GantiJakartaAvatar border
TS
GantiJakarta
10 Taman Indah yang Mengubah Wajah Jakarta
Permisi agan sista mimin momod sekaliannye. Setelah komunitas nubitol GantiJakarta sakses ngehotcrit di trit "10 Hal yang Sedang Berubah di Jakarta",
Spoiler for boing...:


maka kali ini kite dimari minta izinnye lagi alias kulunuwun alias puntenan, untuk ngepos Seri 10 Taman Indah yang Mengubah Wajah Jakarta. Dari dulunye kota kite gersang, sekarang mulai banyak ijo-ijonye Gan...

Sebelumnye, boleh kunjungi dan follow kite di mari:
Spoiler for Jeng jengg...:


Kite mulai aje ye...

1. Vertical Garden Tugu Tani
Spoiler for Eng ing eng...:

Sebelumnya, Taman Tugu Tani adalah salah satu titik kemacetan di Jakarta. Taman ini hanya berbentuk bundaran di pertigaan Tugu Tani, ditanami rumput seadanya dan sedikit tanaman hias. Kios-kios percetakan di sekitarnya membuat suasana semakin sumpek dan terlihat tidak terawat. orang-orang yang berjalan di sekitarnya terpaksa harus menahan panas di siang hari.

Kini, bagian pinggir jalanan di Tugu Tani sudah dibangun vertical garden yang meneduhi trotoar sehingga menghilangkan kesan kumuh dan ikut melindungi pejalan kaki dari teriknya matahari. Info lebih lengkap di mari

Lokasi: Tugu Tani

2. Taman Mataram

Spoiler for Tararatak dung ces!:

Daerah ini awalnya adalah SPBU yang kemudian dibongkar. Namun lahannya kemudian terlunta-lunta sehingga terlihat berantakan dan tak terurus. Karena itu sejak 18 September 2013, sebanyak 15 tenaga kerja dari Pemalang dan Pekalongan, Jawa Tengah membenahi taman ini dengan proses tiga tahap. Bukan hanya menanam pohon dan rumput, namun taman ini diberi fasilitas paving block yang bisa digunakan untuk olahraga lari di pagi hari. Info lebih lengkap di mari

Lokasi: Bagian Barat Jalan Mataram 1, Kebayoran Baru

3. Taman Semanggi
Spoiler for Suit suit...:

Sebelumnya, bagian kolong Jembatan Semanggi gersang, terpolusi, dan temaram. Tempat ini menakutkan bagi siapa saja yang melewatinya malam hari. Namun kini pejalan kaki diberikan trotoar yang lebih layak dengan warna merah menyala. Di bagian dalam taman yang dulunya hanya ditanami rumput dan pohon sekarang dihiasi berbagai jenis bunga dan lampu taman.
Menurut pihak Toyota Indonesia, perusahaan yang digandeng untuk pembenahan dan perawatan taman selama 3 tahun, Taman Semanggi akan ditanami 14.700 tumbuhan tropis, seperti palem dan kamboja. Nantinya, taman ini diharapkan tidak hanya mempercantik Jakarta, tapi juga untuk menyerap polusi udara di sekitarnya. Info lebih lengkap di mari.

Lokasi: Di bawah Jembatan Semanggi

4. Taman Anak Sepat

Spoiler for Uhuyyyy..:

Perubahan wajah kota bukan hanya monopoli orang dewasa, anak-anak pun mendapat tempat bermain yang layak di Taman Layak Anak Sepat, Jagakarsa. Di sini mereka bebas bermain, berlari, dan beraktivitas. Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan akan membuat konsep taman layak anak di berbagai tempat di Jakarta.

Taman sepat Jagakarsa akan dijadikan percontohan Taman Layak Anak, karena kondisinya sudah dianggap layak dan aman bagi anak. Info lebih lengkap di mari

Lokasi: Jalan Sepat 1, Jagakarsa, dekat Pasar Minggu

5.Taman Aheme BKT
Spoiler for Plok plok plok... :

Sebelumnya Kanal Banjir Timur dipenuhi dengan enceng gondok dan sampah. Bagian bantarannya disalahgunakan menjadi tempat berdagang sehingga terlihat kumuh. Namun mulai Desember 2012, Taman Aheme Kanal Banjir Timur menghiasi bagian bantaran. Taman ini memiliki ciri khas tumpukan ban ukuran besar di atas pasir putih yang menjadi sarana bermain bagi anak-anak. Selain taman, pinggiran Kanal Banjir Timur juga dibangun fasilitas khusus pesepeda. Info lebih lengkap di mari


Lokasi: Pinggiran BKT

6. Taman Jalan Layang Cassablanca
Spoiler for wes ewes ewesss...:

Sebelumnya Jalan Layang Non Tol ini dihujat karena dianggap merusak pemandangan serta merusak pepohonan di sekitar Cassablanca hingga KH Mas Mansyur. Bahkan area ini sering disalahgunakan menjadi tempat parkir yang akhirnya memperparah kemacetan.

Namun kini bagian bawahnya penuh dengan bunga-bunga cantik dan hijau. Info lebih lengkap di mari

Lokasi: Kampung Melayu hingga Tanah Abang

7. Taman Ramah Anak Salam
Spoiler for Hip hip....:

Taman yang mulai dibangun pada Oktober 2013 dan diresmikan Januari 2014 itu didirikan di lahan bekas kebun, di belakang pemukiman warga. Taman ini dipenuhi berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak, mulai dari lapangan basket, ayunan, kursi taman yang indah, hingga jungkat jungkit. Info lebih lengkap di mari

Lokasi: Jatipadang, dekat pasar Minggu

8. Taman Hutan Kota Penjaringan

Spoiler for dung tek.. dung dung tek... dung..:


Taman hutan kota itu dibangun di lahan seluas 13,6 hektare yang berlokasi di Kampung Kebon Pisang, Pejagalan, Penjaringan. Jika ditarik garis tegak lurus, taman ini memiliki garis terpanjang mencapai dari 1,8 kilometer dan garis terlebar sekitar 150 meter. Luasnya mencakup 13,6 hektare; hampir empat kali lipat dari Taman Menteng, delapan kali lipat Taman Suropati, atau delapan belas kali lipat Taman Ayodya.

Awalnya taman ini cukup menarik, namun karena kurang terawat, akhirnya muncul sampah dan jumlah pohon yang tumbuh juga kurang banyak.

Mulai 2013, beberapa bangku dan trotoar untuk berekreasi para keluarga ditambahkan. Akses masuknya yang sebelumnya ditutupi perumahan kumuh dibuka. Sehingga taman ini juga menjalankan fungsi sebagai daerah resapan air dan ruang bagi aktifitas warga umum, dan juga sebagai wadah sosial masyarakat. Tanamannya juga diperbanyak, termasuk anggur laut.

Info lebih lengkap di mari

9. Taman Tanah Abang
Spoiler for Nguing nguing nguing....:

Siapa bilang di Tanah Abang Cuma ada penggusuran tanpa solusi mencegah PKL turun kembali ke jalan? Di tempat bekas para pedagang kaki lima yang kini telah pindah ke Blok G, kini ada taman kecil sepanjang 100 meter. Tamannya ga kira-kira, pucuk merah yang terkenal lumayan cape juga kalau dicari di sekeliling Jakarta. Info lebih lengkap di mari.

Lokasi: Pinggiran Trotoar Tanah Abang

10. Taman Waduk Ria Rio
Spoiler for Ajegileeee:

Selain sebagai tempat menyimpan air, ternyata di tepian Waduk Ria Rio juga ada taman yang dihiasi dengan berbagai tanaman hias elegan dan mahal, mulai dari anggrek hingga pohon baobab asli dari Afrika.

Selain bangku taman yang nyaman dan ampitheater yang memungkinkan warga membuat berbagai pertunjukan, Waduk Ria Rio juga memiliki fasilitas wifi gratis (password: pulomasjaya)

Info lebih lengkap di mari

Lokasi: Waduk Ria Rio

Sekian persembahan GantiJakarta: "10 Taman yang Mengubah Wajah Jakarta". Semoga kite bisa mangpaatin dan jaga baik-baik. Kan sayang ude dibikinin bagus-bagus sama pemprov DKI eh malah dicabut-cabutin atau dicorat-coret. Padahal tamannye dibikin buat kite-kite juga.

Apa itu GantiJakarta?
Spoiler for Klik dong gaaan..:


Kalau agan berkenan dengan posting dari nubitol ini, harap ga segan-segan kasih kite
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Sukur-sukur momod dan mimin yang ganteng dan cantik mau kasih kite yang nubitol ini:
emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Malu
Supaya kite semua bantu promosiin ibukota Indonesia tercintah
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
(malu dong... Ibukota kite dikata-katain jelek mulu. Giliran ke KL atau Singapore aja ribut muji muji..)

Atau minimal berilah trit ini :
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

etapi misalkan kite ade salah-salah kate atau ripos, haraplah jangan ditimpuk

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

Karena sesungguhnya kite masih nubitol belon tau cara bikin trit yang bener.

BONUS PEKIWAN
Sumbangan dari sistah laperbanget


Spoiler for klik di mari:

BUAT YANG NANYA TAMAN LANGSAT, RELAWAN UDE TURUN BERSIHIN YE.. CEK AJE DI TWITTER
Spoiler for Cap cyuss:

Diubah oleh GantiJakarta 12-03-2014 13:02
0
13.1K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan