Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yudiariyantoAvatar border
TS
yudiariyanto
Bobot Emas Monas Berubah
Tahukah Anda berapa pastinya tumpukan lembaran emas yang digunakan untuk melapisi lidah api di puncak tugu Monumen Nasional (Monas)? Kepala Unit Pengelola Tugu Monas Rini Hariyani mengungkapkan jumlah emas tersebut ternyata sudah tak lagi sama dengan bobot aslinya ketika baru dibangun.

Rini menuturkan, waktu dibangun pada tahun 1961, bobot emas di puncak Monas adalah 32 kilogram. “Emasnya itu awalnya beratnya 32 kilogram, tapi sekarang jadi 50 kilogram,” kata Rini di kantornya di Monas, Jakarta Pusat, Senin(5/5/2014).

Penambahan itu ada ceritanya. Demi merayakan ulang tahun emas Repulik Indonesia pada 1995, pemerintah saat itu menambah jumlah emas biar genap 50 kilogram. “Pada usia 50 tahun Indonesia merdeka, ditambah lagi 18 kilogram supaya jadi 50 kg,” kata Rini.

Ditanya tentang asal muasal emas tersebut, Rini mengaku tak tahu sejarah pastinya. Konon, sebagian besar dari emas itu disumbangkan oleh salah satu putra daerah asal Aceh. “Pemberian saudagar dari Aceh. Tapi saya enggak tahu, enggak ada cerita sejarahnya dan enggak diberitakan kan dari mana asalnya dulu,” bebernya.

Lidah api atau obor di Monas mempunyai ukuran yang cukup besar, mencapai 14 meter dengan diameter 6 meter serta 77 bagian yang disatukan. Puncak yang berupa 'api yang tak kunjung padam' itu menyimbolkan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Selama ini, ternyata emas yang melapisi perunggu seberat 14,5 ton itu juga tak pernah dibersihkan. Rini mengungkapkan tak pernah ada pemeliharaan rutin yang dilakukan pihaknya sebagai pengelola di puncak tugu.

Rini yakin bagian emasnya di puncak Monas tak perlu ikut 'dimandikan' pada saat pemerintah memandikan tugu Monas. Toh, katanya, permukaan emas itu tetap kinclong. “Enggak ada pembersihan rutin. Tapi bagian emasnya tetap cemerlang,” imbuhnya.

Adapun lapisan luar tugu yang terbuat dari marmer akan dibersihkan lewat program CSR salah satu perusahaan Jerman, Kaercher Indonesia. Pembersihan dilakukan di bagian pelataran cawan dan juga di bagian tugu mulai hari ini hingga 18 Mei. Ritual memandikan Monas terakhir kalinya dilakukan pada 22 tahun lalu.

Sumber:
http://m.detik.com/news/read/2014/05/05/214953/2573998/10/jumlah-emas-di-monas-tak-lagi-sama-dengan-ketika-awal-dibangun
0
3.4K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan