Sebetulnya ane sudah kirim juga surat ini ke surat kabar, tapi belum dimuat. Jadi di sini juga gak masalah, yang penting maksud dan tujuan tersampaikan.
Spoiler for isi:
Sudah enam tahun saya menggunakan layanan Indosat IM3, dan sekitar tiga tahun aktif berlangganan paket data internet Indosat Broadband bulanan mulai dari 50rb-100rb. Sepanjang itu saya sangat puas dan relatif jarang ada keluhan.
Akan tetapi semenjak dua-tiga bulan ini, saya merasakan penurunan kualitas dalam konektivitas internet. Entah ada hubungannya atau tidak, semenjak lambang sinyal berganti dari H (HSDPA)menjadi H+ (HSDPA+), saya merasa sangat kesulitan dalam mengakses internet. Jangankan membuka situs-situs berat, untuk sekadar berkirim pesan Whatsapp saja hampir dipastikan gagal. Padahal kondisi sinyak selalu penuh. Daerah saya (Derwati, Ciwastra, Bandung) tidak mengalami kesulitan sinyal, sejak jaman HSDPA lama yang dulu, koneksi selalu bagus dan bisa diandalkan.
Singkat kata, saya sudah tidak lagi menikmati koneksi semantap dulu. Bahkan sama sekali tidak merasakan koneksi internet. Saya sudah berkali-kali menelpon customer servis, mention via Twitter, juga datang langsung ke Galeri Indosat. Solusinya selalu sama, jaringan akan dinormalkan dalam beberapa saat, lalu hard reset handphone. Akan tetapi hasilnya nihil dan selalu berulang, H+ full sinyal seakan hanya tulisan, sama sekali tidak berjalan dengan semestinya. Saya rindu sinyal yang dulu, yang HSDPA biasa namun sangat lancar dan enak.
Tentunya saya mendaftar paket internet supaya bisa dengan mudah tersambung kapan saja di mana saja, namun dengan melihat kenyataan belakangan ini, saya merasa sangat kecewa. Paket internet saya jadi mubazir, urusan sehari-hari pun jadi terhambat. Dan anehnya ini berlangsung berbulan-bulan, padahal tempo dulu, gangguan paling hanya hitungan jam.
Saya sangat berharap perhatian dan tindak lanjut Indosat. Mengganti operator bukan solusi yang saya inginkan, karena nomor yang saya gunakan sudah dikenal sebagai nomor usaha online saya. Dan saya pun sudah mengecek teman-teman saya yang juga pakai IM3 serta smartphonenya menangkap sinyal H+, keluhan mereka sama. Saya rasa jika terus begini, tidak akan ada yang mau bertahan pakai IM3, karena sejujurnya apa yang saya keluhkan ini sudah bisa dikatakan bencana. Semakin mengerikan karena dibiarkan berlarut-larut tanpa ada solusi besar.
Atas perhatian manajemen Indosat, saya menaruh harapan akan perbaikan.
Apakah ada agan-agan yang senasib? jadi tidak nyaman semenjak H+?
Spoiler for untuk Indosat:
Besar harapan saya agar keluhan saya segera ditangani, tentu saja saya menulis surat begini karena masih ingin pakai IM3, dengan nyaman dan tentram tentunya. Nomor saya 085624224269, terimakasih.
Spoiler for UPDATE:
karena link surat pembaca ini sudah ane mentionkan ke Twitternya Indosat, jadi sepertinya sudah dibaca. Internet ane agak lumayan jalan. Sekarang, nyambungnya kalau H+, kalau H biasa malah ga nyambung , setiap satu menit sekali, sinyalnya berubah tanda. Speedtest terakhir mentok di 1,5mbps pas H+ dini hari.
Sementara cukup dulu, semoga kedepannya jadi stabil dan 42mbps seperti di iklan. terimakasih Indosat.