Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

starmildmentholAvatar border
TS
starmildmenthol
[URGENT NEED HELP!] Mohon Bantuan Permasalahan Kontrak Kerja Club Malam
Langsung aja gan, ane ada permasalahan mengenai kontrak kerja.

Kronologi:

Pada awal febuari 2014 ane di kontak temen ane buat jadi DJ resident (DJ tetap) di sebuah club malam di daerah Senayan. Setelah deal mengenai fee dan sistem lainnya, pd tgl 22 febuari 2014 ane dan club malam tersebut membuat kesepakatan kontrak kerja yg berdurasi 6 bulan (22feb'14 - 22aug'14) dengan nilai kontrak 30jt (5jt/bln). Disini ane ga sendiri, club tersebut juga mengontrak DJ lain untuk menjadi resident club (Club butuh 2 DJ resident) tersebut dengan isi kontrak yg sama percis sama ane (kecuali besarnya gaji). Lalu berjalan 2 minggu, DJ partner ane main minggu pertama dan ane minggu kedua. Saat minggu ketiga pihak management menghentikan event mingguan (yang artinya ane dan DJ partner gak main), dengan alasan pengunjung sepi dan pihak management ingin mengganti konsep clubnya. Lalu minggu depannya ane ke sana meeting dengan GM (bule) dan Finance Consultant sana, intinya mereka ingin konsep baru dan butuh event organizer, dan disepakati Gaji ane dan DJ partner ane dibayar full bulan pertama dan minggu depan bakal meeting lagi barengan sama EO nya.

Minggu depan ga ada kabar apa2, ane bbm GM nya selalu bilang besok, besok, besok alesannya pihak EO nya susah di ajak meeting. Ane sabar, total 2 minggu dari, ane bbm lagi tanyain kejelasannya even sang GM cuma read bbm ane. Karna cape, ane bbm marketingnya (org yg lbh dket sama ane), intinya tanyain gaji yang belon ane dapet udah sebulan lebih, 3 hari setelahnya, gaji DJ di transfer tapi cuma setengah dengan alasan club lagi ga ada duit! dan di janjikan minggu depan, oke ane sabar sampai 3 minggu gaji belom di bayar + mereka ga ada kasih kabar sama sekali ke ane maupun DJ partner ane.

Jujur ane udah muak, total udah 2bulan lebih dari kesepakatan kontrak tapi baru dapet 2,5jt dari yang seharusnya 10jt sama dengan DJ partner ane yg dapet 3jt dari yang seharusnya 12jt. + ga ada kejelasan kontrak, even mereka ga ada kasih kabar apapun kecuali ane yang nanya duluan.

Akhirnya kemarin ane sendiri kesana udah janjian sama marketingnya (keponakan sang owner) buat minta kejelasannya gimana. Ane ngmg sama ibu F (Finance Consultant). Setelah ngomong, intinya F tutup mata sama kontrak dan nawarin option akan bayar full gaji bulan pertama dan stgh gaji bulan ke2 (total 7,5jt), lalu 4 bulan berikutnya gimana yg di kontrak? F kasih option, KALAU ADA EVENT dia baru panggil ane dan cuma akan dibayar per-event, which is yang belom tentu juga ada event apa engga, dan paling event sebulan sekali.

Ane jelasin ke si F, intinya ane ga peduli masalah internal nyari EO atau apalah. Yang ane mau berpaku sama kontrak, yang dimana main 8x/5jt/bulan. Toh memang di kontrak + perjanjian ga ada bilang kalo harus nunggu ada EO buat ada event, secara konsep pertama memang ga mau pake EO bahkan 2 event pertama ga ada EO2an. Ane udah 2xtolak penawaran karna kontrak ini, event tempat ane sebelum kerja mau extend kontrak ane, ane tolak buat milih disini karna lbh dket sama rumah. Kerugian? Waktu, Uang, Emosi!

Garis besarnya: Itu club udah melenceng jauh dari kesepakatan kontrak, dengan menjadikan EO sebagai alasan untuk menjalankan event. bahkan pas meeting dengan F pun, dia ga mau bahas kontrak. cuma nawarin option tadi, take it or leave it, ngomong dengan emosi + nada tinggi seakan2 ane yang ngutang.

Ane udah ngomong sama DJ partner ane, kalo memang dalam kasus ini kami benar, kami mau fight ber2. Secara kami udah menjalankan kewajiban dengan baik yang sebagaimana tertulis dikontrak. + ane sempet baca2 UU Keternagakerjaan, Kalau kasus kontrak kerja begini saling mengikat, pihak club kalau mau putus harus bayar full sebesar nilai kontrak tersebut.

Spoiler for surat kontrak:


Pertanyaan ane:
1.) Dalam kasus ini apakah ane salah?
2.) Pas dia nawarin option ke ane (kalo ada event baru panggil), kan dia bilang "take it or leave it" misalnya ane tolak tawarannya, apa yang terjadi dengan kontrak ane?
3.) Saran agan" apa?
4.) Ane sama partner nuntut hak kami yg seharusnya , kalau memang diposisi ini ane menang/benar. Mungkin ada agan yang bisa bantu kami untuk urus masalah ini (secara hukum)?

Sebelumnya, maaf kalo ketikan ane ada yg kurang dimengerti. . Mohon pencerahan dan bantuannya gan
Diubah oleh starmildmenthol 03-05-2014 09:27
0
6.4K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan