Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ophientyAvatar border
TS
ophienty
The Beauty of Saronde.. (*>_<)8.. (BW Killer)
Hulolo Habari Kaskus ?
(Apa Kabar Kaskuser)
emoticon-2 Jempol

Kali ini agan Ophienty pengen sedikit ngasih resume indah perjalanan hidup di tanah perantauan Sulawesi. Siapa bilang kita harus jauh jauh pergi ke negeri seberang untuk menikmati keindahan alam. Negeri kita adalah negeri seribu satu mutu manikam.

Pulau saronde, termasuk dalam wilayah Provinsi Gorontalo. Berjarak sekitar satu jam perjalanan darat dari Kota Gorontalo, dilanjutkan setengah jam perjalanan laut (bisa pake katingting alias prahu nelayan, bisa juga pake kapal yang agak besar).

Berdasarkan pengalaman ane, ndak mahal pergi kesana dari kota gorontalo (ndak menghitung tiket yah.. ya mahal kalo agan dari jakarta..emoticon-Cape d... (S).. tapi lebih murah kok dari ke negeri seberang). Paling agan cuma butuh charter mobil (nggak sampe 350 ribu sehari) plus charter kapal (nggak sampe 200 ribu sekapal muat sepuluhan orang lebih). Ya paling karena masih termasuk jauh dari mana mana, mungkin agan agan harus nyediain konsumsi. Paling afdol berangkat jam 6 pagi. Bagus sih kalo mau liat sunrise, sayangnya yang bawa kapal jarang mau nganter pagi..emoticon-Ngakak (S).. kalo pulang maksimal jam 5 sore.. kecuali agan termasuk yang demen adu nyali.. ombaknya lumayan.. tapi jangan khawatir.. tukang bawa perahunya propesional kok..emoticon-Malu (S)

Yups.. nggak pake lama.. agan ophienty bakal sedikit uplod keindahan alam pulau tersebut.. maap gambar nggak terlalu bagus soalnya pake kamera N8 biasa.. emoticon-Malu (S).. maklum dah om om duit mending buat istri daripada beli kamera.

Keindahan Garis Pantai Sisi Pulau
disini agan bisa menikmati keindahan garis pantai nan panjang, putih dan pastinya cucok abis buat berenang








Keindahan Pulau dari Sisi Belakang (Jagged Rock)
di sini agan bisa olahraga sedikit muter pulau. Batu batuan vulkanik yang keluar dari tanah sejak peristiwa gempa di pulau saronde.emoticon-Bingung (S)..






Sebenernya masih banyak lagi foto keindahan pulau ini.. tapi berhubung bini request jangan diuplot yang ada momen bedua, sementara ini ajah ya gan..

Need Help !
Pulau ini dalam wacana terakhir akan diinvestasikan sebagai resor bagi orang LN (isunya WNA Jepang).. Mari kita awasi bersama agar aset ini tidak dijadikan aset pribadi. Bagi agan agan yang berkunjung kesana, tolong jangan buang sampah sembarangan yah.. berhubung mulai banyak bungkus bungkus sampah di pantai. Habitatnya masih alami loh pulau ini. Kalo agan lagi beruntung, bisa berangkat didampingi lumba-lumba, trus pas melabuh pagi ketemu rombongan bintang laut.. airnya beniiing banget kelihatan dasarnya..
emoticon-Matabelo


Update
Untuk membantu agan agan, sedikit gambaran tetang Saronde, ane copas dari situs http://www.indonesia.travel/id/desti...pulau-saronde.

Gambaran Umum
Indonesia memiliki banyak pulau-pulau kecil menawan yang belum banyak dikenal tetapi menyimpan keindahan menakjubkan. Salah satunya yang dapat Anda kunjungi adalah Pulau Saronde yang terletak di di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Lokasinya sekitar 65 km dari pusat Kota Gorontalo.

Pulau Saronde merupakan pulau kecil dengan luas keliling kurang lebih 1km. Pantai ini memiliki pesisir pasir putih terhampar mengelilinginya dengan batu karang indah menemani pemandangan pulau yang memesona.

Jika Anda berjalan dari selatan ke utara maka akan menemukan pemandangan yang berbeda. Hamparan pasir lembut yang membenamkan kaki Anda hingga batu karang dan air laut yang jernih memanjakan mata.

Pulau ini merupakan permata wisata yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo. Keistimewaannya adalah taman laut di bawahnya begitu indah dengan beragam terumbu karang hingga kedalaman maksimal 150 cm, menjadikan pulau perairan di pulau ini cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling.

Ketika berkeliling, Anda bisa menyaksikan gugusan pulau lain di sekitarnya. Salah satu yang banyak dikunjungi adalah Pulau Lampu yang hanya berjarak 45 menit dari Pulau Saronde. Pulau ini tentunya juga menawarkan pemadangan yang elok dan memanjakan mata dan pikiran Anda.

Pulau Saronde merupakan gugusan dari Pulau Ponelo di Desa Ponelo, Kecamatan Kwandang, tidak jauh dari dermaga Pelabuhan Kwandang. Pada tahun 1990-an, dimasa pemerintahan Bupati Gorontalo, Marthen Liputo, pulau ini mengalami masa kejayaanya dengan tersedianya banyak cottage namun sayang potensi keindahan pulau ini sempat tidak terurus. Kini, dengan Dinas pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara mulai melakukan pembenahan di berbagai bidang, mulai dari sarana pendukung akomodasi wisatawan sampai moda angkutan untuk memudahkan wistawan mengakses lokasi pulau nan indah ini.

Transportasi
Pulau Saronde terletak di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, sekitar 65 km dari pusat kota Gorontalo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Untuk menempuh perjalanan dari pusat Kota Gorontalo hingga ke dermaga Kwandang sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan angkutan umum maka ambillah angkutan umum rute Gorontalo-Kwandang dengan biaya sekitar Rp15.000,00 per orang. Jarak tempuh dari dermaga ke Pulau Saronde sekitar 60 menit dengan menggunakan jasa angkutan penduduk setempat atau disebut katinting.

Di dermaga kwandang telah tersedia taxi wisata ke Pulau Saronde dengan tarifnya Rp10.000 per orang.

Akomodasi

Pulau Saronde menyediakan beberapa cottage yang disewakan dengan harga berkisar Rp150.000,00 per malam. Anda dapat memanfaatkan tenda untuk berkemah jika ingin bermalam di pulau ini.


Akan tetapi, jika ingin menemukan fasilitas lebih memadai maka bisa pergi ke seputaran Kota Kwandang yaitu Ibu kota Kabupaten Gorontalo Utara.


Ini gambaran transportasi ane pas ke pulau
Perjalanan Darat


Perjalanan Laut

Diubah oleh ophienty 06-03-2014 23:45
0
7.3K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan