Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hideman23Avatar border
TS
hideman23
Profil Cak Lontong
Ane coba posting tentang profil Cak Lontong, karena menurut ane dia adalah sosok yang paling cerdas di antara bintang tamu di acara ILK


Indonesia Lawak Klub (ILK) menjadi fenomenal, terutama, karena sosok Cak Lontong. Ia jadi ikon. Tanpa mengecilkan sosok Komeng, Deny, atau pun Fitri Tropicana, semalam, tanpa hadirnya Cak Lontong, ILK terasa ada yang kurang. Itu tanda bahwa ia telah sangat ikonik. Serupa dengan betapa ikoniknya sosok Ariel bagi Peterpan, Soimah bagi Jogja Hip Hop Foundation, Andi F. Noya bagi Kick Andy, atau pun Farhat Abbas bagi dunia celelekan.
Siapa sebenarnya Cak Lontong dan kenapa dia begitu ikonik di ILK?

Sosok Cak Lontong bukanlah orang baru dalam dunia komedi Indonesia. Ia yang bagian dari pelawak tradisional adalah mantan anggota Ludruk Cap Toegoe Pahlawan, Surabaya. Sebelum ILK booming, ia beberapa kali juga tampil di acara stand up comedy, bersama beberapa komedian muda lainnya.
Yang menarik, barangkali ini password dia bisa eksis sampai hari ini dibanding para komedian tradisional lainnya, Cak Lontong sukses memadukan style lawakan tradisional dengan kontemporer ala comic. Ia sangat menghormati kepiawaian lawakan almarhum Mbah Ranto, ayah pelawak Mamiek Prakoso, juga Basyio dan Junaedi.
Ia mengatakan, “Sebetulnya komedian tradisional itu adalah komedian yang cerdas,” kata pria bernama asli Lis Hartono ini. “Mereka mampu melawak di berbagai segmen, mulai rakyat jelata sampai pejabat negara, dari penonton yang dianggap tidak cerdas sampai penonton yang dianggap sangat cerdas.”
Ia juga bisa bersikap kritis dalam basic-nya sebagai pelawak tradisional di hadapan lawakan kontemporer macam comic, yang diwujudkannya dengan menjadikan hal-hal sederhana sebagai bahan lawakan yang mengocok perut, yang ini sangat berbeda dengan karakter comic yang tebal materi. Misal “hanya” tentang Malaysia, geng motor, takut, kopi, gaptek, dll. Pendek kata, Cak Lontong adalah pelawak tradisional yang berlogika cerdas!
Setiap kali menyimak ocehan Cak Lontong, saya mencermati betul kekuatan logikanya dalam bersilogisme. Ya, silogisme. Silogisme merupakan suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif (dari hal umum kepada hal khusus). Silogisme disusun dari dua premis atau proposisi (pernyataan), kemudian darinya ditarik sebuah konklusi (kesimpulan). Apa yang kalian pernah dengar tentang premis mayor dan premis minor, lalu dari keduanya ditariklah sebuah kesimpulan, itulah sederhananya maksud silogisme.
Oke, di sini tentu saja saya tidak akan memberikan materi kuliah tentang silogisme sebagai cabang filsafat logika. Saya hanya ingin membaca Cak Lontong dari sudut pandang silogisme.


Sekian thrit dari ane, kurang lebihnya ane minta maap


Salam Lemper
0
10.3K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan