kaskus.addcAvatar border
TS
kaskus.addc
[MEMORY] Rumus Beli Memory DDR RAM


Sebelumnya for Repost :
Spoiler for :



Sore agan-aganwati......
sekedar sharing saja mengenai memory ddr ram, ini rumus ane sendiri klo mo beli memory pc, awal y cuma corat coret gitu d kertas bekas gorengan (bala bala, grng tempe, gehu Dkk..emoticon-Ngakak)
ternyata jadi rumus nich, mngkin bnyak bertanya di antara agan-wati " Kenapa beli ram 1 Gb ini dgn 1 Gb itu beda harga padahal satu merek?? ato 1 Gb ini dgn merek lain y ???

lni rumus ane gan d jamin 100% working emoticon-Malu (S)langsung saja k TKP :

Spoiler for rumus ddr ram:


Penjelasannya (pelan-pelan z yach):

1. Pada umumnya d pasaran modul PC sekian dgn PC sekian ada jg dgn harga yg sama, contoh : Pc10600-1333Mhz dgn Pc12800-1600Mhz harga relatif sama ada jg yg beda tipis.

2. Berbicara tentang value 1,2,4 sampai 8 Gb itu jg relatif sama, hal value dalam rumus ane itu d belakangkan, karna itu g berlaku yg perlu d perhatikan modul-mhz hal ini perlu d perhatikan jg dgn mobo agan yg ada /akan d beli nanti (lihat spesifikasi mobo gan).
contoh : pc A pake ram 8 gb single, pc B pake ram 2X2gb dual channel..... ane pasti pilih B.

3. Motherboard agan perlu diperhatikan lihat spesifikasi y maksimal / support sampe Mhz berapa freq y, jgn asal beli memory asal value y gede lalu beli, apa lagi ngrakit buat game PC importent banget gan tuch.
contoh : beli memory Pc14900 (1866Mhz) tapi mobo y g support
pasti balik lagi k default yakni PC1333.

4. Untuk rumus ane dalam tabel terlihat semakin tinggi semakin baik Latency (CL) / Total y itu sendiri, dalam BIOS biasa y ada menu OC (Over Clock) untuk setting memory, dari mengubah voltase/freq ato oprek CL/Timing y, nach point ini lah yang membedakan sebuah memory walau merek dan value y sama tapi beda harga, coba agan googling tau lihat spesifikasi memory y, di luar sana banyak memory dengan value sama tapi harga berbeda.
contoh : Kingstone 4 GB Pc14900-1866 CL 9.9.9.24 Total : 51
Corsair 4 GB Pc17000-2133 CL 9.11.10.27 Total : 57

5.Menu XMP (Intel Extreme Memory Performance) atau AMP (AMD Memory Performance dalam sebuah memory biasa y d pilih para gamers atau yg suka OC hal tersebut bisa di lihat tampilan BIOS.

Rumus diatas berlaku jg buat semua DDR1,2 ato 3, karna memory tersebuat mempunyai frequensi dan voltase tertentu.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat CMIIW...
0
4.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan