rheearch085Avatar border
TS
rheearch085
Foto pemuda terseret ombak Pangandaran & Kesalahan umum berenang di pantai
Permisi agan2 dan sista2 sejagad kaskus raya... izinkan ane post trit pertama ane... mudah2an gak repost... (maaf kalo salah kamar)

Spoiler for no repost:


Bermula dari maraknya berita mengenai kejadian naas pengunjung objek wisata pantai yg tenggelam terutama di kampung halaman ane, Pangandaran sampe muncul mitos2 yg udah beredar di jagad kaskus... so, ane melakukan analisa kecil mengenai alasan sering terjadi hal serupa (tentunya diluar masalah takdir)... tanpa banyak basa basi... langsung aja gan... kita bahas satu persatu, ane lengkapi dengan foto2 jepretan ane dan temen2 jepret ane di sini...

Spoiler for berbahaya:


Gan, barangkali bukan cuma di daerah ane aja, kejadian pengunjung wisata yg tenggelam terjadi, tapi setidaknya ini hampir setiap tahun selalu terjadi di Pangandaran... ane jadi heran, kok ada aja ya?... emang sih Takdir udah ada yg menggariskan... tapi katanya Nasib kita yg nentukan... makanya kita yg harus berusaha untuk menghindari musibah...

Dari beberapa kejadian di Pangandaran, ane menyimpulkan beberapa kesalahan umum yang hampir selalu dilakukan oleh pengunjung wisata di Pangandaran. kebetulan rumah ane berada tepat di pinggir pantai barat dimana sering terjadi musibah ini, yaitu area perairan yg memiliki pusaran air berbahaya (dulu di google maps sempat terabadikan pusaran air disekitar boulevard Pangandaran, cm sayang G-maps nya udah update..jd fotonya sulit dicari, barang kali agan2 ada yg punya silahkan ditambahkan). jadi ane udah beberapa kali menyaksikan langsung kejadian serupa, baik yg selamat maupun berujung kematian. berdasarkan pengamatan ane setiap kejadian ataupun pas lagi nyantai menikmati sunset... ane menyimpulkan beberapa hal berikut:

Kesalahan umum yang dilakukan pengunjung wisata Pangandaran:

1. Berenang di area yang berbahaya dan dilarang untuk melakukan aktifitas air (berenang dan sebagainya). area ini biasanya ditandai dengan bendera merah atau plang merah disepanjang pantai, terutama selama hari libur.
banyak pengunjung yang tidak menghiraukan peringatan ini. memang jauh2 ke pangandaran rugi klo ga berenang. tapi berenang lah di area aman, yaitu area dekat gerbang cagar alam.

Spoiler for Dilarang Berenang:


Spoiler for Bendera merah tanda area dilarang berenang:

sori gan, fotonya BW...

2. Berenang dengan pakaian lengkap...(ky mau kondangan aja)... ini kesalahan fatal umum lainnya. jangankan make baju buat ke Mall, make kolor doang udah susah lepas dari arus balik ombak pantai, mungkin karena ga ada persiapan mau berenang, atau niatnya cuma main air tapi kebawa suasana, atau malu pake pakaian renang di tempat ramai, takut aurat kelihatan...maklum lah budaya timur memang masih rada tabu masalah baju minim ky bikini dsb, akhirnya pengunjung sering berenang dengan pakaian lengkap... terutama berbahan jeans... jeans itu sangat kaku dan berat ketika basah, ini tentunya mempersulit upaya menyelamatkan diri ketika terbawa arus/ombak karena kesalahan no. 1 tadi...

Spoiler for Mau berenag apa kondangan?:


Spoiler for Galau, mau berenang apa kondangan:


3. Tidak memperdulikan peringatan BALAWISTA (Penjaga Panta resmi Pangandaran) jumlah penjaga pantai yg terbatas tidak mungkin bisa mengimbangi ribuan bahkan jutaan pengunjung, tidak itu saja, peringatan untuk tidak beraktifitas di area berbahaya seringkali diacuhkan. ketika BALAWISTA memaksa, pengunjung berhenti berenang, tapi ketika BALAWISTA pergi, pengunjung sering sekali kembali berenang didaerah berbahaya. untuk itu, sebaiknya patuhi peringatan BALAWISTA.

Spoiler for BALAWISTA:


Spoiler for ini mereka, BALAWISTA:


Spoiler for Mobil dinas BALAWISTA dan Bendera Merah:


nah ini dia HEAD LINES nya...

Baru aja sore tadi ane lg jalan2 sambil hunting sunset, eh ane kaget ada BALAWISTA lari2... langsung ane zoom... ternyata ada pemuda keseret arus balik...padahal dia cm make boxer doang, apalagi klo make baju kondangan coba... note: ini kejadian nyata, bukan rekayasa atau simulasi penyelamatan, barang kali agan2 ada yg menyaksikan kejadian hari sabtu sore tgl 19-04-2014 di pantai depan Boulevard Pangandaran ini, silahkan memberikan testimoni.

Spoiler for Balawista lari bikin kaget:


Spoiler for oh, ada yg keseret arus:


Spoiler for berusaha mendekat:


Spoiler for Balawista malah ikut kebawa arus:


Spoiler for rekannya turun membantu:


Spoiler for beruntung, akhirnya selamat:


Nah gan, udah tau itu daerah berbahaya, masih aja nekat main air dan berenang di area berbahaya, tu pemuda cuma make boxer udah kewalahan kebawa arus balik, apalagi yg make baju lengkap dan fisik yg seadanya... untung aja pas kejadian kebetulan ada team BALAWISTA sedang patroli. klo ga, semua pengunjung disitu cm bisa bengong menyaksikan kejadian yg bisa saja berujung maut.

Untuk itu ane berpesan, tolong sebarkan dan sampaikan ke saudara, teman dan rekan2 agan klo berlibur ke pantai terutama Pangandaran, berenanglah di tempat yg aman, gunakan pakaian renang dan patuhi peringatan akan keselamatan.

Semoga trit ane ini bisa bermanfaat... dan diberikan emoticon-Blue Guy Cendol (L)sebanyak2nya... jangan emoticon-Blue Guy Bata (L)...tapi emoticon-Rate 5 Star aja (ngarep)

silahkan agan2 yg mau menambahkan, diharapkan komentar yg bermanfaat... bukan cuma pertamax dkk...

Sekian dulu gan... hatur tengkyu terima nuhun...

UPDATE


Kesalahan ke 4. Membiarkan anak bermain di pantai tanpa pengawasan dan atau didampingi. ini sering saya lihat juga. biasanya diakibatkan orang tuanya malas basah2an atau sedang berteduh sambil ngopi2 di warung yg letaknya cukup jauh, sedangkan si anak bersikeras ingin main.

Spoiler for anak bermain air tanpa pengawasan:


Spoiler for ini ane photo dari posisi si ortu, sejauh ini gan, ane foto pake lensa tele di FL 70mm.:


kebayang gan, tiba2 keseret arus tu bocah, ortu nya klo bukan The Flash gak kan sempet dah lari nyelametin tuh bocah2.

Ni gan bukti ombak bisa tiba2 tinggi


Spoiler for tadinya segini:


Spoiler for tiba2 datang ombak jadi segini:


Tambahan dari Agan2...

Spoiler for tambahan agan2:
Diubah oleh rheearch085 09-05-2014 12:24
0
20.7K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan