Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ghonimchanAvatar border
TS
ghonimchan
Mengenal heartbleed bug, ancaman internet terbesar saat ini.
Welcome to my thread gan... ini berita kayaknya hot banget nih hari.. semoga aja gak emoticon-Repost
monggo di baca gan, katanya kaskus kemungkinan juga kena dampaknya Mengenal heartbleed bug, ancaman internet terbesar saat ini.an wew..



Sukatekno.com - Berita tentang bug yang ditemukan pada protocol internet yang bernama Heartbleed beberapa hari ini cukup membuat banyak orang merasa khawatir. Bahkan sejumlah media mengatakan bahwa Heartbleed ini merupakan bencana terbesar sepanjang internet ini berlangsung.

Namun, banyak masyarakat awam yang belum mengerti apa itu Heartbleed. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Heartbleed bug ini adalah salah satu bug yang mengancam OpenSSL, yang merupakan protocol internet yang dikembangkan sedemikian rupa sebagai sistem keamanan pada saat internet beroperasi.

Menurut Mashable Sabtu (12/4/2014), Heartbleed ini merupakan sebuah bug yang terdapat dalam kriptografi OpenSSL. Bug Heartbleed ini dapat membuka celah agar setiap orang di internet mengakses lalu lintas yang berjalan dari server kepada pengguna internet.

Akses yang dibuka oleh bug ini akan memberikan peluang kepada para hacker untuk memperoleh, username, password dan mengakses ke dalam sebuah akun orang lain. Setelah melalui akses yang berhasil ditampilkan, hacker akan dengan mudahnya mencuri informasi pribadi akun media social, rekening pribadi, maupun data penting lainnya.

Menanggapi tingkat keseriusan dari ancaman Heartbleed ini, para pengguna internet dihimbau untuk mengganti data login dari setiap akun yang dimiliki karena beberapa media social seperti Facebook, Googlr, Yahoo! Dan Tumblr juga tersancam serangan Heartbleed ini.

Pemerintah Amerika Serikat juga menanggapi ancaman Heartbleed bug ini dengan cukup serius mengingat Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang kehidupannya hampir seluruhnya terhubung dengan sistem internet.

Seperti yang dikutip pada Reuters, Minggu (13/4/2014), Regulator federal Amerika Serikat telah menyarankan lembaga- lembaga keuangan untuk segera melakukan penambalan celah yang mungkin ada di infrastrukturnya. Selain itu, mereka juga meminta pengujian ulang pada system perusahaan untuk memastikan sistem keamanannya.

Apa yang dilakukan pemerintahan Amerika Serikat ini juga memperingatkan seluruh pengguna internet bahwa ancaman Heartbleed bug ini dapat mengancam siapapun yang menggunakan internet, baik perseorangan maupun lembaga.

Dan yang ini menurut media teknologi Chip.co.id gan..
CHIP.co.id - Situs Kaskus dikabarkan kena dampak Heartbleed Bug, yang sedang menjadi pembicaraan hangat di seluruh dunia saat ini. Untuk Anda yang belum tahu, Heartbleed Bug adalah satu celah keamanan yang memungkinkan penyerang mencuri password pengguna situs internet yang menggunakan OpenSSL.

“Kesalahan coding yang sepele pada proyek open source ini bukan disengaja,” kata salah satu sumber yang dikutip dari Arstechnica.com.

Heatbleed saat ini sedang menjadi perbincangan di kalangan sistem dan web security. Pasalnya, Heartbleed berdampak pada OpenSSL yang merupakan teknologi vital dalam enkripsi data secara online yang banyak digunakan pada berbagai website, e-mail server, dan berbagai aplikasi lainnya.

Kaskus juga diidentifikasi sebagai salah satu website yang rentan terhadap serangan Heartbleed, seperti yang dilaporkan oleh tim keamanan dari Universitas Michigan. Tim ini menggunakan pemindai jaringan opensource yang diberinama Zmap untuk mencari target-target yang dapat menjadi sasaran serangan Heartbleed.

Salah satu pengembang dari software Heartbleed mengatakan bahwa kesalahan yang terjadi karena kesalahan proses coding dan hanya masalah yang sepele, meskipun dampaknya sangat terasa besar.

Salah satu media Australia Sydney Morning Herald berhasil mewawancarai Robin Seggelmann, salah satu pengembang yang memasukkan coding Heartbleed ke dalam OpenSSL. Seggelmann mengatakan, cacat coding ini dapat menampilkan password dari para pengguna dan juga berpotensi menemukan private-key yang digunakan dalam cryptographic certificate sebuah website.

Seggelmann mengatakan, mungkin banyak yang mengasumsikan bahwa bug tersebut dimasukkan dengan sengaja oleh mata-mata atau para hacker. Tapi menurutnya, kasus ini terjadi hanya karena kesalahan pemrograman sederhana.

Menurut Troy Hunt, salah satu pakar keamanan internet, “Heartbleed adalah sebuah bug kecil dan hanya membutuhkan perbaikan sedikit coding, hanya saja untuk memperbaikinya perlu pemrograman ulang ke lebih dari setengah juta website yang rentan." Semoga bermanfaat.

Pembaca yang budiman
jika di rasa bermanfaat ane minta emoticon-Cendol (S) yang ngasih emoticon-Cendol (S) ane doain dapat pahala, jangan di Bata gan maklum newbie pertama ngetriiit neh... emoticon-Ngakak

Spoiler for sumber:
0
4K
43
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan