sarmudmudaAvatar border
TS
sarmudmuda
You My Edelweis and I your Edelweis
cerita asli gw.

lu semua pasti tau tentang sebuah bunga Edelweis (bunga abadi) klo kalian orang jawa barat pasti tau gunung Ciremai. gw ga cerita tentang edelweis nya, tapi ni semua menyatu tentang perjuangan, cinta, harapan cita-cita dll



10 tahun yang lalu gw pernah bermimpi buat naklukin gunung gagah tertinggi d jawa barat. sering nya gw denger cerita-cerita dari mereka yang udah pernah mendaki ciremai, gw cuma bisa bermimpi saat itu. temen gw dari jakarta nama ny arif, sms gw ngajak mendaki ciremai, wah gw sempat bingung, tanggal 16 ada kegiatan di tempat gw kemping di desa paniis, desa paniis terkenal dengna objek wisata kemping dan juga objek wisata mandi di kali, pemandangan dan air nya luar biasa.
pertama gw ga percaya, di ajak ma temen gw yang dari jakarta. ciremai? tinggi nya 3078 Mdpl. gw jga ga tau medan ny kaya apa, pokok nya masih awan. tapi gw inget dengan mimpi gw 10 tahun yang lalu. gw yakin Allah pasti mewujudkan mimpi gw.
pernah suatu sore gw main ke puncak bukit di deket rumah gw, dsari sana gunung ciremai terlihat gagah dan cantik. dengan doa dan rasa optimis gw bilang pada semesta dan diri gw sendiri " suatu saat gw di atas puncak sana!"
gw yakin, klo kita bilang positiv maka Allah itu ngedengerin yang kita ucapkan. sesuai di buka The Screet yang pernah gw baca ada sebuah tulisan "sebesar kesungguhan mu maka besar pula akan memantul untuk terwujud"
akhir nya dengan yakin gw terima ajakan temen gw
"oke.. nanti gw ikut"
"ya udah nant kumpul aja di palutungan siang nya"
"sippp" balas gw
temen gw arif, bawa pasukan dari jakarta 10 orang. jam 1 gw langsung tancap gas ma saudara gw yang mau ikut, sebelum nya gw pamitan ma panitia perkemahan. temen gw sms
"lu ada dman cepetan nih udah mau mulai"
"bentar bro lagi di jalan"
gw sedikit panik, soal ny perjalanan ke palutungan memakan waktu 1,5 jam
beberapa saat temen gw sms lagi
"lu ada dman sekarang?"
bentar lagi udah sampe linggarjati"
mungkin rombongan yang di sana udah nunggu lama
"lu ada dmna nih cepetan mau makan2 dulu ga" temen gw sms lagi
gw cuma bengong? di kira mau berangkat eh mau acara makan2
"bntar lagi 30 menit sampe" balas ku.
ketika itu saudara gw yang bawa motor, maka ny gw bebas smsn
30 menit kemudian gw ma saudra gw udah sampe desa Palutungan, desa ini ketinggian nya 1100 Mdpl, merupakan jalur favorit buat menuju puncak ciremai karna jalur nya bersahabat dan mudah,.
sesampai d sana, temen gw nyambut gw dan langsung ke basecampe di salahsatu rumah penduduk.
mereka ada yang udah tidur duluan, buat nyimpen tenaga nanti muncak. soal ny perjalanan di lakukan malam hari.
akhirnya jam 4 sore udah mulai pendakian, gw lihat di salah satu rombongan ada anak SD kelas 5. gw kagum banget, kelas 5 SD udah mau naklukin nih ciremai, gw aja butuh 10 tahun buat k ciremai.
sebelum berangkat, kita semua berdoa dlu dan di beri beberapa penjelasan sama pembimbing rombongan. akhir nya perjlanan pun di mulai, melewati lahan penduduk, sekitar 1 km kemudian mulai terlihat tulisan "ke puncak ciremai" gw semangat banget Al-Hamdulillah bisa jadi kenyataan. jalur pun sedikit menguras tenaga, kdang nanjak kadang landai. kata temen gw
"enak kan lewat sini bro, banyak jalan lurus nya, ketimbang lewat linggarjati"
"mang kenapa linggarjati?" tanya gw
"wah boro-boro ada bonus jalan landai ny, jarang banget" ucap ny yakin
Jalur linggarjati, salah satu pintu pendakian ke puncak ciremai, terletak di desa linggarjati kecamatan cilimus, pendakian di mulai dari ketinggian 600 Mdpl, Palutungan 1100 Mdpl. namun jalur Linggarjati terkenal dngan track ny yang etxtreemm walau pun paling deket ke puncak.
beberapa kali rombongan harus istrahat untuk menarik nafas
yuppss ini pendakian pertama gw ke gunung asli nya. terlihat dari tmpat gw puncak ciremai berdri gagah. wah gw ga kebayang masih jauh banget.
tapi ini tantangan, ya kunci nya di nikmati saja.
setelah cukup melepas lelah perjalanan [un di lanjutkan, langit mulai gelap dan akhir nya kita sampe di pos 1 ci gowong.
gw cuma bengong? hah ? jalan sekitar1,5 jam baru sampe pos 1?.....
DI POST CIGOWONG gw ma rombongan rehat bntar. post ini sangat luas enak buat mendirikan tenda, beberapa tulisan petunjuk terlihat. dan di sini merupakan tempat air terakhir karena ke atas udah ga ada sumber air.

karna udah gelap, salah satu rombongan mengumandzan kan adzan, gw ma yang lain segera meluncur ke sungai kecil buat berwudhu dan mengisi air minum.. berrrr dingin nya luar biasa! segar!
setelah wudhu, di lanjutkan shalat magrib dan isya d jama qashar. malam pun kian membuta, suara binatang hutan saling bernyanyi merdu.
gw lihat ke atas, wah bulan terang banget.
setelah semua rombongan pada siap, pembimbing mengumpulkan dan memberi beberapa hal
" kawan-kawan kita akan melanjutkan perjalanan, jadi selama perjalanan, lebih baik kita jga ucapan, baik y sih diem dari pada ngomong yg ga perlu. klo ada rombongan yang ga kuat, kita berhenti, yg penting kebersamaan"

akhir nya perjalanan malam pun dimulai, asli ini perjalanan pertama gw di tengah2 hutan apalagi sekelas ciremai.

setiap peserta menyalakan lampu, ada yang bawa senter, lampu kecil dan gw sendiri bawa lampu darurat, gw termasuk paling depan rombongan nya.

track pertama sedikit nanjak, extreemm, pa lagi malam ga kelihatan. yang ada cuma fokus ma jalan di depan
"hei hati-hati jalan licin" teriak salah satu rombongan di belakang gw
"hati-hati da akar" teriak yang lain ngasih info yg belakang
sungguh perjalanan penuh kebersamaan saling memperingatkan.
huffft... perjlanan semakin berat dan panjang, gw sendiri udah ga tau jam berapa? post ke berapa?

"yg di depan berhenti dulu... yg belakang terputus" teriak kawan kami
gw ma yang lain berhenti menunggu barisan belakang, anak SD ada d deket gw, hebat, dia kuat banget. sengaja dia di taruh d barisan depan demi keselamatan dia.

"udahsekrang lanjut lagi... udah nyambung"
teriak barisan belakang.

malam semakin pekat, suara binatang hutan mulai terdengar.

"berhenti... rombongan terputus..." teriak kawan gw di belakang.

rombongan barisan depan berhenti sejenak menunggu yg belakang.

"oke lanjut lagi broo.... udah nyambung" teriak barisan belakang setelah bergabung

"seru ya putus nyambung, putus nyambung.." celoteh temen di belakang gw
"hahahha.... walau capek" ucap ku

medan semakin menanjak dan panjang... stamina mulai terkuras dan rombongansering kali terpisah. akhir ny pimpinan rombnongan mnyuruh kami untuk berhnti beristrahat di sebuah temapt datar.

"woy skrng jam brapa" tanya kawan kami yang lain
"jam setengah sembilan" jawab yg lain.
hah? ga kerasa udah 2 jam perjalanan.
"sampe puncak berapa lama lagi?" tanya kwan gw
"kurang lebih 4-5 jam lagi" ucap pembimbing
gw melongo? 4-5 jam lagi???

saudara gw, kelihatan capek bangt, keringat ny banyak banget, dia ga bawa apa-apa cuma bawa air minum to. klo gw bwa air minum dan garam gula jwa.

"makan2 .." teriak pembimbing mengajak yang lain
"santai aja nanti ga kerasa, skrng makan dlu"

denga nasi dan lauk seada ny beberapa kawan gw ikut
setelah cukup mengisi perut dan sebagian kawan gw sudah terisi stamina nya akhir ny perjalanan pun di lanjutkan, dengan si anak SD di barisan paling depan

menerobos malam ciremai merupakan kepuasan sendiri bagi gw, gw lihat ke atas bulan deket banget! sinar ny terang walau kehalangan tinggi nya pohon2 ciremai. malam semakin larut akhir ny gw beserta rombongan melihat sebuah papan kecil...
TANJAKAN ASOY
hemmm nama ny keren tanjakan asoy... seperti apa tanjakan nya? apa asoy?
karna malam jadi tak begitu menghiraukan seperti apa tanjakan di depan yang akan gw ma rombongan hadapin, ga kerasa klo malam. rombongan d belakang semakin tak terdengar suara nya, akhir ny gw yg paling d depan berinsiatif buat berhenti dulu, gimana pun kebersamaan lebih utama.

" putus...putus...putusss.." teriak salah seorang dari belakang.
"tungggu..tungguu..." sahut yang lain

sudah di duga, rombongan belakang jauh tertinggal, entah dimana gw berhenti tiba2 gw ngantuk! walah, aneh banget lagi capek2 ngantuk hahaha...

"aneh uy ko ngantuk" ucap ku pada yang lain
"iya nih gw jga ngantuk hahaha..." sahut kawan ku

tak berapa lama rombongan belakang sudah sampai, dan kami pun memutuskan untuk berhenti sejenak.

"gmn nih berapa jam lagi ke puncak"
"kira2 ada 3 jam lagi" ucap pimpinan

gw kaget gila 3 jam lagi, skrng udah jam 9.30 bener2 perjalanan luar biasa.

"ayo.. lanjut lagi" ucap pimpinan

sudah tak ada canda gurau atau pun kata-kata yang keluar yg ada hanya lah panjang ny perjalanan, cuaca dingin semakin terasa menusuk. sebagian dari rombongan mulai memakai jaket tebal dan sarung. temen gw arif, membagikan salon pas ke setiap peserta rombongan, gw ga tau guna ny buat apa.

"nanti aja d pake ny klo udah aga deket k puncak, d tempel di hidung" kata temen gw yg udah pernah ke ciremai

"pokok ny jam 12 malam kita harus camp di puncak brooo " teriak pembimbing regu.
gw cuma melongo? jam 12? berarti ada 2 jam lagi. gila!
kaki udah kaya ga ada tulang ny, punggung kudu menahan beban tas kecil yg gw bawa, bukan tas ransel. yg lain lebih parah ada yang cuma bawa air minum ga bawa tas, ada yang cuma bawa sarung dan jaket doank. pendakian paling parah dan ga safety hahaha...

semakin malam, kaki sudah tak tahan melangkah, banyak yg sudah ngantuk bgtu juga ma gw, ngantuk ny poll. kapan istirahat? dari jam 5 sore berjalan terus.

akhir nya sampe di post SANGHYANG ROPOH tertanda 1,1 KM lagi ke puncak. di sini awal dari trek terpanjang dan terberat bagi gw yang baru pertama kali ke ciremai!

saudara gw udah ga tahan capek ny, trek ny semakin nanjak! gw jga hampir kedodoran. cuma semangat dan rasa optimis yg gw punya. saudara gw bilang ma yang lain

" udah kita istrahat dlu di sini, puncak bntar lagi kan? istrahat dulu" kata nya, udah ga kuat. gw bingung, emang gw jga capek ny poll tp gw inget, jangan ngeluh, harus ngasih sugesti yang baik buat diri gw.

akhir ny saudara gw dan beberapa kawan yang lain istrahat, gw pamit mau lanjutin ma yang lain. yang gw salut tuh anak SD kuat banget!!! gila!

beberap langkah gw ngerasa semakin berat, rombongan udah terputus bener2 putus.. ga ada sahutan sperti biasa
"putus..putus.."
entah pembimbing dan pimpinan ada d depan atau udah duluan. gw udah lelah banget untung gw masuk rombongan tengah ada 7 orang semua ny hampir baru mendaki kecuali temen gw. akhir ny gw takjub pas istrahat sebentar.

"eh tuh lihat bintang.." kata temen gw nama ny ringgit.
\ gw yang tadi ga fokus ma sekeliling, coba nengok ke atas

"Subhanallah...."

indah.. sempurna... mahakarya...

gw ngelihat bintang jelas banget.... kaya di atap bumi! pemandangan yang luar biasa. jelas.

"eh ni pohon udah semakin pendek berarti udah deket ma puncak tanda nya" kata temen gw arif.

ohh gw baru tau, semakin tinggi pohon tuh semakin pendek.

gw ragu mau nerusin atau istrahat? capek dan ngantuk luar biasa. tenaga udah tinggal 30% beberapa kawan jga udah hampir nyerah buat ngelanjutin.

"eh.. mana pucak ny?"
"puncak nya mana ga datang-datang"


Diubah oleh sarmudmuda 29-04-2014 14:37
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
5
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan