- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Alasan Tarif Pesawat Berubah-ubah >>Bongkar Rahasia 3 Maskapai Swasta
TS
just.a.minute
Alasan Tarif Pesawat Berubah-ubah >>Bongkar Rahasia 3 Maskapai Swasta
Sebelumnya ane ucapkan terimakasih pada agan sekalian yang sudah berkunjung ke thread newbie ini
Quote:
Harga tiket pesawat suatu rute perjalanan biasanya sama pada tanggal biasa dan bukan hari besar. Tapi di saat hari besar tiba, harga pun mulai mengalami perubahan-perubahan yang terkadang sangat mengejutkan Harga bukan lagi berbeda tetapi sudah berlipat-lipat angkanya :
Apa sebenarnya yang terjadi gan? Gini gan, kronologinya
Saat penumpang sepi atau belum ada yang memesan tiket, harga akan berada di level termurah atau yang sering kita tahu sebagai promo
Harga ini sangat jarang sekali muncul gan, apalagi bila telah mendekati hari besar nasional. Sebaliknya yang sering muncul adalah harga tinggi atau tertinggi
Pada suatu rute perjalanan itu terdapat beberapa flight dan beberapa interval kelas harga.
Coba agan bandingkan harga ini dengan harga pada potret1. Itulah selisih harga tiap kelas yang terjadi dalam suatu rute.
Apa sebenarnya yang terjadi gan? Gini gan, kronologinya
Saat penumpang sepi atau belum ada yang memesan tiket, harga akan berada di level termurah atau yang sering kita tahu sebagai promo
Spoiler for potret1:
Harga ini sangat jarang sekali muncul gan, apalagi bila telah mendekati hari besar nasional. Sebaliknya yang sering muncul adalah harga tinggi atau tertinggi
Spoiler for potret2:
Pada suatu rute perjalanan itu terdapat beberapa flight dan beberapa interval kelas harga.
Spoiler for potret3:
Coba agan bandingkan harga ini dengan harga pada potret1. Itulah selisih harga tiap kelas yang terjadi dalam suatu rute.
Quote:
Ini disebut sebagai strategi harga dalam bisnis airplane gan.
Potret perbedaan harga pada Batavia air
Potret perbedaan harga pada Sriwijaya air
Setiap tiketing secara prosedural dan wajar akan memberikan harga yang termurah yang ada pada saat itu kepada calon penumpangnya.
Note: Klo agan jeli, disana ada total harga dan NTA. Total harga adalah jumlah yang harus dibayar oleh calon penumpang, sedangkan NTA adalah net agent atau harga setor agen kepada maskapai
Potret perbedaan harga pada Batavia air
Spoiler for potret4:
Potret perbedaan harga pada Sriwijaya air
Spoiler for potret5:
Setiap tiketing secara prosedural dan wajar akan memberikan harga yang termurah yang ada pada saat itu kepada calon penumpangnya.
Note: Klo agan jeli, disana ada total harga dan NTA. Total harga adalah jumlah yang harus dibayar oleh calon penumpang, sedangkan NTA adalah net agent atau harga setor agen kepada maskapai
Quote:
Bagaimana dengan perubahan jadwal terbang atau diistilahkan sebagai re-issued? Calon penumpang akan dibebankan biaya administrasi yang berbeda tiap maskapainya gan, kurang lebih ada di kisaran IDR 50,000. Tapi bukan itu yang membuat harga re-issued tiket menjadi tinggi, yang terjadi adalah upgrade kelas, yaitu kenaikan segmen kelas harga. Jadi sangat tergantung pada segmen kelas apa yang ada pada rute dan jadwal si calon penumpang inginkan.
Misalnya: rute awal pada kelas X IDR 500,000. Lalu calon penumpang ingin reschedule pada tanggal lain yang kebetulan saat itu ada di kelas Y IDR 1,730,000, maka jumlah yang harus dibayar calon penumpang adalah 1,730,000 - 500,000=1,230,000+50,000(adm)=1,280,000 adalah total yang harus dipenuhi ini adalah penghitungan cukup ekstrim, karena contoh yang diberikan ini dari kelas X promo termurah, tiba-tiba harus upgrade ke Y kelas ekonomi tertinggi
Selain upgrade kelas, agan juga harus memperhatikan waktu terbang dan waktu agan reissued tiket. Semakin dekat reissued dengan waktu keberangkatan yang telah agan jadwalkan semula maka harga tiket akan semakin menyusut. Misalnya reissued tiket 24 jam sebelum waktu keberangkatan, tiket akan dikenakan potongan biaya lebih dari 75%. 48 jam sebelum waktu keberangkatan 50%, begitu seterusnya dan tergantung dari term and conditions tiap-tiap maskapai.
Penghitungannya jadi seperti ini. Misalnya reissued atau reschedule tiket diajukan 48 jam sebelum waktu semula. Harga tiket awal 500.000. Harga tiket berikutnya 1.730.000, maka penghitungannya menjadi seperti ini:
Harga awal 500.000 potongan 50% jadi 250.000. Harga baru yang tersedia 1.730.000 - 250.000 = 1.480.000 + 50.000 = 1.530.000 total yang harus dibayarkan
Misalnya: rute awal pada kelas X IDR 500,000. Lalu calon penumpang ingin reschedule pada tanggal lain yang kebetulan saat itu ada di kelas Y IDR 1,730,000, maka jumlah yang harus dibayar calon penumpang adalah 1,730,000 - 500,000=1,230,000+50,000(adm)=1,280,000 adalah total yang harus dipenuhi ini adalah penghitungan cukup ekstrim, karena contoh yang diberikan ini dari kelas X promo termurah, tiba-tiba harus upgrade ke Y kelas ekonomi tertinggi
Selain upgrade kelas, agan juga harus memperhatikan waktu terbang dan waktu agan reissued tiket. Semakin dekat reissued dengan waktu keberangkatan yang telah agan jadwalkan semula maka harga tiket akan semakin menyusut. Misalnya reissued tiket 24 jam sebelum waktu keberangkatan, tiket akan dikenakan potongan biaya lebih dari 75%. 48 jam sebelum waktu keberangkatan 50%, begitu seterusnya dan tergantung dari term and conditions tiap-tiap maskapai.
Penghitungannya jadi seperti ini. Misalnya reissued atau reschedule tiket diajukan 48 jam sebelum waktu semula. Harga tiket awal 500.000. Harga tiket berikutnya 1.730.000, maka penghitungannya menjadi seperti ini:
Harga awal 500.000 potongan 50% jadi 250.000. Harga baru yang tersedia 1.730.000 - 250.000 = 1.480.000 + 50.000 = 1.530.000 total yang harus dibayarkan
Quote:
Untuk agan yang sering bepergian dengan maskapai tersebut pasti pernah mengetahui layanan tiap maskapai itu seperti apa.
Dari segi snack dan minum di kelas ekonomi, Lion adalah maskapai yang tidak pernah memberikan snack ataupun minuman walau hanya air mineral
Sriwijaya dan Batavia adalah maskapai yang sering memberikan snack atau minuman.
Tapi lion air memiliki keunggulan dari sisi armada pesawat yang masih baru, sementara 2 rivalnya ini tidak. Jadi, masing-masing perusahaan maskapai ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Pesawat keluaran terbaru boeing 737-900ER armada Lion air
Pesawat andalan Sriwijaya air boeing 737-500
Armada andalan Batavia air adalah airbus A330-200
Perlu diketahui bahwa saat ini Batavia tidak lagi melayani penerbangan untuk rute Jakarta-Medan. Hal ini sudah dapat diduga adalah dampak dari kedigdayaan Lion air yang mengoperasikan armadanya untuk Jkt-Mdn sebanyak 20 kali per hari
Batavia Air sejak setahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 31 Januari 2013, secara resmi sudah tidak lagi beroperasi. RIP for Batavia Air
Dari segi snack dan minum di kelas ekonomi, Lion adalah maskapai yang tidak pernah memberikan snack ataupun minuman walau hanya air mineral
Sriwijaya dan Batavia adalah maskapai yang sering memberikan snack atau minuman.
Tapi lion air memiliki keunggulan dari sisi armada pesawat yang masih baru, sementara 2 rivalnya ini tidak. Jadi, masing-masing perusahaan maskapai ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Pesawat keluaran terbaru boeing 737-900ER armada Lion air
Spoiler for potret6:
Pesawat andalan Sriwijaya air boeing 737-500
Spoiler for potret7:
Armada andalan Batavia air adalah airbus A330-200
Spoiler for potret8:
Perlu diketahui bahwa saat ini Batavia tidak lagi melayani penerbangan untuk rute Jakarta-Medan. Hal ini sudah dapat diduga adalah dampak dari kedigdayaan Lion air yang mengoperasikan armadanya untuk Jkt-Mdn sebanyak 20 kali per hari
Quote:
Update
Batavia Air sejak setahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 31 Januari 2013, secara resmi sudah tidak lagi beroperasi. RIP for Batavia Air
Quote:
Klo memang agan rasa thread ane informatif boleh deh kirim es cendolnya
TS berharap agan berkenan untuk komeng dan rate 5
Thank You gan
TS berharap agan berkenan untuk komeng dan rate 5
Thank You gan
Diubah oleh just.a.minute 26-03-2014 04:56
0
10.2K
Kutip
68
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan