madi.notoAvatar border
TS
madi.noto
Masa Jabatan Akan Berakhir, Dahlan Akui Banyak Hal yang Harus Kelar
Spoiler for reff:




VIVAnews - Beberapa bulan lagi jabatan jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II akan berakhir. Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengaku banyak hal yang harus diselesaikan. Salah satunya pembangunan infrastruktur.

"Yang mendesak menurut saya itu adalah (jalan) tol di atas laut yang Jakarta-Surabaya," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 18 Maret 2014.

Seperti diketahui, Dahlan pernah menggagas pembangunan jalan tol di atas laut. Nantinya, pembangunan jalan dikerjakan oleh belasan perusahaan pelat merah, mulai dari BUMN konstruksi hingga BUMN perbankan.

Waktu pelaksanaan studi kelayakannya membutuhkan enam bulan. Hasil studi itu akan diserahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Dahlan meminta studi kelayakannya selesai sebelum masa jabatannya sebagai menteri BUMN berakhir.

"Masa jabatan saya akan berakhir. Tapi, studinya sudah (harus) jadilah sebelum saya mengakhiri tugas di Kementerian BUMN," kata dia.

Mantan bos PLN ini berkaca pada keberhasilan pembangunan Jalan Tol Bali Mandara. BUMN konstruksi berhasil membangun jalan tol di atas laut. Kalau bisa dibangun di daerah Pulau Jawa, tentunya bisa mengurangi kemacetan yang ada di Jalur Pantai Utara (Pantura).

"Menurut saya, itu kan sudah merupakan suatu keharusan karena Jalan Pantura seperti itu. Setiap tahun, menghabiskan ratusan miliar rupiah untuk Pantura yang juga tidak selesai-selesai. Masak, mau seumur hidup mau seperti itu, sehingga harus ada jalan pintas, yakni membangun tol di pinggir pantai, Jakarta-Surabaya. Toh, kami sudah punya pengalaman di Bali," kata dia.

Selain itu, yang kedua yakni pembangunan transmisi listrik di Sumatera harus selesai dibangun. Sebelumnya, Dahlan juga mengagas ide pembangunan transmisi listrik untuk mengatasi krisis listrik di Medan. Nantinya, akan ada skema tol listrik kalau transmisi tersebut sudah jadi. Sekadar informasi, ide ini dikritik pengamat karena susah.

Di samping itu pelabuhan pun juga menjadi fokus Dahlan, seperti Pelabuhan Kalibaru, Tanjung Perak, dan Sorong.

"Kami masih ingin melakukan pertemuan dengan Menhut (Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan) bagaimana Pelabuhan Sorong bisa terealisasi, Pelabuhan Belawan, dan Bengkulu kami bangun. Semua kami bangun (pelabuhannya). Padang kami bangun dan Makassar kami bangun. Jadi, jangan ditafsirkan pembangunan infrastruktur darat, sedangkan infrastruktur laut tidak. Semuanya sama," kata dia. (eh)

© VIVA.co.id

Terlepas dari hiruk pikuk pemilu, ane ingin mengucapkan terima kasih pada Pak DI karena dibawah komando beliau BUMN banyak yang mengalami perbaikan, infrastruktur seperti pelabuhan, bandara terus di revitalisasi... Terima kasih Pak DI untuk sumbangsihmu untuk negeri ini emoticon-I Love Indonesia (S)

Ane tambahin beritanya biar banyakan dikit emoticon-Big Grin

Bertemu Dahlan, Menteri BUMN Papua Nugini Bahas Kerja Sama Bisnis

Spoiler for reff:


VIVAnews - Menteri BUMN, Dahlan Iskan, kedatangan Menteri BUMN dan Investasi Papua Nugini, Hon Ben Micah, di Kementerian BUMN, Jakarta, pada Selasa 11 Maret 2014. Mereka berdua membicarakan beberapa hal.

Salah satunya adalah permintaan untuk menindaklanjuti ekspor listrik ke negara tersebut.

"Menteri BUMN Papua Nugini membicarakan kelanjutan kerja sama bisnis," kata Dahlan di kantornya.

Dia menjelaskan, pembangkit listrik di Jayapura, PLTU Holtekamp, memiliki kapasitas 25 MW, sehingga pemerintah akan mengalirkan listrik dengan kabel listrik 20 kilovolt. Pertimbangannya, jarak pembangkit listrik dengan daerah perbatasan Papua dengan Papua Nugini, hanya sejauh 20 kilometer.

Tetapi, ada permintaan dari negara tetangga itu untuk menambahkan pengiriman listrik ke beberapa kota lainnya.

Menurut informasi, kota-kota tersebut adalah Vanimo, Aitape, hingga Wewak. Penambahan ekspor listrik itu membuat daya angkut kabel menjadi bertambah.

"Jadi, minta ditambahkan untuk mengirim listrik ke kota berikutnya. Ada tiga kota, jaraknya 100 km. Kalau 100 km, tidak bisa memakai 20 KV, minimal 70 KV. Kalau pakai 20 KV, akan ada loses di jalan dan tegangannya turun, sehingga tidak terlalu nyala," kata dia.

Dahlan mengatakan, untuk itu akan ada pembicaraan antara PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan pemerintah Papua Nugini. "Itu bagian dari pembangunan 10.000 MW," kata dia.

Pemerintah negara tetangga itu juga membicarakan kerja sama gas. "Dibicarakan apakah ngebor gas di Indonesia atau Papua Nugini. Mengebor dari tanah Indonesia atau Papua Nugini tidak jadi persoalan. Potensinya cukup besar," kata dia.

Pembicaraan lain, menurut Dahlan, tentang kabel serat optik yang dibangun PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Seperti diketahui, Telkom membangun infrastruktur telekomunikasi di seluruh Indonesia.

"Mereka minta kabel Telkom masuk ke Papua Nugini," kata Dahlan.

Menurut Dahlan, jaringan kabel Telkom telah tersambung ke Singapura, Hong Kong, hingga Australia. "Kalau Sulawesi, Maluku, dan Papua Barat sudah terhubung kabel Telkom, mereka minta dihubungkan ke Papua Nugini. Cukup dari tanah Papua kita. Idealnya sampai ke Port Moresby, bisa 1.000 km," kata Dahlan.

Pembicaraan kerja sama telekomunikasi dengan Papua Nugini ini dilakukan oleh Micah dengan Telkom.

"Besok mereka menjajaki. Menyangkut investasi. Kabel tersebut harus tetap dimuati arus. Kadang-kadang kami tidak boleh bicara untung rugi, karena ini pelayanan kepada masyarakat dan dalam hal ini negara harus turun tangan," kata dia.

Yang terakhir tentang penerbangan Papua Nugini-Indonesia. Dahlan mengatakan, negara tersebut membuat rute penerbangan Denpasar-Papua Nugini dengan frekuensi sepekan sekali.

"Tiap pekan penuh sekali. Perusahaan penerbangannya untung dan mau tambah dua kali penerbangan," kata dia.

Dahlan menyebut maskapai tersebut adalah Air Nugini. "Meskipun tetangga dekat, orang Papua Nugini ke Indonesia, harus terbang ke Singapura dulu," ujarnya.

© VIVA.co.id

Baru tau ane kalau Indonesia ekspor listrik ke Papua Nugini emoticon-Big Grin
Diubah oleh madi.noto 12-04-2014 10:28
0
2.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan