ini gan perbedaan "DRAG BIKE" di indonesia dan di luar negeri
TS
rudibukung
ini gan perbedaan "DRAG BIKE" di indonesia dan di luar negeri
assalamualaikun agan/wati mimin momod yang baik hati.
terimakasih udah mau mampir di trit ane yang berantakan.
nyubi...
Spoiler for sekilas tentang drag bike:
DRAG BIKE adalah kejuaraan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi yang dilakukan didalam sebuah lintasan pacu aspal yang tertutup yang terdiri dari dua buah jalur lurus sejajar dengan panjang yang sama.
Garis Start sampai dengan Garis Finish sepanjang 201 meter dan panjang lintasan pengereman sepanjang 201 meter. Lebar lintasan pacu minimal 4 meter tiap jalur. Pagar pembatas penonton yang tertutup rapat, Minimal 1,5 meter dari tepi jalur.
Peserta wajib memiliki Kartu Izin Start (KIS) dari Ikatam Motor Indonesia (IMI) untuk Kategori Balap Motor.
Setiap peserta hanya diijinkan untuk mengikuti maksimal 3 kelas Utama, dan juga setiap peserta diwajibkan memakai satu nomor start di setiap kelas yang diikuti. Setiap peserta hanya boleh mendaftar satu kali di kelas yang sama.
Kelas-kelas Utama yang dilombakan untuk Kejuaraan Nasional Drag Bike adalah :
Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 250 cc.
Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 130 cc.
Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 135 cc s/d 155 cc.
Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 125 cc.
Adapun kelas-kelas lainnya merupakan Kelas Pendukung.
Dan Lomba DRAG dilaksanakan dalam 2 heat. Urutan start Heat kedua berdasarkan hasil dari Heat Pertama. Peserta debgab waktu terkecil start lebih dulu, untuk jalur A atau B nya ditentukan oleh panitia.
Peserta yang terlambat hadir 5 menit setelah peserta terakhir didalam kelas tersebut dianggap mengundurkan diri.
dalam DRAG sendiri tidak diperbolehkan memperbaiki kendaraan di area starting, memindahkan gigi dengan tangan, tidak diperbolehkan mengangkat kaki keatas jok, start dilakukan dalam keadaan mesin hidup/menyala, dan peserta yang mencuri start langsung dikenakan sanksi Diskualifikasi. Penilaiannya sendiri dihitung dengan catatan waktu peserta, jika terjadi nilai waktu yang sama, pemenang ditentukan dari catatan waktu yang terbaik di heat kedua, dan pemenang dilihat dari kapasitas cc yang lebih kecil.
Spoiler for nih perbedaan nya gan:
Yang beda adalah Suzuki Hayabusa adalah moge yang berkapasitas mesin lebih dari 1000cc (skitar 1300 cc) sedangkan Suzuki Satria FU adalah motor Hyperunderbone yang berkapasitas mesin 150cc.
Jika di Negara barat sana, motor drag bisanya mempunyai ciri-ciri yaitu : Berfairing, memiliki swing arm molor panjang, ban dan velg tapak lebar, jarak ke tanah sangat ceper/dekat, terkadang dilengkapi turbo, dan lain-lain.
Sedangkan di Indonesia, umumnya motor drag itu berpenampilan trondol, ban ceking, no fairing/naked, berkapasitas kecil (Gak sampai 1000cc, hehehe ), dan lain-lain. [/spoler] [spoiler=luar neger]