TheSimpleSampleAvatar border
TS
TheSimpleSample
Tahukah agan tentang “Pelican Crossing”, yang taat lalin masuk!


Akhirnya HT juga gan, setelah berharap-harap cemas. thanks to Momod, Mimin, and kaskuser.

Spoiler for first HT:


Jangan lupa Rate 5 gan



Hallo gan ane mau kasih informasi nih seputar lalu lintas. Thread ini TS buat karena tadi siang ane melihat hal yang tidak semestinya waktu menyeberang.

anti repost
Spoiler for no repost:



Menyeberang jalan bagi beberapa orang adalah hal yang biasa. Namun tidak jarang menyeberang adalah sebuah momok bagi beberapa orang terlebih jika berada di tengah keramaian. Jalanan yang ramai dan tak ada putusnya bahkan para pengendara yang ngebut selalu menjadi persoalan.

Belum lagi kalo kayak gini jadinya.
Spoiler for nyebrang:


Tuh kan selain dapat membahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan orang lain ternyata. terus gimana dong? Tapi tenang aja gan karena ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. ada beberapa alternatif seperti zebra cross, jambatan, dan lainnya. namun taukah agan tentang pelican crossing?

Pelican Crossing


Pelican Crossing berasal dari Pedestrian Light Controldisingkat jadi Pelican. loh kok jadi Pelican kan harusnya Pelicon? nah untuk masalah ini TS juga kagak ngerti kalo menurut ane sih pelicon agak aneh. walaupun pake pelican juga aneh. emoticon-Ngakak (S)



Pelican Crossing adalah alat yang memudahkan penyeberang jalan untuk memberi isyarat pada para pengendara motor/mobil agar memberi kesempatan bagi penyeberang jalan. sehingga para penyeberang jalan ini mendapat kesempatan menyeberang tanpa teriak-teriak.emoticon-Cape d... (S)Metode pelican crossing sudah diterapkan di United kingdom sejak 1969. Dan di Indonesia sendiri metode ini juga sudah ada sejak lama. Hanya saja orang kita cuek dengan keberadaan pelican crossing.

Spoiler for Pelican Crossing:


Pelican crossing ini sebenarnya ada yang terpisah dan ada yang jadi satu dengan lampu lalu lintas perempatan jalan (umum). untuk membedakan pelican terpisah dan yang umum TS sebut pelican crossing terpisah jadi pelican crossing independent. Karena yang akan TS bahas adalah yang independent saja karena banyak yang masih cuek dengan pelican crossing independent ini. walaupun sebenarnya yang umum pun masih dicuekin. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Spoiler for pelican crossing independent:


Pelican crossing independent sebenarnya masih jarang ditemukan di Indonesia, setau TS pelican crossing independent ada di Jakarta, Solo, dan Jogja. tapi tidak menutup kemungkinan ada di setiap kota besar.



Penempatan pelican independent ini biasanya di jalan yang ramai atau penyeberangan khusus zona sekolah, tempat wisata dan lain lain. Dan tidak harus berada di persimpangan jalan. Sehingga bisa jadi pelican crossing memang ditujukan supaya pengendara motor/mobil memberi kesempatan bagi penyeberang jalan.

Cara kerja pelican crossing independent.




Cara kerja crossing independent ini sebenarnya sangat simpel. alat ini bekerja seperti halnya lampu lalu lintas biasa dengan lampu merah, kuning, hijau dan kaidahnya. namun yang berbeda lampu ini dapat di kontrol sesuai dengan kebutuhan penyeberang jalan melalui tombol khusus yang tersedia. ketika tidak ada penyeberang jalan lampu ini hanya berkedip pada lampu warna kuning. namun setelah penyeberang menekan tombol khusus yang berada di tiang pelican crossing lampu akan berubah jadi merah. sehingga sesuai dengan kaidah lalin maka seharusnya para pengendara motor/mobil berhenti dan memberi kesempatan penyeberang jalan.

Spoiler for tombol pelican crossing:


Namun minimnya sosialisasi atau pengetahuan pengendara motor membuat pelican crossing ini diabaikan dan seakan tidak mampu meredam arogansi pengendara motor/mobil. bukan hanya pengendara motor/mobil, banyak para penyeberang jalan pun juga tidak tahu akan fungsi alat ini. untuk itu TS disini memberi informasi kegunaan alat ini. berharap kedepannya lalu lintas di negeri ini bisa lebih tertib. karena sepertinya tidak ada sosialisasi dari aparatur tentang hal ini. masih banyak yang mengabaikan pelican crossing yang mana seharusnya mendahulukan pejalan kaki.

Spoiler for pelanggaran:


semoga thread ane bisa menyadarkan dan mengenalkan agan/aganwati agar mengetahui fungsi alat ini sehingga tidak mubazir. untuk pejalan kaki TS harap bisa tertib berlalu lintas juga seperti menyeberang ditempatnya. dan untuk para pengendara motor/mobil supaya dapat menghargai pejalan kaki dan tidak mengabaikan rambu lalu lintas termasuk pelican crossing ini. TS juga tahu memang pelican crossing independent masih jarang dan baru sehingga sedikit yang menyadari keberadaannya. namun alangkah baiknya jika kita selalu berhati-hati. sekian thread dari ane semoga bermanfaat.

Spoiler for Bonus Pelican Crossing:


Sumber : Wikipedia


Quote:


ane mengharapkan emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
tolong jangan dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

jangan lupa rating gan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh TheSimpleSample 24-04-2014 04:57
0
86.1K
1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan