Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yunikiyutAvatar border
TS
yunikiyut
Kasih tau aku alasan, kenapa kita mesti lanjut kuliah S2?
Kasih tau aku alasan, kenapa kita mesti lanjut S2?

- apa karena pengen belajar, memberdayakan diri?
emank kalo gak S2 kita jadi gak bisa belajar dan memberdayakan diri ya?
-apa karena ingin jadi dosen?
berapa banyak lulusan S2 yg ternyata sampek skrg jg msh nganggur,
ada sih mreka yg ketrima jd dosen tp dosen swasta (tau kn gajinya brp?)
kita mank gak lg bicara soal uang, tp itu kn esensinya kita kerja, menjadi seorang dosen itu bekerja loh
karena kata dosen sendiri itu sebutan dr sebuah profesi, setiap profesi pasti menuntut upah/gaji, anak kita suruh makan gelar kita apa?blm lg soal beban mental, masak iya lulusan S2 hanya sbgai ibu rumah tangga, oke mgkn suami n ortu kita gak trlalu mempermasalahkan krna mgkn dr sisi ekonomi sdh cukup mapan, tapi bgmn dgn mertua?, sodara? keluarga besar,? Perkara rumah tangga itu bkn Cuma masalah kita dgn suami dan anak semata loh, sgt byk perkara2 di luar itu yg mesti kita antisipasi kejadiannya. Maaf saya hanya bicara realita.
- sekali lg ini bukan soal financial, krna sbnrx motivasi mendalami ilmu itu tdk di ukur utk pencapaian karir/financial, trlalu dangkal bila kita mngartikan mncari ilmu itu hanya utk sekedar mndapat uang?
kalau memang mencari ilmu tak ada niat utk mencari uang, skrg berani gak stelah wisuda sarjana, elo bakar tuh ijazah lo..

itulah kenapa, keganjelan-keganjelan hati ini ketika liat temen2 kuliah yg berbondong2 buat lanjut kuliah lg stelah wisuda S1..ya kalo ortunya mampu sih gak masalah, tp klo bagi mreka yg hanya dg kondisi “cukup” dan kekeh maksa buat S2, apa gak jomplang tuh perekonomian keluarga? Lain lagi ketika elo dpt beasiswa, jempol lima buat elo..nih baru aq appreciate..tp ingat ini beasiswa, pemerintah nih ngucurin dananya buat kepintaran kita, uda tau kan, drmn pemerintah dpt duit buat nyekolahin kita, ya dari rakyat sob, dr pajak-pajak penghasilan mereka, dr pajak prdagangan mereka dll..pertanyaannya masak iya kita make duit orang2 buat kepinteran pribadi kita eh stelah lulus kita gak balas budi ma mereka, owh gitu mental seorang magister stelah lulus program pascasarjana lgsg gitu aja ngacirr spt kacang lupa pd kulitnya, mana idealism kita sbg akar perubahan utk sesama manusia..jgn sesame manusia deh trlalu luas jangkauanx, buat tetangga aja kita dulu deh, uda manfaat belum kita, dgn keilmuan kita yg sdh di tingkat master tuh uda bisa belum ilmux di buat ngebantu tetangga kita yg lg butuh pertolongan pertama? Owh apa malah cuma elo sumbang doa aja sob, dengan keilmuan elo yg katanya setinggi bintang itu elo cuma bisa sumbang doa doang? Emank tetangga elo dgn sumbangan do’a elo tuh bisa kenyang?

0
10.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan