pakdewaAvatar border
TS
pakdewa
Midnight Sun Fenomena unik di Tengah malam


Anda pastinya belum pernah menyaksikan fenomena langka matahari di tengah malam bukan? Fenomena alam ini di sebut midnight sun. Fenomena ini terjadi setiap musim panas di area lintang utara tepatnya dekat dengan Lingkaran Arktik/ Kutub Utara di mana matahari terlihat masih tegak kokoh di malam hari. Fenomena ini dapat dilihat dengan jelas bila cuaca di Kutub Utara cerah. Fenomena langka ini kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis mancanegara seperti turis Asia dan Eropa Tengah yang penasaran dan ingin menyaksikannya secara langsung. Fenomena ini dapat disaksikan di beberapa kota seperti Tromso, Hammerfest, Bodo, dan Nordkapp. Pengunjung yang berada di Kota Tromso hanya berjarak sekitar 350 km dari Lintang Utara. Menariknya dari wisata alam di Kota Tromso ini adalah para pengunjung dapat melihat matahari tenggelam dan langsung terbit di langit Kota Tromso. Biasanya fenomena alam yang sangat indah ini terjadi di bulan Mei.

Negara-negara sekitar Kota Tromso seperti Kanada, Denmark, AS, Swedia, Norwegia, Rusia, Finlandia, dan Islandia juga menjadi beberapa lokasi di mana orang bisa menyaksikan fenomena midnight sun ini. Fenomena alam lainnya yang unik juga terjadi di kawasan Svalbard, salah satu daerah di Norwegia. Di kawasan ini para penduduk setempat tidak akan bisa melihat matahari terbit selama beberapa hari (terhitung sejak tanggal 19 April hingga 23 Agustus). Anda bisa bayangkan sendiri jika Anda berada di daerah tersebut. Saat Anda bangun dari tidur Anda, Anda masih melihat suasana gelap seperti suasana malam hari. Sudah pasti Anda akan tarik selimut dan tidur lagi.



Fenomena alam sebaliknya terjadi di Kutub Utara ini. Selama musim dingin, matahari akan tetap berada di bawah ufuk atau horizon sepanjang waktu. Bahkan di beberapa daerah di sekitar Kutub Utara, matahari akan terus tampak hingga 6 bulan lamanya. Di daerah kutub sendiri, matahari terbenam hanya sekali saja selama 6 bulan. Pada musim panas, matahari akan berada di titik tertinggi. Sungguh luar biasa ya fenomena alam ini.

Nah, bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena midnight sun ini, silahkan Anda kunjungi salah satu dari beberapa daerah berikut ini: Longyerben (20 April sampai 20 Agustus), North Cape (14 Mei sampai 30 Juli), Hammerfest (16 Mei sampai 27 Juli), Tromso (20 Mei sampai 22 Juli), Narvik, Hausberg (May 25 sampai 18 Juli), Lofoten dan Vesteralen (akhir Mei sampai pertengahan Juli), dan Bodo (4 Juli sampai juli). Pastinya liburan Anda akan menyenangkan dan sudah pasti akan menjadi momen liburan yang sangat berkesan. Ajak serta keluarga tercinta untuk nikmati indahnya fenomena alam ini. Fenomena alam ini merupakan bukti kekuasaan-Nya atas alam semesta.



Copyright : https://www.yukpegi.com/menarik/lain...unik-di-dunia/
Diubah oleh pakdewa 27-04-2014 17:39
0
5.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan