Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vicky.astuziaAvatar border
TS
vicky.astuzia
Ada Pohon Berdarah di Angola
Welcome Gan emoticon-Traveller
Ada Pohon Berdarah di Angola

Anggota tubuh yang terluka lalu mengeluarkan darah sudah biasa. Namun di hutan Angola berbeda. Salah satu pohon yang tumbuh di sana bila ditebang juga mengeluarkan cairan berwarna merah, mirip darah!

Adalah Pterocarpus angolensis atau bleedwood, nama latin tumbuhan unik ini. Terang saja, tumbuhan ini mengeluarkan cairan merah layaknya darah dari batangnya yang terpotong.

Bleedwood tumbuh tinggi mulai dari 12-18 meter. Kulit pohon ini berwarna kecokelatan, kontras dengan warna getah yang merah darah.

Karena fenomena unik itu, tanaman ini dikenal juga dengan sebutan bleedwood tree atau mukwa menurut penduduk setempat. Usut boleh usut, warna merah ini bukanlah darah, melainkan getah yang terkandung di dalam batang pohon.

Karena berwarna merah, getah ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai zat pewarna. Selain itu, getah milik bleedwood juga dipercaya bisa menyembuhkan.

Beberapa penyakit yang dikatakan bisa disembuhkan oleh getah pohon ini antara lain kurap, malaria, demam, masalah perut. Bukan cuma itu, penduduk setempat juga percaya kalau getah merah ini juga bisa meningkatkan ASI.

Sayangnya, menurut situs resmi konservasi IUCN Red List, Senin (5/5/2014), tumbuhan ini berada di status dekat terancam punah atau near threatened. Penebangan pohon tanpa tanggung jawab menjadi salah satu penyebab penurunan jumlah pohon ini.

Untuk itu, sebagai traveler bertanggung jawab, mari kita ikut melestarikan keberadaannya. Salah satu caranya dengan tidak menebang atau merusak pohon bleedwood.

sumber

TS tidak menolak emoticon-Cendol (S)
0
4K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan