Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stratovarius666Avatar border
TS
stratovarius666
2.000 Orang Terkubur Longsor, Afghanistan Tetapkan Status Berduka
2.000 Orang Terkubur Longsor, Afghanistan Tetapkan Status Berduka

Pemerintah Afghanistan menetapkan status berduka nasional atas hilangnya lebih dari 2.000 orang akibat bencana tanah longsor di Badakhshan, provinsi di timur laut negara tersebut. Status ini ditetapkan setelah Afghanistan menyatakan menyerah mencari ribuan korban yang terkubur tanah.

Bencana tersebut terjadi pada Jumat 2 Mei pekan lalu. Saat itu warga Afghanistan libur dari aktivitas. Sehingga ada banyak warga yang sedang berada di dalam rumah saat tanah runtuh menimpa mereka.

Gubernur Badakhshan Shah Waliullah Adib mengatakan, sudah tidak ada harapan bagi 2.000 orang yang terkubur di dalam rumah mereka. Sehingga pencarian sudah sulit untuk dilakukan karena medan yang sulit dan endapan tanah yang sangat tinggi.

"Kami tidak bisa melanjutkan pencarian karena banyak rumah yang terkubur tanah dengan ketinggian bermeter-meter," ujar Adib seperti dikutip Liputan6.com dari BBC, Senin (5/5/2014).

"Kami akan terus berdoa dan menjadikan lokasi longsor itu sebagai pemakaman massal."

Koresponden BBC David Loyn melaporkan gunungan tanah longsor yang besar yang sangat tinggi membuat pencarian sulit dilakukan. Menurut dia, upaya sekuat apapun tak akan berhasil menemukan korban.

Sebelumnya sekitar 350 orang ditemukan tewas akibat tertimbun longsor. Ribuan orang lainnya belum ditemukan. Ratusan lainnya terpaksa mengungsi ke wilayah lain.

Aktivis Organisasi Migrasi Internasional, Richard Danziger melaporkan, longsor tersebut sangat dahsyat. Hujan lebat selama beberapa hari ditengarai sebagai penyebab terjadinya longsor.

"Skala longsor ini sungguh menghancurkan. Ratusan keluarga kehilangan segalanya. Mereka membutuhkan banyak bantuan," ujar Richard.

http://news.liputan6.com/read/204557...status-berduka


condolences emoticon-Berduka (S)
0
1.3K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan