Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

permana2Avatar border
TS
permana2
Gelar Budaya Nusantara
Bangsa besar ini telah kehilangan jatidiri. Bagaikan layang-layang putus talinya. Dulu, bangsa Indonesia setara dengan China, Korea, Jepang. Lebih unggul dibanding dengan Thailand, Vietnam, Philipina, India. Tetapi sekarang, bangsa kita tampak kerdil jika disandingkan Negara-negara tersebut. Negara-negara itu mampu membuat perkembangan dan kemajuan pesat dalam berbagai bidang. Negara-negara itu bahkan mencapai tahap-tahap kemajuan yang signifikan di lingkup internasional, bahkan menjadi Negara adidaya baru yang menciutkan nyali Negara-negara di belahan benua Eropa dan Amerika. Negara-negara Asia itu memiliki integritas sangat kuat. Kekuatan integritas itu ada pada jatidiri bangsanya sendiri. Bukan kekuatan politik kapitalisme dan kolonialisme, tetapi Jatidiri bangsa adalah pondasi utama untuk kemajuan Negara-negara macan Asia. Sebaliknya, NKRI terus mengalami keterpurukan dalam segala bidang. Ironisnya lagi, potensi anak-anak bangsa ini sungguh hebat di kancah internasional. Namun tak berdaya di negeri sendiri. Semua itu akibat dari salah kelola para penguasa dan pemimpin bangsa.
Akan menjadi apa bangsa besar ini kelak di kemudian hari ? Kini sudah saatnya untuk bangkit, kita bicara lagi soal jatidiri bangsa. Itu bukan kata-kata latah. Tapi benar-benar nyata dan fakta yang mudah dilihat di dunia maya (internet). Sebab jatidiri bangsa yang kokoh pernah terbukti mampu membawa Nusantara pada kejayaannya di masa lalu. Nusantara ini pernah mengalami era kejayaan di masa kerajaan Kutai Lama, Sriwijaya, Pajajaran dan Majapahit. Mari kita gali lagi jatidiri bangsa. Seiring dengan adanya kecenderungan luar biasa anak-anak muda dan generasi bangsa untuk tertarik lagi menggali jatidiri bangsanya. Gayung harus bersambut. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Bagi siapapun yang peduli terhadap nasib bangsa. Dan bagi para Negarawan Sejati yang akan memimpin NKRI di waktu yang akan datang, kini saatnya bertindak, bukan sekedar menebar kata-kata jargon politik.
Untuk membangkitkan kembali semangat berbudaya nusantara, Kadang kadeyan Sabdalangit akan menyelenggarakan Gelar Budaya Nusantara.





Waktu Pelaksanaan : 04 Mei 2014
Lokasi : Lapangan Sepak Bola Kel Banaran, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, DIY.
Koordinat : Lapangan Banaran, Galur, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia -7.962215, 110.214891

Jadwal Acara Gelar Budaya :

Parade Layang-layang, Panggung Hiburan (09.00-15.00 WIB)
Jathilan (10.00-10.30 WIB)
Angguk (10.30-11.00 WIB)
Reog Mahabarata (11.00-11.45 WIB)
Tarian Papua (12.30-12.35 WIB)
Tarian Tor-tor Sumatera Utara (12.40-12.45 WIB)
Tarian Gerak Sama Dayak (Kaltim) (13.30-13.40 WIB)
Tari Saman Aceh (15.00-15.10 WIB)
Pagelaran Wayang Kulit Semalam suntuk dengan lakon “Satria Piningit” dengan dalang Ki Seno Nugroho (20.00 WIB – sampai selesai)



Diubah oleh permana2 26-04-2014 05:27
0
1.2K
3
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan