- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
10 hal yang belum dimengerti kebanyakan orang tentang Flappy Bird


TS
blacxruzh
10 hal yang belum dimengerti kebanyakan orang tentang Flappy Bird


Spoiler for bukti:
Semua orang masih membicarakan Flappy Bird, bahkan setelah pembuat game ini menghapusnya dari app store. Meski sudah banyak media seperti Forbes dan The Verge yang membahas secara mendalam tentang fenomena Flappy Bird, namun Vietnam, negara asal sang pencipta Flappy Bird, memberitakan hal yang tidak mengenakkan tentang keberhasilan game ini. Mereka jelas tidak mengerti mengapa game ini menjadi hit. Karena tidak mengerti, masyarakat Vietnam benar-benar berfokus pada aspek yang salah terkait keberhasilan Dong Nguyen dan Flappy Bird. Di banyak percakapan yang terjadi di Facebook, platform utama bagi orang-orang Vietnam untuk chatting, banyak topik yang mengatakan bahwa Dong Nguyen mencuri dari Nintendo, bahwa ia akan dikenakan pajak atas penghasilannya, bahwa ia hanya beruntung, bahwa ia tidak pantas menjadi sukses, dan bahwa game ini sebenarnya game bodoh.
Jadi mari perjelas beberapa hal untuk mereka yang memiliki kesalahpahaman tentang teknologi, hiburan, dan dunia game.
Quote:
1. Meniru sering terjadi dan bukan alasan untuk suksesAda banyak artikel dalam bahasa Inggris – dan terutama di Vietnam – tentang bagaimana Dong Nguyen meniru Piou Piou dan Nintendo hingga akhirnya terciptalah Flappy Bird. Tanggapan saya adalah: bahkan jika ia meniru semua elemen dari berbagai game, terus kenapa? Apakah Facebook adalah jejaring sosial pertama? Apakah Gangnam Style adalah lagu pertama dengan tarian unik? Apakah iPhone adalah smartphone pertama? Dan jika Anda menghubungkan kesuksesan Dong Nguyen dengan usahanya meniru pipa hijau di Super Mario dari Nintendo, itu bahkan lebih konyol. Saya tanya, apakah pipa hijau yang membuat orang memainkan game ini? Bukan. Hal utama yang disebutkan orang di berbagai ulasan Flappy Bird adalah betapa sulitnya game ini. Sejauh ini video yang paling viral tentang Flappy Bird tidak ada hubungannya dengan pipa. Nintendo bahkan menyangkal komplain secara terang-terangan. Ini semua tentang betapa sulitnya Flappy Bird.
Quote:
2. Tidak mudah meniru Flappy Bird Saat ini, setidaknya ada sepuluh tiruan Flappy Bird di iOS dan Android dan mereka mulai merangkak naik di peringkat app store. Tapi jika Anda seorang gamer seperti saya, Anda akan segera melihat perbedaan dalam segi kualitas. Pertama, grafis game tiruan tersebut tidak sebagus Flappy Bird, ini ironis mengingat bahwa Flappy Bird adalah game retro yang menggunakan piksel. Kedua, review-nya memberi gambaran yang jelas. Setelah ratusan ribu review, Flappy Bird masih mempertahankan rating bintang empat. Itu bukan prestasi yang mudah. Semua game tiruan bahkan tidak dapat mendapat tiga bintang setelah ribuan review. Ketiga dan yang paling penting, game tersebut tidak tampak nyata, dan terbangnya tidak sesulit dan menyiksa seperti di Flappy Bird. Fly Birdie, misalnya, tiruan yang paling mencolok, dengan musik murahan dan burung cokelat jelek, sangat mudah terbang.


Quote:
3. Dong Nguyen disiplin dan mempunyai passion Sekilas, Flappy Bird tampak seperti game bodoh namun menyenangkan yang bisa dibuat siapa pun dan hanya memerlukan sedikit waktu untuk membuatnya. Tapi bukan itu poinnya. Fakta bahwa Dong Nguyen memutuskan bahwa Flappy Bird terpengaruh oleh gravitasi kuat dibanding game sejenis lainnya merupakan keputusan yang bagus. Untuk game seperti Temple Run, desainer game ini memutuskan untuk membuat gamer menikmati waktu sebanyak mungkin. Tujuannya supaya bisa berlari dan melompat lebih baik untuk mendapatkan skor yang lebih besar dari perjalanan yang lebih panjang. Memang, Flappy Bird menginginkan hal yang sama, tapi Dong Nguyen memiliki kedisiplinan untuk berkata, “Tidak, mari membuat ini benar-benar sulit.” Hal ini sangat jelas ketika Anda melihat berapa banyak kemudahan yang dimiliki Temple Run. Game ini membuat Anda mengumpulkan artefak yang berbeda untuk meningkatkan atau membuat gameplay lebih menarik – dan akhirnya merayu Anda untuk membeli di in-app purchase. Tapi Flappy Bird sangat sederhana. Menang atau kalah. Itu saja. Hal ini ternyata menjadi salah satu aspek yang paling viral dari game ini. Jadi, mengatakan bahwa Flappy Bird hanya sebuah keberuntungan adalah tidak tepat. Jangan meremehkan kesederhanaan. Kesederhanaan adalah kecanggihan tertinggi.
Quote:
4. Kesulitan membuat game menjadi indah
Mari kita lihat lebih dalam terkait kesederhanaan dan mengapa ini bekerja. Eric Fries, co-creator dari Xbox, membahas secara mendalam tentang ini pada acara BTIC di Vietnam pada tahun 2012. Ia melihat bahwa konsol game umumnya sangat mirip. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah proliferasi first-person shoothers (FPS). Bandingkan dengan banyak genre game dari Atari dan Nintendo, mulai dari Pong, game platform, teka-teki, hingga Tetris. Maksudnya adalah bahwa konsol game tua tersebut melibatkan kesulitan yang menyebabkan keragaman dan keindahan dalam game. Dengan memberikan kesulitan buatan, desainer game dipaksa untuk mengeksplorasi pilihan lain dan gameplay yang mungkin tercipta. Hal ini memunculkan kreativitas dalam game. Itulah yang telah Flappy Bird lakukan. Jangan meremehkan hal ini.

Mari kita lihat lebih dalam terkait kesederhanaan dan mengapa ini bekerja. Eric Fries, co-creator dari Xbox, membahas secara mendalam tentang ini pada acara BTIC di Vietnam pada tahun 2012. Ia melihat bahwa konsol game umumnya sangat mirip. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah proliferasi first-person shoothers (FPS). Bandingkan dengan banyak genre game dari Atari dan Nintendo, mulai dari Pong, game platform, teka-teki, hingga Tetris. Maksudnya adalah bahwa konsol game tua tersebut melibatkan kesulitan yang menyebabkan keragaman dan keindahan dalam game. Dengan memberikan kesulitan buatan, desainer game dipaksa untuk mengeksplorasi pilihan lain dan gameplay yang mungkin tercipta. Hal ini memunculkan kreativitas dalam game. Itulah yang telah Flappy Bird lakukan. Jangan meremehkan hal ini.

Quote:
5. Ini tentang konten, bukan teknologi
Terlepas dari kesulitan dan kesederhanaan Flappy Bird, penting untuk dicatat di industri mana game ini berada. Membandingkan Flappy Bird dengan Facebook, Apple, dan perusahaan teknologi lainnya adalah tindakan konyol, namun itulah yang dilakukan beberapa media di Vietnam. Pada dasarnya, Flappy Bird adalah game konten. Itu berarti lebih tepat membandingkan Flappy Bird dengan Gangnam Style milik Psy, video yang viral, dan tentu saja Angry Birds dan Clash of Clans. Ya, ada sedikit keberuntungan dalam situasi tersebut. Jelas, dari tweet Nguyen, ia tidak mengharapkan ketenaran dan kekayaan yang diperolehnya. Ia memiliki beberapa teori tentang bagaimana game seharusnya dibuat, dan ia mengeksekusi konsep tersebut dalam semua game nya. Flappy Bird memang menjadi hit, tapi akankah .GEARS dapat menghasilkan lebih banyak game yang akan populer secara global? Itu dipertanyakan. Bahkan Psy, yang memiliki hit terbesar di Youtube, belum mampu mereplikasi keberhasilan itu lagi. Tapi itu bukan berarti ini hanya tentang keberuntungan – ia memiliki disiplin untuk mewujudkannya.
Terlepas dari kesulitan dan kesederhanaan Flappy Bird, penting untuk dicatat di industri mana game ini berada. Membandingkan Flappy Bird dengan Facebook, Apple, dan perusahaan teknologi lainnya adalah tindakan konyol, namun itulah yang dilakukan beberapa media di Vietnam. Pada dasarnya, Flappy Bird adalah game konten. Itu berarti lebih tepat membandingkan Flappy Bird dengan Gangnam Style milik Psy, video yang viral, dan tentu saja Angry Birds dan Clash of Clans. Ya, ada sedikit keberuntungan dalam situasi tersebut. Jelas, dari tweet Nguyen, ia tidak mengharapkan ketenaran dan kekayaan yang diperolehnya. Ia memiliki beberapa teori tentang bagaimana game seharusnya dibuat, dan ia mengeksekusi konsep tersebut dalam semua game nya. Flappy Bird memang menjadi hit, tapi akankah .GEARS dapat menghasilkan lebih banyak game yang akan populer secara global? Itu dipertanyakan. Bahkan Psy, yang memiliki hit terbesar di Youtube, belum mampu mereplikasi keberhasilan itu lagi. Tapi itu bukan berarti ini hanya tentang keberuntungan – ia memiliki disiplin untuk mewujudkannya.
Quote:
6. VC cenderung tidak mendanai game
Karena sifat game yang bergantung pada hit, sulit untuk melihat dan bahkan mendanai perusahaan game. VC yang berbincang dengan saya di Vietnam umumnya lebih waspada untuk mendanai perusahaan game, terutama game indie, karena tidak ada jaminan bahwa game ini akan menjadi besar dan menghasilkan uang. Akan lebih aman untuk mendanai perusahaan e-commerce, logistik, dan produk, yang memiliki model bisnis yang akan berlangsung selama bertahun-tahun. Investor lebih suka mendanai sebuah platform yang dapat menarik pengguna yang memberikan konten atau menyediakan layanan bagi pengguna daripada game yang mungkin populer untuk jangka waktu yang singkat dan kemudian menghilang.

Karena sifat game yang bergantung pada hit, sulit untuk melihat dan bahkan mendanai perusahaan game. VC yang berbincang dengan saya di Vietnam umumnya lebih waspada untuk mendanai perusahaan game, terutama game indie, karena tidak ada jaminan bahwa game ini akan menjadi besar dan menghasilkan uang. Akan lebih aman untuk mendanai perusahaan e-commerce, logistik, dan produk, yang memiliki model bisnis yang akan berlangsung selama bertahun-tahun. Investor lebih suka mendanai sebuah platform yang dapat menarik pengguna yang memberikan konten atau menyediakan layanan bagi pengguna daripada game yang mungkin populer untuk jangka waktu yang singkat dan kemudian menghilang.

Quote:
7. Flappy Bird berhasil bukan karena berasal dari Vietnam
Meskipun saya percaya orang-orang Vietnam memiliki hak untuk bangga terhadap popularitas Flappy Bird, game ini menjadi hit bukan karena pembuatnya adalah orang Vietnam. Dalam banyak hal, Flappy Bird adalah anomali di seluruh dunia, dan hal itu belum tentu karena Vietnam. Dengan kata lain, beberapa orang melihat Flappy Bird sebagai tanda kita bisa percaya kepada Vietnam sebagai sumber pencipta dan desainer game, tapi belum tentu ini berlangsung dalam jangka panjang. Industri game Finlandia telah berkembang karena Rovio dan Supercell, tapi kita baru melihat ini setelah dua studio tersebut secara konsisten merilis game yang kuat. Sebaliknya, Dong Nguyen berhasil dalam keterasingan. Ia adalah satu-satunya developer dan desainer di balik .GEARS. Banyak orang di industri startup dan game di Vietnam tidak tahu tentangnya sampai ia menjadi populer baru-baru ini. Hanya jika kita bisa melihat keberhasilan lain dari Vietnam, maka orang Vietnam boleh merasa percaya diri untuk mengatakan negara mereka secara konsisten dapat menghasilkan game bagus. Sebelum itu terjadi, kepercayaan diri mereka hanyalah sebuah keangkuhan. Jika Anda tidak percaya, katakan pada saya, apa yang diketahui orang Vietnam tentang Flappy Bird selain Dong Nguyen?
Meskipun saya percaya orang-orang Vietnam memiliki hak untuk bangga terhadap popularitas Flappy Bird, game ini menjadi hit bukan karena pembuatnya adalah orang Vietnam. Dalam banyak hal, Flappy Bird adalah anomali di seluruh dunia, dan hal itu belum tentu karena Vietnam. Dengan kata lain, beberapa orang melihat Flappy Bird sebagai tanda kita bisa percaya kepada Vietnam sebagai sumber pencipta dan desainer game, tapi belum tentu ini berlangsung dalam jangka panjang. Industri game Finlandia telah berkembang karena Rovio dan Supercell, tapi kita baru melihat ini setelah dua studio tersebut secara konsisten merilis game yang kuat. Sebaliknya, Dong Nguyen berhasil dalam keterasingan. Ia adalah satu-satunya developer dan desainer di balik .GEARS. Banyak orang di industri startup dan game di Vietnam tidak tahu tentangnya sampai ia menjadi populer baru-baru ini. Hanya jika kita bisa melihat keberhasilan lain dari Vietnam, maka orang Vietnam boleh merasa percaya diri untuk mengatakan negara mereka secara konsisten dapat menghasilkan game bagus. Sebelum itu terjadi, kepercayaan diri mereka hanyalah sebuah keangkuhan. Jika Anda tidak percaya, katakan pada saya, apa yang diketahui orang Vietnam tentang Flappy Bird selain Dong Nguyen?
Quote:
8. .GEARS telah mempelopori sebuah genre baru yang akan menginspirasi ranah game
Jelas, keberhasilan Flappy Bird tidak dapat diabaikan dan komunitas desain game di dunia tidak diragukan lagi sedang mempelajarinya. Keberhasilan Flappy Bird menunjukkan beberapa hal baru tentang game yang tidak diketahui oleh perusahaan developer game besar. Unsur kesederhanaan, kesulitan, grafis retro, kurangnya level permainan, dan viralitasnya semua sedang diteliti dengan seksama dan tidak diragukan lagi kita akan mulai melihat lebih banyak game jenis ini dalam waktu dekat. Ini adalah sebuah genre baru.
Jelas, keberhasilan Flappy Bird tidak dapat diabaikan dan komunitas desain game di dunia tidak diragukan lagi sedang mempelajarinya. Keberhasilan Flappy Bird menunjukkan beberapa hal baru tentang game yang tidak diketahui oleh perusahaan developer game besar. Unsur kesederhanaan, kesulitan, grafis retro, kurangnya level permainan, dan viralitasnya semua sedang diteliti dengan seksama dan tidak diragukan lagi kita akan mulai melihat lebih banyak game jenis ini dalam waktu dekat. Ini adalah sebuah genre baru.
Quote:
9. Ném Đá menunjukkan kecengengan dan kurang dewasa
Di antara pengguna Facebook di Vietnam ada dua argumen tentang topik ini. Di satu sisi, orang-orang yang bangga bahwa Flappy Bird adalah dari Vietnam dan merayakan keberhasilannya yang viral, bahkan membandingkannya dengan Psy atau Justin Bieber. Di sisi lain adalah kelompok yang membenci apa yang telah dicapai Flappy Bird dan berpikir bahwa Dong Nguyen tidak layak mendapatkan kesuksesannya. Secara umum, kelompok kedua sedang melakukan sesuatu yang disebut “ném đá” di Vietnam. Secara harfiah berarti “melemparkan batu” – mengkritik atau mengeluh tentang sesuatu tanpa argumen yang bijaksana. Tetapi intinya adalah ném đá tidak orisinal, benar-benar tidak kreatif, dan kekanak-kanakan. Ném đá memang mudah dilakukan, karena tidak memerlukan pemikiran. Alih-alih menggerutu, kita harus melihat secara dekat mengapa Dong Nguyen berhasil dan mempertimbangkan unsur-unsur yang membuat game ini menjadi hit.
Di antara pengguna Facebook di Vietnam ada dua argumen tentang topik ini. Di satu sisi, orang-orang yang bangga bahwa Flappy Bird adalah dari Vietnam dan merayakan keberhasilannya yang viral, bahkan membandingkannya dengan Psy atau Justin Bieber. Di sisi lain adalah kelompok yang membenci apa yang telah dicapai Flappy Bird dan berpikir bahwa Dong Nguyen tidak layak mendapatkan kesuksesannya. Secara umum, kelompok kedua sedang melakukan sesuatu yang disebut “ném đá” di Vietnam. Secara harfiah berarti “melemparkan batu” – mengkritik atau mengeluh tentang sesuatu tanpa argumen yang bijaksana. Tetapi intinya adalah ném đá tidak orisinal, benar-benar tidak kreatif, dan kekanak-kanakan. Ném đá memang mudah dilakukan, karena tidak memerlukan pemikiran. Alih-alih menggerutu, kita harus melihat secara dekat mengapa Dong Nguyen berhasil dan mempertimbangkan unsur-unsur yang membuat game ini menjadi hit.
Quote:
10. Media Vietnam benar-benar mengabaikan Twitter
Dalam hal ini saya merasa lucu bahwa Twitter adalah platform utama Dong Nguyen untuk berbicara dengan dunia. Ia tidak melakukannya di blog, atau Facebook, atau bahkan di website resmi .GEARS. Ini ironis, karena Twitter tidak begitu populer di Vietnam. Facebook memiliki penetrasi lebih dari 60 persen di Vietnam, sedangkan Twitter kurang dari 20 persen. Namun orang Vietnam yang paling terkenal saat ini menggunakan Twitter. Hal ini benar-benar tidak disebutkan oleh media-media di Vietnam. Apakah kita akan melihat lebih banyak pengguna Twitter di Vietnam?
Dalam hal ini saya merasa lucu bahwa Twitter adalah platform utama Dong Nguyen untuk berbicara dengan dunia. Ia tidak melakukannya di blog, atau Facebook, atau bahkan di website resmi .GEARS. Ini ironis, karena Twitter tidak begitu populer di Vietnam. Facebook memiliki penetrasi lebih dari 60 persen di Vietnam, sedangkan Twitter kurang dari 20 persen. Namun orang Vietnam yang paling terkenal saat ini menggunakan Twitter. Hal ini benar-benar tidak disebutkan oleh media-media di Vietnam. Apakah kita akan melihat lebih banyak pengguna Twitter di Vietnam?
Quote:
KASKUSER YANG BAIK SELALU MEINGGALKAN KOMENG BERMUTU
Quote:
Di Rate 5 Ya Gan 

Diubah oleh blacxruzh 11-04-2014 19:40
0
5.7K
Kutip
44
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan