Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marmut74Avatar border
TS
marmut74
HANDYCRAFT) MEMBUAT LOGO KASKUS PADA T-SHIRT TANPA SABLON
emoticon-I Love Indonesia (S)WELCOME TO MY THREADemoticon-I Love Indonesia (S)

Hi' agan-agan yang budiman selamat datang di thread saya, semoga thread ini bermanfaat.
Banyak cara dilakukan untuk membuat t-shirt (kaos oblong) menjadi lebih menarik dan berseni. Yang umum dilakukan adalah dengan tehnik sablon. Banyak referensi mengenai hal ini, jadi saya kira agan-agan sudah paham mengenai tehnik ini. Yang saya ingin bahas disini adalah, sesuai judul di thread ini menghias t shirt dengan cara bordir lebih tepatnya bordir tangan atau sulam (embroidery). Kalau berbicara bordir agan2 mungkin hanya tahu bordir dengan mesin jahit atau komputer, agan tinggal kasih gambarnya lalu minta di bordir seperti agan mau, tinggal bayar beres.
Tahukah agan sebelum ada mesin jahit bordir dilakukan secara manual dengan tangan dan hasilnya tidak kalah dengan bordir komputer, sebagai contoh penutup kabah adalah bordir yang dilakukan dengan tangan dan semua pekerja dilakukan oleh kaum lelaki. Langsung aja kita praktek ya, kalau agan-agan ingin lebih paham mengenai tehnik sulam/embroidery ini bisa di cari di internet banyak artikel yg membicarakan hal ini.
Alat2 yang dibutuhkan :
1. Benang Jahit


Ini tergantung agan, mau pakai yang mana, ada benang bordir, benang sulam asal jangan benang gelasan aja he he berbahaya
2. Jarum


Jarum yang dipakai disini jarum tangan, bukan jarum buat mesin jahit apalagi jarum suntik.
3. Benang Sulam atau benang rajut


Benang sulam atau rajut ini dipakai sebagai pengisi (ini adalah salah satu tehnik dalam sulam tangan, supaya sulaman tampak timbul/menonjol)
4. Gunting


5. Frame atau hoop


6. Mata nenek

Alat ini digunakan untuk memasukan benang kedalam mata jarum, lebih praktis
7. Binder clip/ penjepit kertas

Dipakai untuk menjepit t shirt ke frame
8. Kain kertas untuk bordir

Bahan ini digunakan untuk penguat agar t shirt yang akan di sulam tidak terlalu lentur.
9. Paku payung


Semua bahan-bahan diatas dapat dibeli di toko peralatan jahit menjahit.

Langkah pertama :
Pindahkan gambar yang ingin anda sulam ke t-shirt ( baru atau sudah terpakai). Untuk memindahkan gambar ke t shirt ada berbagai macam cara, dengan menggunakan kertas karbon atau agan dapat menggambar langsung pada t shirt tersebut.
Langkah ke dua.
Siapkan frame dengan menempatkan kain kertas ke frame terlebih dahulu sebagai dasar t shirt. Kemudian tempatkan kan t shirt yang akan di sulam dengan pola yg sudah digambar tadi.Kemudian jepit dengan binder

Langkah ketiga
Masukan benang ke jarum (jangan lupa buat simpul diujung sebagai jangkar benang), sesuaikan warna yg ingin agan aplikasin ke pola tersebut. Ambil benang rajut, potong sesuikan dengan kebutuhan dari pola tersebut. Kemudian letakkan benang rajut tersebut mengikuti garis pola pada t shirt, mulai dengan menusukan jarum ke t shirt dari bawah t shirt ke atas lalu ke bawah lagi terus menerus sampai terbungkus benang rajut semua sesuai dengan pola pada t shrit. (lihat gambar)


Langkah keempat
Setelah semua benang rajut tertutup dengan benang jahit, lepaskan binder yg menjepit t shirt ke frame, lalu gunting kain kertas (Kertas ini akan melunak ketika terkena air dan lama-lama akan hilang).Selesai lah sulaman agan kali ini, lakukan berulang ulang sampai agar mahir, tentu saja dengan pola yang berbeda. Kalau agan tekun hasil akan seperti yang sya sedang kerjakan ini.

Yang ini buatan saya gan, agan bisa coba berbagai macam motif, yang penting sabar dan teliti.

Sudah dulu gan, sementara hanya samapai disini Tutorial nya , maaf maaf jika ada kekurangan .
harap maklum TS juga manusia :
Jika ada yang ingin bertanya tanya boleh lah VM ane ntr bakal ane jawab

Terima kasih sudah mampir di thread ini.
Diubah oleh marmut74 08-05-2014 02:47
0
6.2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan