- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor yang Benar


TS
adlof817
Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor yang Benar

Spoiler for Permulaan:
Jangan lupa gan 





Spoiler for bukti no repost:
Quote:
Agan/aganwati pernah dong menggunakan sepeda motor bahkan pasti ada yang menggunakan alat transportasi sebagai kendaraan wajib untuk bekerja. Sudah menjadi kebiasaan banyak orang memang ketika akan memulai perjalanan, sepeda motor terlebih dahulu ”dipanasi”, dengan membiarkan stasioner dalam jangka waktu yang bervariasi. Apalagi sepeda motor sudah didiamkan dalam waktu yang lama (lebih dari 5 jam). Namun untuk sepeda motor injeksi, hendaknya agan/aganwati tidak membuat kegiatan memanasi sepeda motor jadi agenda wajib.
Disini ane mengambil sumber dari Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Sarwono menjelaskan, sepeda motor injeksi sudah jauh lebih ”pandai” ketimbang yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.
Pertama, Kalau agan terlalu lama (memanasi), bensin terbuang sia-sia. Sayang, lebih baik dibuat jalan kan.
Kedua, ada kemungkinan komponen lain seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Bahkan bisa merusak cat knalpot tersebut.
Andai tak dipanaskan pun, gejala ”brebet” ketika kurang panas, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator akan sangat jarang terjadi.
Salah satu bukti konkret, keberadaan tuas choke yang dulu dipasang untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan, kini sudah tak digunakan lagi. Bahkan saat ini keberadaannya sudah cukup langka untuk sepeda motor model baru. Sekarang ini, sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke ,karena sudah mempunyai sensor yang mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah dihidupkan.
Sekian dulu gan, semoga bermanfaat bagi kita bersama.
Disini ane mengambil sumber dari Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Sarwono menjelaskan, sepeda motor injeksi sudah jauh lebih ”pandai” ketimbang yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.
Spoiler for cara yang benar:
Cara yang benar dalam memanaskan mesin sepeda motor Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia serta akan menghemat waktu agan-aganwati sekalian, apalagi kalau bangunnya kesiangan pasti cara seperti ini pun ditempuh.(pengalaman red)
Spoiler for manfaat:
Dengan memanaskan mesin tak lebih lebih dari satu menit, menurut Sarwono ada beberapa keuntungan.
Pertama, mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik.
Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan (running),
ketiga, efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak banyak terbuang percuma saat dipanasi.
Keempat, hemat waktu gan, apalagi kalau kesiangan
Pertama, mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik.
Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan (running),
ketiga, efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak banyak terbuang percuma saat dipanasi.
Keempat, hemat waktu gan, apalagi kalau kesiangan
Spoiler for kerugian:
Pertama, Kalau agan terlalu lama (memanasi), bensin terbuang sia-sia. Sayang, lebih baik dibuat jalan kan.
Kedua, ada kemungkinan komponen lain seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Bahkan bisa merusak cat knalpot tersebut.
Andai tak dipanaskan pun, gejala ”brebet” ketika kurang panas, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator akan sangat jarang terjadi.
Salah satu bukti konkret, keberadaan tuas choke yang dulu dipasang untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan, kini sudah tak digunakan lagi. Bahkan saat ini keberadaannya sudah cukup langka untuk sepeda motor model baru. Sekarang ini, sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke ,karena sudah mempunyai sensor yang mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah dihidupkan.
Sekian dulu gan, semoga bermanfaat bagi kita bersama.
Yang berkenan 





Tapi jangan
ane gak ada maksud apa-apa 


Quote:
Uniknya Refleks Primitif Pada Bayi (Picture+Video)
Kisah Tawanan Jepang, Lepas dari Jugun Ianfu Karena Menyamar sebagai lelaki (with Picture)
Bobroknya Pelayanan Li*n Air (+++Pict)HT
Mengintip Proses Pembuatan Mie Instant (with picture)HT
Dokter Indonesia vs Dokter Belanda (with Pict)
Malaikat Maut Pencabut Moyes (With Pict)
10 Fakta Ryan Giggs: Manajer sekaligus Pemain Manchester United (with Picture)HT
Resmi: Giggs Pelatih Sementara Manchester United (with Picture)
Diubah oleh adlof817 24-04-2014 22:25
0
5.6K
Kutip
60
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan