shinichi7thAvatar border
TS
shinichi7th
Cara Membedakan Nendoroid Original dan Palsu
Quote:


Hari ini kita akan meninjau bagaimana cara melihat dan menghindari nendoroid palsu. Mungkin anda telah menjadi korban nendoroid palsu / bajakan. Jangan biarkan hal itu terjadi pada anda! Postingan ini diharapkan akan berguna bagi siapa saja yang ingin menghindari membeli nendoroid bajakan (cara ini juga berlaku bagi figma, SHF, dan sejenisnya).

Spoiler for :



Mari kita mulai. Saya memiliki dua nendoroid Miku Hatsune. Satu original dan satunya lagi palsu. Dapatkah anda membedakan mana yang palsu?

Spoiler for :


Jika anda menebak yang sebelah kiri adalah palsu, maka anda benar! Jika Anda tidak bisa membedakan, jangan khawatir, ada beberapa hal yang harus anda cari langsung ketika melihat box nendoroid untuk mengetahui mana yang palsu.


1. Sticker Authenticity
Spoiler for :


Kebanyakan nendoroid series memiliki stiker, baik hologram atau polos, pada bagian depan box biasanya ada stiker nama perusahaan lisensi untuk anime menunjukkan darimana nendoroid berasal (Sunrise, Aniplex). Dalam gambar di atas ada empat stiker dari berbagai nendoroid. Dapatkah Anda menebak yang nendroroid mereka berasal?

Sebuah stiker adalah cara yang pasti untuk mengetahui apakah nendoroid tersebut original atau palsu, namun, pastikan stiker memiliki nama perusahaan di atasnya. Saya pernah menemukan nendoroid bajakan yang memiliki stiker hologram yang mengatakan "RESMI", tapi nendoroid itu jelas palsu.

Spoiler for :


Sekarang, anda mungkin telah melihat gambar di awal posting ini lagi dan berkata "Hey tunggu dulu, tidak ada stiker di salah satu dari nendoroid ini! Apa penyebabnya? ".

Nah, seperti yang kamu tahu, tidak semua nendoroid memiliki stiker. Jika Anda melihat gambar di atas Nendoroid Miku Append dan Nendoroid Miku, anda akan melihat bahwa tak satu pun dari mereka memiliki stiker. Hal ini karena nendoroid Vocaloid tidak memiliki stiker (dugaan saya adalah karena mereka tidak dari anime). Di sinilah kita harus memiliki mata yang baik untuk membedakan barang bootleg (palsu), yang membawa kita ke titik berikutnya.

Spoiler for :


Spoiler for :


2. Kualitas

Ada perbedaan yang signifikan dalam kualitas antara nendoroid palsu dan yang original. Karakteristik nendoroid palsu termasuk kacau balau dalam pekerjaan cat, wajah terlalu mengkilap, parts berjatuhan, parts rusak, buruk dikemas, dan dus rusak.

Spoiler for :


3. Kemasan Dus

Kadang-kadang kita sulit untuk melihat melalui plastik dus nendoroid untuk melihat apakah nendoroid adalah palsu atau original, tapi kadang-kadang anda dapat membedakan bahkan tanpa melihat nendoroid itu sendiri . Hanya dengan sebuah dus saja dapat menjadi indikator besar , dus nendoroid palsu biasanya rusak karena anda mungkin dapat memberitahu pada gambar sebelumnya (Meskipun dus rusak, bukan berarti itu nendoroid palsu). Perhatikan juga bagaimana pencetakan pada dus memiliki perubahan warna. Pekerjaan cetak yang buruk adalah tanda dari nendoroid palsu , ditambah dus nendoroid palsu agak tipis dibandingkan dengan yang original.

Jika Anda baru pertama kali membeli nendoroid , anda tidak mungkin bisa tahu hanya dengan dus, dan saya tidak merekomendasikan penggunaan metode ini . Metode terbaik adalah dengan melihat nendoroid itu sendiri . Lihatlah gambar-gambar sebelumnya dan lihat apakah anda dapat melihat beberapa perbedaan dalam nendoroid original dan palsu . Saya tahu memang agak sulit untuk melihat dalam gambar, dan lebih mudah melihat secara langsung, tetapi saya telah menyertakan gambar nendoroid di bawah ini yang menjadi sorotan dalam hal yang harus dicari dalam nendoroid palsu.

Spoiler for :


Mungkin sedikit lebih jelas dalam gambar ini. Nendoroid yang asli (di sebelah kanan) dikemas jauh lebih baik, sementara yang di sebelah kanan hanya menggunakan kantong plastik untuk nendoroid tersebut. Bagian kecil yang ditempel oleh selotip di salah satu part adalah yang palsu, hal tersebut jarang dilakukan dengan nendoroid yang original. Plastik nendoroid palsu biasanya longgar, sehingga biasanya part nendoroid tidak ketat seperti yang original.

Anda juga mungkin menyadari bahwa nendoroid yang sebelah kiri mukanya terlihat lebih terang, tapi hal ini mungkin sesuatu bervariasi dalam nendoroid palsu.

Spoiler for :


Di sini Anda bisa mendapatkan perbandingan yang baik. Masih ingat dengan wajah yang mengkilap di gambar yang sebelumnya ? Dalam nendoroid palsu, cat cenderung lebih terang, untuk itu, jika anda melihat cat yang lebih terang seperti itu dalam nendoroid itu hampir pasti palsu. Hal ini membawa kita ke titik berikutnya:

4. Paint Job

Hal yang penting lainnya untuk memembedakan yang original dengan yang palsu adalah pekerjaan cat. Lihatlah detail-detail kecil, lihat apakah ada corengan. Anda dapat melihat pada Miku palsu (kiri) bahwa ada gumpalan hitam di roknya, dan cat di dasi nya tidak semua yang baik. Juga perhatikan noda cat hitam di bajunya.

Spoiler for :


5. Joint (Sendi)

Nendoroid palsu mengerikan dalam hal sendi. Parts sering jatuh tanpa disentuh. Jika anda melihat nendoroid dalam sebuah dus dengan salah satu tangannya lepas, itu hampir pasti bajakan. Saya pernah melihat nendoroid palsu dalam dus dengan parts benar-benar setengah rusak! Carilah hal-hal seperti ini.

Hal lainnya adalah sendi leher nendoroid palsu, dalam kasus ini Miku palsu ini tidak sesuai dengan warna wajah. Mereka terbuat dari plastik murah, dan sangat mudah untuk melihat bahwa mereka murah.

Spoiler for :


Spoiler for :


Di sini Anda bisa mendapatkan perbandingan yang lebih baik dengan melihat dua nendoroid. Anda dapat melihat dalam gambar atas bagaimana cat memiliki yang mengkilap tersebut, sedangkan nendoroid original memiliki cat yang lebih matte.

Spoiler for :


Spoiler for :

6. Stand

Stand nendoroid palsu biasanya hanya tercantum 'MADE IN CHINA' dimana nendoroid original memiliki nama perusahaan di atasnya. Sulit untuk melihat stand ketika melihat sebuah dus nendoroid, tapi itu hanya sesuatu tambahan saja yang harus anda ketahui. Kebanyakan nendoroid palsu dilengkapi dengan stand bulat di gambar pertama (bukan berarti nendoroid yang memiliki stand bulat adalah nendoroid palsu, karena ada beberapa nendoroid original juga memiliki stand bulat).

7. Masalah Made in China

Goodsmile Company memang perusahaan Jepang, tapi semua produk nendoroid tercantum 'MADE IN CHINA'. Mengapa demikian? Jawabannya simpel sekali, karena Goodsmile Company pabriknya berada di China, sehingga pada box maupun stand nendoroid tercantumnya 'MADE IN CHINA' bukan 'MADE IN JAPAN'. Hal itu disebabkan karena bahan baku dan tenaga kerja di China lebih murah.

8. Beli Online

Membeli nendoroid secara online adalah mungkin bagaimana kebanyakan orang pada akhirnya mendapatkan barang palsu. Jika Anda ingin membeli nendoroid secara online, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam rangka untuk berjaga-jaga agar tetap aman:

1. Harga

Sebuah nendoroid yang memiliki harga murah mungkin memiliki suatu alasan yaitu barang palsu. Kebanyakan harga nendoroid original berkisar 3.000 JPY (sekitar Rp. 330.000,00) keatas. Jika Anda melihat nendoroid dijual dengan harga Rp. 150.000,00 maka anda harus berhati-hati karena barang itu palsu. Itulah sebabnya mengapa ada baiknya untuk mengetahui dealer online terpercaya. Ada satu tempat untuk menghindari namun:

2. Hindari tempat-tempat seperti Ebay

Ada banyak nendoroid palsu di ebay. Ada risiko yang terlibat ketika membeli di sana, tetapi jika Anda ingin membeli dari ebay ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menghindari barang palsu:

  • Jika penjual dari China / daerah Hong Kong , waspada terhadap barang palsu . Hampir semua nendoroid palsu diproduksi oleh China , jadi kemungkinan barang itu palsu . Setiap kali saya melihat nendoroid palsu di ebay , sebagian besar dari penjual China. Tidak semua nendoroid yang diproduksi oleh Hong Kong palsu , tapi mereka memang ada jadi hati-hati .


  • Pastikan list mengatakan nendoroid tersebut resmi Goodsmile Company. Jika tidak original, jangan membelinya.


  • Stok foto : Pastikan Anda melihat gambar dari produk SEBENARNYA , bukan foto yang diambil dari situs goodsmile atau website lain . Sebagai contoh jika foto terlihat seperti ini :

Spoiler for :


berhati-hati karena bisa saja palsu karena Anda tidak melihat produk yang sebenarnya.

Harga memiliki peran besar dalam melihat barang di ebay.
Penjual dari Jepang biasanya tempat yang aman bagi barang original.
Jangan membeli dari seseorang yang memiliki gambar seperti ini, itu jelas palsu:

Spoiler for :


Tempat lain yang dapat anda temukan barang palsu adalah di Amazon, tapi itu sebanyak seperti di ebay. Hal yang baik tentang Amazon adalah pelanggan dapat menulis review, yang akan memberitahu anda jika nendoroid itu original atau tidak. Pastikan nendoroid memiliki ulasan pastikan untuk membacanya sebelum anda membeli.

3. Beli dari seller terpercaya

Ada banyak toko-toko anime di internet, banyak dari mereka yang baik tetapi beberapa dari mereka mungkin sedikit kurang dikenal. Jika anda baru untuk membeli, berikut adalah beberapa tempat untuk membeli barang yang original.
The official Goodsmile Online shop
AmiAmi
Hobbysearch
Mandarake
Hobbylink Japan
Figure Haven
Kid Nemo Company
Toylet
Hobby Japan Online (Indonesia)
Nippon Yasan

Sekali lagi ini adalah beberapa seller online terpercaya yang dapat anda beli dari seller tersebut. Ada banyak orang lain yang mejual barang yang sama yang dapat anda beli , tetapi pastikan untuk melakukan sedikit riset sebelum anda membeli.

Credit goes to : NYOtaku

Translated by : Sylphers (saya sendiri)

Quote:
Diubah oleh shinichi7th 10-04-2014 10:48
1
38K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan