- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
[Ikhlas tanpa PENCITRAAN] Surabaya tidak semacet dulu


TS
kortikal
[Ikhlas tanpa PENCITRAAN] Surabaya tidak semacet dulu
![[Ikhlas tanpa PENCITRAAN] Surabaya tidak semacet dulu](https://s.kaskus.id/images/2014/04/28/1797848_20140428015613.png)
![[Ikhlas tanpa PENCITRAAN] Surabaya tidak semacet dulu](https://s.kaskus.id/images/2014/04/28/1797848_20140428015653.png)
Merdeka.com - Kemacetan Surabaya tidak separah dulu. Jalan-jalan tengah kota pada siang hari sudah mulai lancar. Paling tidak, kata Budi, warga Waru, Sidoarjo, yang setiap hari bekerja sebagai sales obat keliling Surabaya, jalanan tengah kota kini sudah mulai lancar. Kemacetan tidak total berjam-jam, sebab kendaraan masih bisa melaju.
"Sekarang jalanan di Surabaya tidak semacet dulu. Sudah enak, lancar. Mungkin karena pembangunan jalan-jalan pinggir kota (MER CII dan Frontage Road)," ujarnya kepada merdeka.com, Kamis (24/4).
Jalan-jalan utama di Surabaya sebagian besar memang sudah lebar dan mulus. Satu jalur arah jalan biasanya memiliki 3 jalur. Namun demikian, kemacetan tetap menjadi salah satu masalah utama di kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini. Oleh sebab itu, maka wajar bila jalan merupakan salah satu prioritas pembangunan infrastruktur di Surabaya.
Salah satu proyek besar yang hingga kini masih digarap Pemkot Surabaya untuk menekan kemacetan adalah pembangunan Frontage Road (jalan pendamping jalan arteri) di sisi kanan dan kiri Jalan Raya A. Yani. Proyek lain adalah pembangunan middle east ring road (MERR) atau disebut jalan lingkar sisi timur.
Frontage Road A Yani dibangun dengan alasan untuk memperlancar arus lalu lintas Surabaya ke kota-kota lain seperti Sidoarjo, Mojokerto dan sebaliknya. Sedangkan MERR akan menghubungkan kawasan Jembatan Suramadu hingga kawasan Bandara Juanda di Sidoarjo.
Kedua jalan tersebut dibuat dalam beberapa tahap. Frontage Road akan dibangun di sisi barat dan timur Jalan A Yani. Pantauan merdeka.com, sejauh ini baru sisi timur yang dibangun, tapi belum memenuhi target.
Frontage Road sisi timur jalan masih sampai di sebelah kampus IAIN Sunan Ampel. Sementara tanah di depan kampus belum bisa dibebaskan.
Sedangkan sisi barat, pemkot masih belum bisa melaksanakan pembangunan sebab terkendala pembebasan lahan. Namun demikian, kini sudah nampak beberapa bangunan sudah dirubuhkan sebab terkena pembebasan lahan.
Adapun untuk pembangunan MERR yang terdiri atas 2 arah jalur dengan median berupa taman, telah terealisasi di MERR II A dan II B. Sedangkan MERR I masih dalam proses pembebasan lahan dan MERR IIC dalam tahap uji coba.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meyakini bila pembangunan dua proyek jalan ini terealisasi bisa menekan kemacetan Surabaya. Maka wajar bila dia sampai berkukuh memilh meneruskan proyek keduanya dari pada membangun Jalan Tol Tengah Kota, meski harus berseteru dengan DPRD setempat.
[tyo]isumber
Kerja yang ikhlas, berorientasi pada hasil, bukan pada proses yg gonjang2, memang menghasilkan kerja yang NYATA

Blusukan untuk SOLUSI , bukan untuk TONTONAN

Spoiler for Ini contoh hasil blusukan PENCITRAAN, janji2 PALSU, RAISOOPOOPO:
0
9K
133


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan