mmangkupretAvatar border
TS
mmangkupret
Night Vision Camera VS Thermal Camera
Assalamualaikum Wr.Wb


emoticon-KetupatSelamat Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah emoticon-Ketupat


emoticon-Maaf AganMohon Maaf Lahir dan Batinemoticon-Maaf Aganwati


Semoga gak emoticon-Blue Repost

Quote:


Pernahkah agan-aganwati semua menonton film , acara televisi yang merekam dalam keadaan gelap? pernahkan anda mencoba merekam sendiri dalam keadaan gelap ? pernahkah anda melihat hasil rekaman cctv pada malam hari ? pernah lihat tentara AS perang waktu malam ?
perekaman pada keadaan gelap dan minim penerangan harus dengan hanya bermodal kamera biasa ternyata tidak cukup karena hasilnya yaa pasti gelaplah emoticon-Hammer (S), lalu hasil perekaman dalam gelap tersebut direkam dengan apa? yang paling sering kita lihat adalah yang seperti ini :

Spoiler for Paranormal Activity:


Spoiler for Dua Dunia:


Spoiler for Wildlife:


Spoiler for Masih dunia lain:


Spoiler for Inikah Penampakan?:


Spoiler for Kamera Security:




Nah gambar-gambar diatas adalah gambar yang direkam dalam keadaan gelap atau minim cahaya, kamera yang merekam gambar diatas adalah kamera khusus untuk merekam dimalam hari, kamera ini biasa digunakan untuk berbagai kepentingan, pokoknya yang berurusan dengan gelap-gelap emoticon-army. Kamera Khusus ini membantu manusia untuk menangkap gambar pada keadaan minim cahaya, ada dua jenis device yang umumnya digunakan untuk membantu perekaman di malam hari yaitu Night Vision Device dan thermal camera.

Kira-kira agan-aganwati semua bisa bedain gak gambar mana yang direkam dengan Night Vision dan Thermal ? emoticon-Ngakak (S)

Lalu apa keduanya memiliki prinsip kerja yang sama ? kan sama-sama merekam di malam hari emoticon-Bingung (S). Tidak keduanya berbeda jauh, baik dari segi device/alat dan cara perekamannya.

Night Vision
Teknologi night vision bekerja pada prinsip perbaikan citra/gambar. Ia bekerja dengan mengumpulkan jumlah kecil cahaya yang tersedia dari sumber-sumber alam atau buatan manusia, dan pembesar itu ke titik di mana benda dapat dilihat. Bahkan mengumpulkan cahaya dari ujung bawah spektrum cahaya inframerah, yang umumnya hampir tidak terlihat oleh mata manusia. nah kamera night vision ini juga sering disebut di tv-tv kita sebagai kamera inframerah, kenyataannya cuma mendekati spektrum inframerah gan.. oh iyaa kamera night vision ini juga harus tetap dibantu cahaya gan, kalo bener-bener gelap total gak bisa ngerekam sama sekali, makanya ada tetap pakai bantuan cahaya meskipun gak terang.

Spoiler for Device:


devicenya sendiri mirip dengan kamera biasa biasanya disekitarnya dikelilingi lampu led yang kalau dilihat kasat mata gak nyalatapi coba rekam lampu itu dengan kamera lain semisal HP, kalo agan gak punya night vision device coba lihat diremote tv,ac,apapun milik agan semua dengan kamera apapun maka akan ada yang menyala

Spoiler for Lampu Infrared:


led itu merupakan lampu inframerah gan buat membantu pencahayaan, mungkin karena itu juga kali yaa disebut kamera inframerah emoticon-Hammer (S)tapi itu adalah anggapan yang salah emoticon-Ngakak (S)

Thermal Infrared Imaging
ini bakal bikin bingung emoticon-Bingung (S) gan ..
Nah kalo ini baru layak disebut kamera inframerah gan, tapi inframerahnya bekerja pada daerah inframerah thermal, kan inframerah ada banyak, biar gak bingung kita sebut saja thermal. nih quote dari sumbernya:

Quote:


Spoiler for device:


okee lets forget everything about cameras make pictures.. alat ini tidak merekam gambar seperti kamera, tapi dengan sensor, sensor thermal ini bekerja dengan menangkap panas yang dipancarkan oleh objek, masih ingat hukum pergeseran wien radiasi benda hitam ? pasti udah lupaa emoticon-Ngakak

Intinya setiap benda/objek yang mempunyai suhu diatas 300 Kelvin akan ditangkap oleh sensor, kemudian berdasarkan panasnya dibedakan dengan:
rona : semakin terang berarti semakin panas
Warna : Biru->dingin, merah-> panas, putih->sangat panas


Nah Kalo agan semua masih bingung tentang perbedaan keduanya nih silahkan lihat videonya biar makin jelas




Gimana Masih Bingung ??emoticon-Cape d...

oh iyaa menurut agan semua, bagusan yang mana antara night vision dan thermal untuk merekam dalam gelap??


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star

sumber
sumbers
0
23K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan