- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Tips Supaya Jangan Cepat Tertipu Iklan (Jadilah Konsumen Cerdas!)


TS
arrinknight
Tips Supaya Jangan Cepat Tertipu Iklan (Jadilah Konsumen Cerdas!)


-Jangan Lupa-
:rate 5 dan
SHARE dan KOMENG
-Tolong Jangan-

-Kalau tidak suka komeng saja, jangan merah-
:rate 5 dan

SHARE dan KOMENG
-Tolong Jangan-

-Kalau tidak suka komeng saja, jangan merah-
Spoiler for no repsong ya:

Pertama-tama TS mengucapkan terima kasih atas kedatangan agan dan aganwati semua. TS memperingatkan bahwa thread ini mengandung banyak GAMBAR. Dan jika gambar tsb tidak terbuka secara otomatis, maka TS harapkan agan sekalian mengganti browser dari Chrome ke browser lain. Untuk melihat semua spoiler, tekan SHIFT + X.
Langsung aja, TS membuat thread ini karena TS merasa pasti masih banyak orang yang cepat tergiur dan cepat tertipu dan bahkan langsung membeli produk atau jasa yang ada dalam iklan tersebut (padahal pasti belum bikin perbandingan, ehhh udah langsung beli aja, butuh juga belum tentu, cuma karena tergiur aja penawarannya)

Quote:
Nah, langsung aja gan, TS berikan tips untuk melihat iklan dengan JELI dan LIHAI supaya nanti-nanti agan bisa membaca iklan tersebut dengan seksama dan tidak mudah cepat-cepat tergiur. Langsung aja spoil gan! 
#Produk Anti-Penuaan (Anti Aging)

dari liputan6.com: Banyaknya iklan, produk, serta klinik kecantikan yang mengatasnamakan preventive medicine cukup membuat tak sedikit masyarakat yang tertipu dan terbujuk `rayuan` produk-produk tersebut.
Tips:sebenarnya penulisan anti penuaan itu hanyalah akal dari marketing si produk tersebut, karena tidak ada orang yang bisa menghambat penuaan (adanya keriput misalnya). Cara baca anti-aging yang benar adalah: preventive medicine atau krim yang mencegah proses penuaan lebih awal. Bukan anti atau tidak menua sama sekali.
#Operator Telekomunikasi (SMS, Telepon atau Paket Telekomunikasi)

dari blog atahira: Kartu GSM dari operator apa yang agan pakai saat ini? Te**omsel? In**sat? X*? atau yang lain? Contohnya pada kartu nelpon murah Rp 20, SMS gratis tanpa syarat, dan sebagainya.
Tips:Ujungnya pasti S&K atau SYARAT DAN KETENTUAN dengan ukuran font 3 (alias kecil kebangetan). Dan jangan lupa dengan batas waktunya (contoh antara jam 00.00 sampai 07.00), sama seperti SMS, harus kirim berapa dulu baru gratisnya jalan.
#Provider Internet (ISP)

dari minipici.com: Saat ini banyak provider yang menawarkan layanan paket data internet dengan iming-iming kecepatan up to 7.2 Mbps. Wow, cepat sekali bisa mencapai kecepatan sperti itu. Hmm, apa memang benar demikian?
Tips:Tolong baca bagian 'Up to' atau bahasa Indonesianya 'sampai dengan'. Dan bedakan B dengan b, karena B=Byte dan b=bit. 1 byte=8 bit dan 1 bit=0.125 byte. Hitung ulang kecepatan sebenarnya, lihat dari iklan yang ditawarkan. Kecepatan sebenarnya utk download adalah 1/8 X kecepatan iklan, dan upload 1/16 X kecepatan iklan.
#Krim Kecantikan

dari obatsuntikputih.com: Banyak kaum hawa yang memilih cantik sesaat saja serta tidak memikirkan efek jangka panjangnya. Bukan wanita saja yang menginginkan wajah putih bersih mengkilap namun kaum pria juga. Banyak iklan krim yang menawarkan putih bersih dengan cepat dalam hitungan hari bahkan jam. Iklan juga kebanyakan menggunakan wanita yang wajahnya putih bersih.
Tips:Ketahuilah kondisi kulit agan masing-masing. Tidak semua orang dalam 7 hari misalnya bisa langsung nampak hasilnya (contoh: dalam 7 hari langsung putih cemerlang, ini akal marketing saja). Ada juga yang malah kulitnya sensitif atau bahkan alergi, namun tidak tahu dan langsung pakai krim tsb. Sebaiknya beli krim yang bertuliskan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Dan lagi, iklan wanita yang wajahnya putih bersih mengkilap, yakinlah kalau itu EDITAN/PHOTOSOP.
#Kosmetik (Make Up, dsb)

dari dreamersradio: Wanita yang ingin tampil cantik akan merias wajahnya dengan make up sehingga terlihat lebih cantik. Iklannya kebanyakan menghasut, seperti wanita setelah make up dengan produk A, cantik kebangetan (menor juga kadang), bahkan ditulis tanpa bahan pengawet atau tidak menimbulkan alergi.
Tips:Ketahuilah kondisi kulit agan masing-masing. Bisa saja alergi karena make up yang tulisannya 'tidak menimbulkan alergi' atau jangan langsung percaya dengan 'tanpa pengawet', tidak mungkin bisa bertahan bertahun-tahun tanpa pengawet. Sebaiknya beli kosmetik yang bertuliskan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Hati-hati dengan kandungan logam dalam kosmetik juga.
#Iklan Produk/Jasa Dengan Hasil Survei

dari youtube: Iklan Vas*****, 9 dari 10 orang memilih kami. Atau iklan produk susu, 8 dari 10 ibu di indonesia memilih susu kami. Produk kami produk nomor 1 paling laku di Indonesia, di dunia, di seluruh negara.
Tips: Survei dari mana? Survei bikin sendiri mungkin iya 8 dari 10. Dan kalau semua produk menggunakan embel-embel 'Nomor 1 di....', nomor 2-nya siapa? lalu tahu dari mana kalau produk tsb adalah nomor 1 di dunia, Indonesia, atau negara tertentu?
#Rokok

#Produk Susu

dari grup yahoo: Entah sejak kapan fenomena ini muncul, para ibu tidak lagi percaya diri utk menyusui bayinya, mereka lebih percaya bahwa susu yg mahal akan membuat anak mereka pintar dan sehat karena kandungan gizi yg lengkap. Padahal iklan itu hanyalah skenario yg dibuat oleh kru yg cerdas utk menjual produk mereka, yg mahalnya minta ampun.
Dan susu lain, bagaimana produk susu olahan bisa mencegah osteoporosis?
Tips: Mereka memilih anak yg berkualitas melalui sebuah casting, bukan memakai anak yg memang diberikan susu produksi mereka sejak lahir. Padahal ASI lebih alami, sedot langsung pula tanpa botol plastik, dan gizinya lebih banyak, tanpa pengawet juga bahan kimia yg akan memutasi sel otak anak baru lahir. Utk susu tulang, hanya menghambat, bukan mencegah, karena enzim pencerna susu sudah tidak kita miliki lagi sejak usia kita 2 tahun.
#Pemilu, Capres-Caleg-Partai

dari tribunnews: Popularitas yang hanya dilandasi oleh iklan maupun survei bukanlah satu indikator bahwa pemimpin yang paling populer adalah pemimpin yang bisa memberikan kontribusi terbaik dalam pemikiran dan tindakan.
Tips:Jangan pernah percaya 'saya janji', itu hanyalah kata kiasan dari 'saya berusaha'. Apalagi sekarang media makin tidak netral karena dimiliki calon tertentu dan akhirnya saling menjatuhkan calon lain dengan media yg mereka punya. Atau memperbanyak iklan mereka sendiri.
#Lowongan Kerja

dari molto: Bahkan di saat-saat susah pun masih ada beberapa oknum nakal yang mencuri kesempatan untuk mengelabui para pelamar yang bersusah payah mencari kerja. Umumnya, oknum nakal ini berpura-pura menawarkan wawancara kerja kepada para pelamar dengan imbalan berupa uang sejumlah tertentu sebagai ganti biaya pelatihan/training.
Tips: Cek Profil Perusahaan, Googling Riwayat Perusahaan, Jangan Mau Panggilan Via SMS/Telepon, Jangan Membayar Sembarangan (yang ada perusahaan memberi gaji, bukan kita yg kasih perusahaan gaji).
#Properti & Saham (Investasi)

dari residencekemanggisan: hati-hati terhadap iklan pemasaran apartemen/properti, saudara-saudari jangan sampai tertipu membeli, anda akan menjadi korban-korban selanjutnya jika membelinya, karena telah ada ratusan pemilik yang sudah membayar lunas dan memiliki ppjb tapi tidak diberikan hak miliknya dirampok dengan menggunakan undang-undang kepailitan. Dan iklan saham kembali langsung cepat 400%, atau properti bebas banjir, akses mudah, parkir gampang, dsb.
Tips: Bebas banjir itu akal marketing saja, padahal mereka meninggikan tanah mereka sendiri dan membiarkan daerah sekitarnya kebanjiran, mereka saja yg tidak. Akses mudah, tidak selalu karena pasti ada macet. Apalagi promosi dekat tol, padahal tol yang bangun tol juga bukan mereka. Tidak mungkin saham cepat balik dan besar pula, itu bodong. Jangan mau beli kalau propertinya lagi bangun/belum ada.
#Diskon Abal-Abal & Cash Back

dari kompas: Siapa yang tidak suka diskon? Rasanya semua orang tertarik dengan diskon, apalagi diskon besar-besaran alias obral besar. Diskon atau potongan harga menjadi senjata ampuh para produsen untuk mengejot pemasaran produknya. Namun, Anda perlu berhati-hati. Tidak semua diskon itu benar-benar harga diskon. Banyak yang sekedar kamuflase saja alias abal-abal.
Tips:hitung baik-baik diskonnya. Tanya kepada SPG/SPB biar jelas, serta bandingkan produk A dengan B dari segi harga dan kualitas. Ada yang naikin dulu 50% baru didiskon 50%, padahal sama saja. Cash back dan Diskon itu satu istilah alias sama. Dan jangan tertipu diskon dengan kurs mata uang lain, bisa saja ternyata harga kurs A lebih rendah dari B, bahkan setelah diskon.
#Produk Dengan Harga Miring

dari wordpress: Jika anda sering mencari barang dengan harga miring mungkin anda akan familiar dengan situs tokobagus atau sejenisnya, dan banyak yang sudah terkecoh dengan barang yang harga murah tapi belum tahu apakah itu benar atau tidak.
Tips: harga miring itu bohong, apalagi BM, BM itu sitaan bea cukai lalu dijual lagi dan bisa saja itu refurbished, alias daur ulang. Sebaiknya cek langsung ke gerai resminya. ATau langsung tanya orang dan cari di google tentang produk tsb.
#Pengobatan (Medis & Nonmedis & Herbal)

dari okezone: Iklan pengobatan alternatif di televisi mulai dipertanyakan. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat pun mengeluarkan surat edaran kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) agar tidak menayangkan kembali tayangan pengobatan alternatif yang tidak memiliki izin dari lembaga berwenang seperti Kementerian Kesehatan. Iklan herbal juga banyak menjanjikan penyembuhan cepat.
Tips: Ingat harga murah bukan segalanya, bandingkan lagi dan pikirkan lagi. Pengobatan yg ditawarkan belum tentu cocok dengan badan agan. Tanya langsung ke ahlinya atau cari informasi lain. Apalagi sampai bayar berkali-kali tanpa struk dan tanpa ijin Dinas Kesehatan. Herbal belum tentu benar herbal,

#Produk Anti-Penuaan (Anti Aging)
Spoiler for :

dari liputan6.com: Banyaknya iklan, produk, serta klinik kecantikan yang mengatasnamakan preventive medicine cukup membuat tak sedikit masyarakat yang tertipu dan terbujuk `rayuan` produk-produk tersebut.
Tips:sebenarnya penulisan anti penuaan itu hanyalah akal dari marketing si produk tersebut, karena tidak ada orang yang bisa menghambat penuaan (adanya keriput misalnya). Cara baca anti-aging yang benar adalah: preventive medicine atau krim yang mencegah proses penuaan lebih awal. Bukan anti atau tidak menua sama sekali.
#Operator Telekomunikasi (SMS, Telepon atau Paket Telekomunikasi)
Spoiler for :

dari blog atahira: Kartu GSM dari operator apa yang agan pakai saat ini? Te**omsel? In**sat? X*? atau yang lain? Contohnya pada kartu nelpon murah Rp 20, SMS gratis tanpa syarat, dan sebagainya.
Tips:Ujungnya pasti S&K atau SYARAT DAN KETENTUAN dengan ukuran font 3 (alias kecil kebangetan). Dan jangan lupa dengan batas waktunya (contoh antara jam 00.00 sampai 07.00), sama seperti SMS, harus kirim berapa dulu baru gratisnya jalan.
#Provider Internet (ISP)
Spoiler for :

dari minipici.com: Saat ini banyak provider yang menawarkan layanan paket data internet dengan iming-iming kecepatan up to 7.2 Mbps. Wow, cepat sekali bisa mencapai kecepatan sperti itu. Hmm, apa memang benar demikian?
Tips:Tolong baca bagian 'Up to' atau bahasa Indonesianya 'sampai dengan'. Dan bedakan B dengan b, karena B=Byte dan b=bit. 1 byte=8 bit dan 1 bit=0.125 byte. Hitung ulang kecepatan sebenarnya, lihat dari iklan yang ditawarkan. Kecepatan sebenarnya utk download adalah 1/8 X kecepatan iklan, dan upload 1/16 X kecepatan iklan.
#Krim Kecantikan
Spoiler for :

dari obatsuntikputih.com: Banyak kaum hawa yang memilih cantik sesaat saja serta tidak memikirkan efek jangka panjangnya. Bukan wanita saja yang menginginkan wajah putih bersih mengkilap namun kaum pria juga. Banyak iklan krim yang menawarkan putih bersih dengan cepat dalam hitungan hari bahkan jam. Iklan juga kebanyakan menggunakan wanita yang wajahnya putih bersih.
Tips:Ketahuilah kondisi kulit agan masing-masing. Tidak semua orang dalam 7 hari misalnya bisa langsung nampak hasilnya (contoh: dalam 7 hari langsung putih cemerlang, ini akal marketing saja). Ada juga yang malah kulitnya sensitif atau bahkan alergi, namun tidak tahu dan langsung pakai krim tsb. Sebaiknya beli krim yang bertuliskan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Dan lagi, iklan wanita yang wajahnya putih bersih mengkilap, yakinlah kalau itu EDITAN/PHOTOSOP.
#Kosmetik (Make Up, dsb)
Spoiler for :

dari dreamersradio: Wanita yang ingin tampil cantik akan merias wajahnya dengan make up sehingga terlihat lebih cantik. Iklannya kebanyakan menghasut, seperti wanita setelah make up dengan produk A, cantik kebangetan (menor juga kadang), bahkan ditulis tanpa bahan pengawet atau tidak menimbulkan alergi.
Tips:Ketahuilah kondisi kulit agan masing-masing. Bisa saja alergi karena make up yang tulisannya 'tidak menimbulkan alergi' atau jangan langsung percaya dengan 'tanpa pengawet', tidak mungkin bisa bertahan bertahun-tahun tanpa pengawet. Sebaiknya beli kosmetik yang bertuliskan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Hati-hati dengan kandungan logam dalam kosmetik juga.
#Iklan Produk/Jasa Dengan Hasil Survei
Spoiler for :

dari youtube: Iklan Vas*****, 9 dari 10 orang memilih kami. Atau iklan produk susu, 8 dari 10 ibu di indonesia memilih susu kami. Produk kami produk nomor 1 paling laku di Indonesia, di dunia, di seluruh negara.
Tips: Survei dari mana? Survei bikin sendiri mungkin iya 8 dari 10. Dan kalau semua produk menggunakan embel-embel 'Nomor 1 di....', nomor 2-nya siapa? lalu tahu dari mana kalau produk tsb adalah nomor 1 di dunia, Indonesia, atau negara tertentu?
#Rokok

Spoiler for :
dari Dinas Kesehatan: Di Indonesia, rokok dikemas dengan sangat baik. Iklan yang ada pun sangat bagus dan menipu. Di iklan, para perokok terlihat gagah dan kuat, pokoknya terlihat sangat sehat.
Tips: padahal kenyataannya para perokok sudah menampung asap rokok yang berbahaya di dalam paru-paru. Sebenarnya kita cukup salut dengan para perokok, karena mereka sudah merelakan paru-parunya rusak dan menghitam demi devisa Negara.
Tips: padahal kenyataannya para perokok sudah menampung asap rokok yang berbahaya di dalam paru-paru. Sebenarnya kita cukup salut dengan para perokok, karena mereka sudah merelakan paru-parunya rusak dan menghitam demi devisa Negara.
#Produk Susu
Spoiler for :

dari grup yahoo: Entah sejak kapan fenomena ini muncul, para ibu tidak lagi percaya diri utk menyusui bayinya, mereka lebih percaya bahwa susu yg mahal akan membuat anak mereka pintar dan sehat karena kandungan gizi yg lengkap. Padahal iklan itu hanyalah skenario yg dibuat oleh kru yg cerdas utk menjual produk mereka, yg mahalnya minta ampun.
Dan susu lain, bagaimana produk susu olahan bisa mencegah osteoporosis?
Tips: Mereka memilih anak yg berkualitas melalui sebuah casting, bukan memakai anak yg memang diberikan susu produksi mereka sejak lahir. Padahal ASI lebih alami, sedot langsung pula tanpa botol plastik, dan gizinya lebih banyak, tanpa pengawet juga bahan kimia yg akan memutasi sel otak anak baru lahir. Utk susu tulang, hanya menghambat, bukan mencegah, karena enzim pencerna susu sudah tidak kita miliki lagi sejak usia kita 2 tahun.
#Pemilu, Capres-Caleg-Partai
Spoiler for :

dari tribunnews: Popularitas yang hanya dilandasi oleh iklan maupun survei bukanlah satu indikator bahwa pemimpin yang paling populer adalah pemimpin yang bisa memberikan kontribusi terbaik dalam pemikiran dan tindakan.
Tips:Jangan pernah percaya 'saya janji', itu hanyalah kata kiasan dari 'saya berusaha'. Apalagi sekarang media makin tidak netral karena dimiliki calon tertentu dan akhirnya saling menjatuhkan calon lain dengan media yg mereka punya. Atau memperbanyak iklan mereka sendiri.
#Lowongan Kerja
Spoiler for :

dari molto: Bahkan di saat-saat susah pun masih ada beberapa oknum nakal yang mencuri kesempatan untuk mengelabui para pelamar yang bersusah payah mencari kerja. Umumnya, oknum nakal ini berpura-pura menawarkan wawancara kerja kepada para pelamar dengan imbalan berupa uang sejumlah tertentu sebagai ganti biaya pelatihan/training.
Tips: Cek Profil Perusahaan, Googling Riwayat Perusahaan, Jangan Mau Panggilan Via SMS/Telepon, Jangan Membayar Sembarangan (yang ada perusahaan memberi gaji, bukan kita yg kasih perusahaan gaji).
#Properti & Saham (Investasi)
Spoiler for :

dari residencekemanggisan: hati-hati terhadap iklan pemasaran apartemen/properti, saudara-saudari jangan sampai tertipu membeli, anda akan menjadi korban-korban selanjutnya jika membelinya, karena telah ada ratusan pemilik yang sudah membayar lunas dan memiliki ppjb tapi tidak diberikan hak miliknya dirampok dengan menggunakan undang-undang kepailitan. Dan iklan saham kembali langsung cepat 400%, atau properti bebas banjir, akses mudah, parkir gampang, dsb.
Tips: Bebas banjir itu akal marketing saja, padahal mereka meninggikan tanah mereka sendiri dan membiarkan daerah sekitarnya kebanjiran, mereka saja yg tidak. Akses mudah, tidak selalu karena pasti ada macet. Apalagi promosi dekat tol, padahal tol yang bangun tol juga bukan mereka. Tidak mungkin saham cepat balik dan besar pula, itu bodong. Jangan mau beli kalau propertinya lagi bangun/belum ada.
#Diskon Abal-Abal & Cash Back
Spoiler for :

dari kompas: Siapa yang tidak suka diskon? Rasanya semua orang tertarik dengan diskon, apalagi diskon besar-besaran alias obral besar. Diskon atau potongan harga menjadi senjata ampuh para produsen untuk mengejot pemasaran produknya. Namun, Anda perlu berhati-hati. Tidak semua diskon itu benar-benar harga diskon. Banyak yang sekedar kamuflase saja alias abal-abal.
Tips:hitung baik-baik diskonnya. Tanya kepada SPG/SPB biar jelas, serta bandingkan produk A dengan B dari segi harga dan kualitas. Ada yang naikin dulu 50% baru didiskon 50%, padahal sama saja. Cash back dan Diskon itu satu istilah alias sama. Dan jangan tertipu diskon dengan kurs mata uang lain, bisa saja ternyata harga kurs A lebih rendah dari B, bahkan setelah diskon.
#Produk Dengan Harga Miring
Spoiler for :

dari wordpress: Jika anda sering mencari barang dengan harga miring mungkin anda akan familiar dengan situs tokobagus atau sejenisnya, dan banyak yang sudah terkecoh dengan barang yang harga murah tapi belum tahu apakah itu benar atau tidak.
Tips: harga miring itu bohong, apalagi BM, BM itu sitaan bea cukai lalu dijual lagi dan bisa saja itu refurbished, alias daur ulang. Sebaiknya cek langsung ke gerai resminya. ATau langsung tanya orang dan cari di google tentang produk tsb.
#Pengobatan (Medis & Nonmedis & Herbal)
Spoiler for :

dari okezone: Iklan pengobatan alternatif di televisi mulai dipertanyakan. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat pun mengeluarkan surat edaran kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) agar tidak menayangkan kembali tayangan pengobatan alternatif yang tidak memiliki izin dari lembaga berwenang seperti Kementerian Kesehatan. Iklan herbal juga banyak menjanjikan penyembuhan cepat.
Tips: Ingat harga murah bukan segalanya, bandingkan lagi dan pikirkan lagi. Pengobatan yg ditawarkan belum tentu cocok dengan badan agan. Tanya langsung ke ahlinya atau cari informasi lain. Apalagi sampai bayar berkali-kali tanpa struk dan tanpa ijin Dinas Kesehatan. Herbal belum tentu benar herbal,
Demikian dari TS, saran TS hati-hati kalau melihat iklan ya

Kalau agan sekalian mau tambahin komen aja nanti di pejwan. TS terbuka.

Sumber: banyak.
Spoiler for thread bermutu TS lainnya:
Thread bermutu TS, baru jadi HT pertama dan kedua buat TS.
Inilah kelakukan pengendara yg cuma bisa nyetir
Penyakit yang dijual dan laku dibeli
Inilah kelakukan pengendara yg cuma bisa nyetir
Penyakit yang dijual dan laku dibeli
0
5.1K
Kutip
21
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan