Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

27aldekoAvatar border
TS
27aldeko
(SARAN SENIOR) JK Ingatkan Ahok Agar Tak Asal Ubah Jam Masuk Anak Sekolah di Jakarta
Jakarta - Mantan Wapres Jusuf Kalla tak sependapat dengan Wagub DKI Basuki T Purnama soal pengubahan jam sekolah di Jakarta. Menurut JK, jangan sampai perubahan tersebut justru lebih banyak mudaratnya dari pada manfaatnya.

Dalam siaran pers, Sabtu (29/3/2014), JK meminta Ahok mempertimbangkan baik-baik setiap kebijakan yang akan diterapkannya, seperti rencananya merubah jam masuk sekolah dari jam 7 pagi menjadi jam 9 pagi. Tidak mudah mengubah ritme hidup anak anak dan keluarganya yang sudah terbiasa bangun Subuh.

"Lagi pula, anak anak memang harus dibiasakan bangun Subuh atau bangun pagi. Sebab sebelum pergi sekolah mereka yang muslim juga harus salat Subuh dulu. Khawatirnya kalau masuknya siang anak anak Indonesia bisa jadi malas bangun pagi. Apa jadinya bangsa kita kalau anak anak jadi pemalas semua?" kata JK.

JK yang juga pemilik Sekolah Islam Moderen Athirah yang terbesar di Makassar itu, mengkhawatirkan dampaknya kepada anak anak sekolah di Jakarta bila jam sekolah diubah.

Menurut JK, rata-rata rumah tangga di Jakarta, suami-istri adalah pasangan profesional, lantas siapa yang mempersiapkan anak anak sekolah sebelum berangkat.

"Bisa amburadul itu rumah tangga orang," jelas JK.

Karena ketika ibu bapaknya sudah berangkat kerja, sedangkan anaknya masih tidur karena masuknya jam 9 pagi, tentu tak ada yang mengurus anak itu.

"Tingkat kesegaran berpikir anak anak pada pagi hari jauh lebih bagus ketimbang siang. Jadi kalau jam masuk atau jam belajarnya dirubah yang rugi bangsa ini, karena daya serap pelajaran anak anak bisa berkurang. Belum lagi soal efisiensi. Kalau anak anak sekolah masuknya jam 9, pulangnya mau jam berapa, bisa kelaparan semua," imbuh JK.

Biasanya anak sekolah di pagi hari ikut kendaraan orangtuanya dan mereka ada waktu saling berkomunikasi selama dalam perjalanan. Kalau mereka nasuk jam 9 anak anak dan orang tuanya kehilangan waktu sangat berharganya untuk saling berkomunikasi.

"Kalau masalahnya di kemacetan maka yang utama harus dilakukan di DKI adalah membenahi sistem transportasi publik, jalan jalan atau subway ditingkatkan, bus dan kereta digandakan. Sedangkan dalam lingkup sekolah, regionalisasi harus diperketat. Sehingga jarak rumah setiap anak dari sekolahnya tidak berjauhan dan mereka pun tidak butuh waktu tempuh yang lama ataumenambah kepadatan lalu lintas," tutupnya.

semoga keputusan yang diambil nanti benar2 mewakili keinginan warga DKI dan bermanfaat.

SUMBER:http://news.detik.com/read/2014/03/29/150154/2540544/10/jk-ingatkan-ahok-agar-tak-asal-ubah-jam-masuk-anak-sekolah-di-jakarta?991104topnews
0
2.1K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan