Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arthran88Avatar border
TS
arthran88
KENA TIPU JUAL BELI ONLINE NI GAN,...ANE KUDU GIMANA NI GAN??? T-T
kena tipu jual beli online ni gan...
ane mesti gmn gan...

need help gan...

klo kena tipu mungkin pertama yg dipikirin mesti gmn ya gan... hehehehe

cm mau share ni gan soal prosedur laporan ke pihak bank...

kebetulan kmrn ane selama seminggu liburan ni bolak balik telp pihak bank karena kawatir kena tipu gan....
disini ane mau share soal teknis di lapangannya gan bukan soal aturan hukum yang berlaku... mungkin masyarakat udah pada jengkel ni soal hukum atau tata tertib di indonesia banyak yang dilnggar alias pajangan doank... mungkin terpaksa ato mungkin ada celah yang bisa dimanfaatin... ane ga tau...

lanjut ke kronologisnya ni gan...

1. tanggal 10-04-2014 ane transfer ke rek seseorang melalui ATM... (pastinya karena pengen beli sesuatu via online shop(dari fac*e*oo*)

2. ane lupa ni tgl berapa pastinya klo ga slh tgl 12 mlm... ane kontak tu seller soal barang yg mau ane beli gan... "harganya naik gan, kurs dolar naik"... kenaikan sktr 25%-50%.. what the fuck.... kurs dari hongkong kali ya... hari sabtu update kurs... dr sini ane curiga ini penipuan, oke ni ane minta cancel aj, dan "katanya, seller ni mau cancel dan refund" gan

3. tgl 13 sekitar jam8 s.d jam9 ane hubungin tu seller sulit bgt gan, di wa ga dibales(padahal statusnya "online") telp ga diangkat, message fb ga dibales...

4. ane kawatir kena tipu ni gan, langsung aja ni buru2 telp pihak bank. ane telp dan jelasin kronologis dari awal sampai dengan pihak bank clear nerima laporan ane itu sekitar 40an menit... what the fuck... pulsa terkuras ni padahal masih tanggal pertengahan.... emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
hasil ane telp pihak bank, alhasil rekening tu seller diblokir sementara gan dan ane diminta mengirimkan beberapa dokumen

5. seller hubungi ane sekitar jam 1-2 siang dan sepakat mau refund sebagian duit yang ane cancel (ane pesen 3 barang, dan ane cancel 2 barang karena harganya naik ga wajar). tapi si seller minta syarat klo mau refund, yaitu agar ane buka blokir rekening dia, yaitu dgn cara mencabut laporan ane ke pihak bank.
sbg orang baik2 dan ga mau repot dan ribet, awalnya ane mikir oke ane cabut laporan aja. tapi ada saran dari temen ane, "lo yakin duit lo bakal balik klo blokirnya kebuka?". ane sih ga yakin jadi ane ga jadi buka blokir dia.

6. sore harinya sekitar jam 4-5an ane ditelp pihak bank gan, disitu terjadi tele conference ane ma tu seller gan. seller katanya bersedia refund jika blokir rekeningnya udah dibuka, tp ane tetep ga mau.

7. al hasil si seller marah dan ngamuk2 gan, dia ngomong, "klo rekening udah dibuka blokirnya otomatis pihak bank akan mendebet sejumlah dana ke rekening ane"
ane konfirmasi tu statement tu seller ke pihak bank, dan ternyata ga ada SOP semacam itu di Bank.
ane semakin yakin ni penipuan....emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis

8. sekitar tanggal 16 ane dihubungi lagi tu ama pihak bank dan teleconference lagi, dan pihak bank menjelaskan jika mau refund si seller harus datang ke cabang terdekat buat melakukan "pindah buku jadi ga perlu bawa duit cash". ni seller ga mau dateng ke cabang terdekat.
close, tidak ada titik temu karena seller ga mau dateng ke bank terdekat.....



maaf ni gan ceritanya belepotan... pertama kali nulis threat panjang banget ni gan... langsung ke teknisnya aja deh gan, ini yg mau ane share :

1. saat lapor ke pihak bank (by phone) ada beberapa data buat cross-check ama data bank, bener ga klo agan sbg pelapor itu pemilik rekening yang dipake buat transaksi. yang penting bukti transfer lewat atm, klo ilang ya pake print out buku tabungan. jangan lupa minta nomor laporan gan dan catet, ini penting banget buat follow up

2. dokumen yang diminta pihak bank adalah a). pernyataan kronologis kejadian-pake materai b). permohonan blokir rekening sementara(rekening seller pastinya)-pake materai c). KTP d).bukti transfer d). surat perintah blokir dari kepolisian

3. pernyataan kronologis dan permohonan blokir ini ga ada format resminya gan, jadi terserah agan aja bahasanya


4. surat perintah blokir dari kepolisian ane ga bisa dapetin ni gan, dari kepolisian ane ga dapet karena kepolisian meminta "bukti blokir sementara dari pihak bank" dan ane minta ke pihak bank ga dikasih(katanya kebijakan masing2 bank buat ngasih jadi bisa dapet bisa ga dapet). jadi ane dari kepolisian cm dapet tanda bukti lapor aja ni gan.. poin penting untuk nominal <20juta lapor ke POLSEK dan untuk nominal >20jt ke POLRES. berhubung termasuk tindak pidana, maka laporan agan akan diikuti dengan berita acara pemeriksaan agan sebagai korban dan saksi. untuk proses BAP di POLRES lebih lama, biasanya nunggu gan, nati ada surat panggilan buat BAP

5. untuk penyerahan dokumen tersebut maksimal 1 x 24jam untuk dokumen poin "a" s.d "d" dan 3x 24jam untuk dokumen "e" dengan cara melalui fax atau email

6. dokumen asli untuk poin "a" s.d "d" harus agan serahkan segera ke cabang terdekat, klo bisa sebelum agan lapor ke polisi udah agan serahin, jadi agan bisa minta bukti blokir sementara dari bank. jangan lupa gan buat hubungi call center dan konfirmasi di cabang mana agan menyerahkan dokumen aslinya

7. jika agan tidak bisa dapetin poin e, agan bikin surat pernyataan kenapa agan ga bisa dapetin tu dan agan serahkan ke bank beserta tanda bukti bahwa agan dah lapor ke kepolisian


note :
- jangan harap duit agan balik dlu, karena pihak cs yang agan telp dari awal tidak berjanji hanya sebagai mediasi
- jangan harap blokir rekening tu semua duit di rekenig tu diblokir total dan rekening tersebut ga bisa ngapa2in. yang diblokir ya sejumlah dana yang agan laporkan ato sesuai bukti tarnsfer agan

SOP tersebut adalah SOP pada bank yang ane pake yaitu Bank BC*
dan pihak call center (Hal* BC*) itu beda divisi dengan kantor cabang Bank BC* dan punya otoritas masing2.. call center hanya menerima laporan dan melakukan blokir sementara.. untuk mutasi rekening dsb itu otoritas kantor cabang Bank BC*. tadi pas ane nyerahin dokumen asli ke kantor cabang Bank BC*, ad cs yg bilang klo ad kemungkinan duit ane bakal balik meski seller ga dateng ke cabang untuk melakukan pindah buku ke rekening ane.. semoga aj beneran bisa... Aamiin

semoga bermanfaat gan dan bisa membantu agan2 jika terpaksa kena tipu2 jual beli online, ikuti aja SOP bank yang agan pake dan ikuti pula SOP saat agan lapor ke polisi
mungkin beda bank beda SOP jg gan hehehee

semoga tar ane sempet update buat perkembanganya dari pihak bank gan



UPDATE 6 MEI 2014

tgl 6 mei ane telf lg pihak hal* b*a untuk tanya progress tindak lanjut laporan ane ampe mana... dan ternyata blm ada kabar pasti progressnya ampe mana, akhirnya ane inisiatif buat minta no telp cabang dimana no rek penipu terdaftar. setelah ane dapet no telp dan alamat kantor cabang dmn si penipu buka rekening, ane telp dlu gan... dan ternyata... pihak cabang tempat penipu buka rekekning belum mendapat informasi ttg laporan ane dari Hal* B*A.... ane telp ke kantor cabang tmpt penipu buka rekening laporan mulai dari nol dan nunggu follow up pihak kantor cabang dmn penipu buka rekening melakukan koordinasi dengan Hal* B*A....


ane dapet saran dan masukan dari temen kakak ane yg pernah ngalamin kejadian serupa namun dengan nilai lebih besar pada bank BN* 46... bukanya ane mau promosi tu bank ya gan... cm dari pihak bank tersebut bisa melakukan refund duitnya dgn cepet gan.... buat safety dan kinerja mgkn bisa jadi pertimbangan buat agan2 yang mau bisnis online...
Diubah oleh arthran88 06-05-2014 07:58
0
11.1K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan