berbau SEX pun seperti PEMBESAR MR.P, OBAT ABORSI, SEXTOYSsudah memenuhi FJB.
Lalu apa langkah yang diambil kaskus ?


see? langkah yang diambil kaskus adalah "sweeping" dengan cara banned ID dan delete thread. tapi menurut saya itu adalah hal yang sia sia dan hanya membuang energy dan waktu !. karena percuma saja para kaskus support melakukan sweeping setiap hari, karena pastinya tidak semua thread spammer akan kena sweeping . sama seperti analisa saya, anggap saja 1 hari ada 10.000 thread spammer. apakah para kaskus support dapat membersihnya ? jelas jelas jawabannya adalah tidak bisa ! karena sampai sekarang saja spammer masih berkembang biak dikaskus ini.
Dan langkah apa yang sebaiknya dilakukan kaskus ?
sebenernya dari dulu sudah banyak kaskuser yang memberi saran untuk memberantas spammer, seperti :
tapi sampai saat ini tidak ada tangapan serius dari kaskus soal saran-saran tersebut. dan yang jadi pertanyaan, apakah para programer kaskus bisa merealisasikan saran-saran diatas ?
mungkin postingan dari moderator mildmenthol itu dapat menjawab pertanyaan saya, bahwa programer kaskus itu go...gorgeous
jadi intinya sampai sekarang tidak adanya keseriusan kaskus dalam menghadapi spammer !
dan coba lihat jamnya, mereka membuat thread sekitar 10 detik sekali. coba bayangkan dalam 1 hari ada brp RIBU ATAU BAHKAN PULUHAN RIBU THREAD SPAMMER
ini sungguh sangat merugikan bagi para penjual dan pembeli di fjb. bagaimana tidak, saat pembeli ingin membeli suatu barang dengan keyword "iphone", thread yg muncul adalah thread spammer yang sebagian dari itu adalah penipu juga. Dan dari sisi penjual pun sangat sangat dirugikan, karena pasti thread para penjual akan tertutup oleh thread-thread spammer.
dan sekarang ini spammer bukan hanya dibagian gadget saja, tapi sudah merambat luas seperti spammer jersey,acc gadget, bahkan sampai barang2 yang berbau SEX pun seperti PEMBESAR MR.P, OBAT ABORSI, SEXTOYSsudah memenuhi FJB.
Lalu apa langkah yang diambil kaskus ?


see? langkah yang diambil kaskus adalah "sweeping" dengan cara banned ID dan delete thread. tapi menurut saya itu adalah hal yang sia sia dan hanya membuang energy dan waktu !. karena percuma saja para kaskus support melakukan sweeping setiap hari, karena pastinya tidak semua thread spammer akan kena sweeping . sama seperti analisa saya, anggap saja 1 hari ada 10.000 thread spammer. apakah para kaskus support dapat membersihnya ? jelas jelas jawabannya adalah tidak bisa ! karena sampai sekarang saja spammer masih berkembang biak dikaskus ini.
Dan langkah apa yang sebaiknya dilakukan kaskus ?
sebenernya dari dulu sudah banyak kaskuser yang memberi saran untuk memberantas spammer, seperti :
- Berlakukan posting minimum untuk bisa bikin thread di FJB
- Melakukan verifikasi pembuatan ID baru dengan menggunakan nomor HP , dan 1 nomor HP = 1 ID
- Membatasi jumlah pembuatan thread FJB perharinya
- Ditambahkanya Fitur "Report As Spam" yang menempel disetiap thread, dan Fitur "Report As Spammer" disetiap account, Yang nantinya misalkan ada yg mereport lebih dari 50x, maka Thread/Accout tersebut akan ke lock secara otomatis. Lalu tugas officer adalah menentukan bahwa Thread/Account tersebut memang benar spammer atau bukan
tapi sampai saat ini tidak ada tangapan serius dari kaskus soal saran-saran tersebut. dan yang jadi pertanyaan, apakah para programer kaskus bisa merealisasikan saran-saran diatas ?

jadi intinya sampai sekarang tidak adanya keseriusan kaskus dalam menghadapi spammer !
Quote:
2. BURAISROWO (KASKUS SUPPORT) TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DALAM MENGURUS FJB (Kritik)
Spoiler for buraisrowo:
buraisrowosiapa dia ? mungkin bagi orang yang jarang berkunjung ke FJB tidak akan mengenal dia. buraisrowo adalah salah satu kaskus support yang mengurus FJB. lalu bagaimana bisa buraisrowo bisa dikatakan tidak bertanggung jawab ?
oke saya akan jelaskan, salah satu tugas buraisrowo adalah mengurus thread tentang laporan soal FJB dan untuk request merename thread dan memindahkan thread FJB ke subforum lainnya.
dan di thread tersebut dikatakan bahwa lama pemrosesan maksimal 7x24jam (hari kerja) link threadnya
dan saat tanggal 27 Maret 2014, buraisrowo masih menjalankan tugasnya dengan memproses semua laporan di thread tersebut. Namun setelah itu buraisrowo tidak aktif untuk menjalankan tugasnya. dan dia tiba-tiba menghilang, sampai dibuatkan thread yang mempertanyakan kemana buraisrowo. Namun seperti biasa, thread tersebut tidak digubris oleh pihak kaskus dan buraisrowonya sendiri.
lalu tanggal 16 april 2014.saya memposting soal buraisrowo

dan secara ajaibnya waktu keesokan harinya (17 april 2014). buraisrowo tiba-tiba muncul. dan langsung membuat thread baru.

mungkin kalau saya tidak memposting pada saat tanggal 16 april 2014. bisa jadi buraisrowo tidak akan kembali muncul dan mengurus FJB. Dan masalah belum selesai, karena buraisrowo terakhir kali mengurus thread pelaporan tanggal 27 maret 2014, dan aktif kembali tanggal 17 april 2014. maka postingan dari para kaskuser pertanggal 27 maret 2014-17 april 2014tidak digubris oleh buraisrowo.
dan sayapun mencoba mempertanyakannya dengan memposting di thread barunya
lalu bagaimana tindakan buraisrowo ? buraisrowo sama sekali tidak menggubrisnya.
padahal dia sendiri yang menulis "pemrosesan maksimal 7x24jam", tapi sampai sekarang yang sudah lewat dari puluhan hari belum diproses. jadi disini dapat dikatakan buraisrowo tidak bertanggung jawab atas kewajibannya..
oke saya akan jelaskan, salah satu tugas buraisrowo adalah mengurus thread tentang laporan soal FJB dan untuk request merename thread dan memindahkan thread FJB ke subforum lainnya.

dan saat tanggal 27 Maret 2014, buraisrowo masih menjalankan tugasnya dengan memproses semua laporan di thread tersebut. Namun setelah itu buraisrowo tidak aktif untuk menjalankan tugasnya. dan dia tiba-tiba menghilang, sampai dibuatkan thread yang mempertanyakan kemana buraisrowo. Namun seperti biasa, thread tersebut tidak digubris oleh pihak kaskus dan buraisrowonya sendiri.
lalu tanggal 16 april 2014.saya memposting soal buraisrowo

dan secara ajaibnya waktu keesokan harinya (17 april 2014). buraisrowo tiba-tiba muncul. dan langsung membuat thread baru.

mungkin kalau saya tidak memposting pada saat tanggal 16 april 2014. bisa jadi buraisrowo tidak akan kembali muncul dan mengurus FJB. Dan masalah belum selesai, karena buraisrowo terakhir kali mengurus thread pelaporan tanggal 27 maret 2014, dan aktif kembali tanggal 17 april 2014. maka postingan dari para kaskuser pertanggal 27 maret 2014-17 april 2014tidak digubris oleh buraisrowo.
dan sayapun mencoba mempertanyakannya dengan memposting di thread barunya

padahal dia sendiri yang menulis "pemrosesan maksimal 7x24jam", tapi sampai sekarang yang sudah lewat dari puluhan hari belum diproses. jadi disini dapat dikatakan buraisrowo tidak bertanggung jawab atas kewajibannya..
Quote:
3. POWER ABUSE YANG DILAKUKAN OLEH KASKUS SUPPORT (Kritik)
Spoiler for power abuse:
Buat yang belum tau arti power abuse, saya akan menjelaskan secara singkat.Power Abuse adalah tindakan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan seorang pejabat untuk kepentingan tertentu, baik untuk kepentingan diri sendiri ataupun untuk orang lain. sumber
oke.bermula dari Karel1st yang berjualan Dupa aromaterapi termurah di FJB. lalu dia menyundul threadnya dengan kloningan yang berusername Karel2nd.
lalu tiba2 Karel1st dan Karel2nd mendapat banned permanent

tetapi menurutperaturan fjb, tidak ada larangan menyundul memakai kloningan. lagi pula kloningan karel itu usernamenya sama, dan tidak menyalahi aturan. masih menyundul 3x sehari. jadi tidak ada itikad untuk berjualan secara curang...
lalu karel pun mempertanyakan kepada Kaskus Support 06 yang telah memberikan banned permanet kepadanya, untuk meminta kejelasan.

Disini Kaskus Support 06 beranggapan bahwa karel berjualan barang yang sama dengan menggunakan kloningan. Padahal sudah jelas kloningan karel hanya dipakai untuk menyundul. dan itu pun tidak lebih dari 3x sehari (jumlah sundul memakai prime+klon)

Dan Kaskus Support 06 masih tetap berangapan bahwa karel berjualan barang yang sama dengan menggunakan Prime + ID klon. sudah jelas faktanya bahwa karel hanya berjualan menggunakan Prime. jelas jelas ini namanya PEMFITNAHAN & Power Abuse, karena karel tidak pernah berjualan barang yang sama dengan menggunakan Kloningan. dan karel masih tetap terkena banned permanent.
lalu setelahnya, karel masih mencoba memprotest akan hukuman banned yang diterimanya, via VM Kaskus Support 06

berikutan adalah link VM dari karel kepada Kaskus Support 06
Lalu tiba2 Karel3rd terkena banned permanent.


dan notif banned permanentnya adalah moderator abuse. wowwwww betapa arogannya Kaskus Support 06ini, karel yang 2 ID (prime+klon) terkena banned permanent gara2 dituduh berjualan dengan banyak ID. dan sekarang id karel3rd terkena banned dengan tuduhan Moderator abuse (menggangu moderator). padahal sudah jelas karel hanya mempertanyakan nasib id-idnya. dan tidak ada satu tindakan moderator abuse.
dan sekarang karel tetap memprotest kepada Kaskus Support 06




tapi tetap Kaskus Support 06 tidak menanggapinya. link percakapan VM karel4th dengan Kaskus Support 06
bukankah kaskus support digaji oleh kaskus. Dan kaskus mendapatkan keuntungan dari kaskusernya. dan secara tidak langsung kaskus support mendapatkan gaji dari kaskuser. tapi apa yang dilakukan kaskus support ? malah melakukan abuse power. lalu menanyakan soal kejelasan id , malah kena banned permanent. so ini dapat dikatakan Abuse power !
bahkan adminpun menolak banned. berikut adalah kutipan postingan admin saat masalah ttg regional bulan maret lalu.

tapi mengapa para kaskus support(bawahannya) malah sangat mudah membanned orang ? apalagi ID yang dibanned pun adalah ID untuk berjualan agar mendapat uang buat menyambung hidup.
NOTE : JIKA ADA KORBAN KORBAN LAIN YANG MENGALAMI POWER ABUSE DARI KASKUS SUPPORT, SILAHKAN POSTING DITHREAD INI DENGAN SCREENSHOOT YANG LENGKAP DAN PENJELASAN YANG MENDETAIL. NANTI SAYA GABUNGKAN DISINI
oke.bermula dari Karel1st yang berjualan Dupa aromaterapi termurah di FJB. lalu dia menyundul threadnya dengan kloningan yang berusername Karel2nd.
lalu tiba2 Karel1st dan Karel2nd mendapat banned permanent


lalu karel pun mempertanyakan kepada Kaskus Support 06 yang telah memberikan banned permanet kepadanya, untuk meminta kejelasan.

Disini Kaskus Support 06 beranggapan bahwa karel berjualan barang yang sama dengan menggunakan kloningan. Padahal sudah jelas kloningan karel hanya dipakai untuk menyundul. dan itu pun tidak lebih dari 3x sehari (jumlah sundul memakai prime+klon)

Dan Kaskus Support 06 masih tetap berangapan bahwa karel berjualan barang yang sama dengan menggunakan Prime + ID klon. sudah jelas faktanya bahwa karel hanya berjualan menggunakan Prime. jelas jelas ini namanya PEMFITNAHAN & Power Abuse, karena karel tidak pernah berjualan barang yang sama dengan menggunakan Kloningan. dan karel masih tetap terkena banned permanent.
lalu setelahnya, karel masih mencoba memprotest akan hukuman banned yang diterimanya, via VM Kaskus Support 06


Lalu tiba2 Karel3rd terkena banned permanent.


dan notif banned permanentnya adalah moderator abuse. wowwwww betapa arogannya Kaskus Support 06ini, karel yang 2 ID (prime+klon) terkena banned permanent gara2 dituduh berjualan dengan banyak ID. dan sekarang id karel3rd terkena banned dengan tuduhan Moderator abuse (menggangu moderator). padahal sudah jelas karel hanya mempertanyakan nasib id-idnya. dan tidak ada satu tindakan moderator abuse.
dan sekarang karel tetap memprotest kepada Kaskus Support 06





bukankah kaskus support digaji oleh kaskus. Dan kaskus mendapatkan keuntungan dari kaskusernya. dan secara tidak langsung kaskus support mendapatkan gaji dari kaskuser. tapi apa yang dilakukan kaskus support ? malah melakukan abuse power. lalu menanyakan soal kejelasan id , malah kena banned permanent. so ini dapat dikatakan Abuse power !
bahkan adminpun menolak banned. berikut adalah kutipan postingan admin saat masalah ttg regional bulan maret lalu.

tapi mengapa para kaskus support(bawahannya) malah sangat mudah membanned orang ? apalagi ID yang dibanned pun adalah ID untuk berjualan agar mendapat uang buat menyambung hidup.
NOTE : JIKA ADA KORBAN KORBAN LAIN YANG MENGALAMI POWER ABUSE DARI KASKUS SUPPORT, SILAHKAN POSTING DITHREAD INI DENGAN SCREENSHOOT YANG LENGKAP DAN PENJELASAN YANG MENDETAIL. NANTI SAYA GABUNGKAN DISINI
Polling
0 suara
Bila Pihak KASKUS tidak Menanggapi Thread Ini Secara Serius,Apa Yg Akan Agan Lakukan?
Diubah oleh Gemini Serenade 19-05-2014 11:56
0
40.7K
Kutip
853
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan