Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

groundlizardAvatar border
TS
groundlizard
Ini strategi Ridwan Kamil perangi seks bebas mahasiswa Bandung
Minggu, 16 Februari 2014 16:03:00

Ini strategi Ridwan Kamil perangi seks bebas mahasiswa Bandung

Merdeka.com - Dewasa ini permasalahan seks bebas di kalangan remaja sudah harus diseriusi. Selain keluarga yang memiliki peran penting, pemerintah juga harus tegas menegakan aturan.

Bandung sebagai kota pendidikan menunjukkan angka yang memprihatinkan soal perilaku seks bebas terutama di kalangan remaja akhir. Separuh mahasiswa di Bandung tercatat pernah melakukan hubungan intim. Lantas apa kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ihwal seks bebas?

"Cukup prihatin memang melihat itu, tapi upaya pemerintah saat ini yang akan dilakukan adalah preventif dan akuratif," kata pria yang akrab disapa Emil, baru-baru ini kepada merdeka.com.

Preventif di sini menurutnya akan mengedukasi remaja soal pengetahuan seks. Apa dampak negatifnya jika dilakukan bagi mereka yang belum menikah.

"Kita akan kerja sama dengan komunitas yang peduli kesehatan untuk melakukan upaya pencegahan di level remaja," ungkapnya.

Bukan cuma di sekolah, tapi campaign yang sifatnya teknologi tetap harus dimanfaatkan. Lanjut Emil remaja di Bandung ini sudah melek secara teknologi.

"Kita akan campaign di you tube juga karena remaja bandung sangat hightech, jadi kita manfaatkan selain di sekolah kita selalu mengkampanyekan di social media," ungkapnya.

Sementara itu menurut Kadinkes Kota Bandung Achyani Raksanagara, beberapa faktor yang mendorong anak remaja melakukan hubungan seks di luar nikah. Di antaranya pengaruh pergaulan bebas, faktor keluarga yang mendukung ke arah perilaku tersebut serta pengaruh dari media massa.

"Kampanye akan bahaya seks bebas harus terus digiatkan, pada akhirnya nanti remaja bisa tahu," terangnya.

Angka perilaku seks bebas di Bandung yang cukup memprihatinkan diakuinya memang menjadi warning. "Komunitas akan kembali dirangkul untuk lebih juga sering memberi penyuluhan," ungkapnya. Dia sadar Dengan memberikan hukuman yang sesuai bagi pelaku seks bebas tidak menjadikannya jera, tapi langkah pencegahan dinilai tepat.

(mdk/ian)

Sumur: http://m.merdeka.com/peristiwa/ini-strategi-ridwan-kamil-perangi-seks-bebas-mahasiswa-bandung.html


Pendidikan seks akan hindarkan mahasiswa gaul bebas di Bandung

Minggu, 16 Februari 2014 18:03:00

Merdeka.com - Remaja pada umumnya masih bingung tengah mencari jati diri. Jika tidak tepat arah mereka akan terjerumus kepada hal-hal negatif termasuk seks bebas. Di Bandung ada sebuah lembaga Mitra Citra Remaja (MCR) yang berasal dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Barat.

Berdiri sejak 1992, MCR ini mengembangkan pusat informasi, edukasi dan konseling serta pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi yang berkualitas, berbasis hak dan berperspektif jender.

MCR sadar betul remaja butuh tempat konseling atau curhat dengan pendekatan-pendekatan agar tren seks pranikah bisa terus ditekan.

Mata rantai dibuat dengan membuat pelopor yang diberi nama PE (Pree education) agar secara simultan informasi seputar pengetahuan seks bisa tersebar.

"Kita itu selain hanya penyuluhan tapi membuat semacam kader (PE) di setiap sekolah untuk nantinya PE ini bisa menjadi orang yang dicurhatin oleh temannya di sekolah," ungkap Koordinator MCR program choice Putri Rian Sari kepada merdeka.com.

Cukup berhasil memang, sejauh ini kader di setiap sekolah itu bisa terus mempengaruhi hingga akhirnya setiap sekolah di Bandung sudah memiliki lima PE tersebut.

"Kita sudah enam sekolah yang bekerja sama, artinya satu sekolah lima orang dikalikan enam, sudah ada 30 orang. 30 orang inilah yang akan kita bombing untuk nantinya mereka bisa menjadi perwakilannya di sekolah," ungkapnya.

Menurut Putri, pendidikan seks sudah seharusnya diberikan sejak dini. terlebih buat yang sudah beranjak remaja, meskipun masih di ambang pro dan kontra.

Justru pendidikan seks yang diarahkan dengan baik akan meminimalisir adanya seks di luar nikah. Informasi yang terarah dilakukan secara informal melalui pendidikan seks itu akan sangat membantu menekan angka kejadian perilaku seks bebas di kalangan remaja.

"Mereka ini PE yang sekarang sudah dibimbing sukan dijadikan tempat curhat, ini kan sifatnya informal, justru lebih bagus, karena kalau secara formal orang suka malu," ungkapnya.

Menurut dia ada beberapa faktor yang mendorong anak remaja melakukan hubungan seks di luar nikah. Di antaranya adalah faktor keluarga, yakni melalui perhatian orang tua. Pengawasan melalui pendidikan seks yang bersifat tidak mengekang akan meminimalisir si anak terjerumus ke dalam seks bebas.

Kedua adalah pergaulan dari lingkungannya, kemudian ketidaktahuan resiko terbesar dari hubungan gelap itu, perilaku dari pribadi itu sendiri didorong oleh rasa ingin tahu yang besar untuk mencoba segala hal yang belum diketahui.

Oleh karena itu dia mendorong agar remaja itu sudah seharusnya mengetahui pendidikan seksual.

"Kami di sini siap membantu konseling mau dia bertemu langsung ataupun sms atau telpon bisa, semua gratis," ungkapnya.

(mdk/ian)

http://m.merdeka.com/peristiwa/pendidikan-seks-akan-hindarkan-mahasiswa-gaul-bebas-di-bandung.html

Yah, setidaknya memberikan harapan buat pemuda baik2 utk memiliki istri yg msh perawan emoticon-Malu

Wahai PK, dengarkan jeritan hati kami. Jangan cuma kau beri kami sisamu emoticon-Mewek

________________________

Pendidikan sex adalah salah satu cara menyelamatkan keperawanan para gadis, cara lain adalah pertebal iman, perdalam pemahaman agama, dan satu lagi yg tak kalah penting; perhatian, kasih sayang, dan keterbukaan dg ortu emoticon-Kiss emoticon-Kiss
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
10.5K
79
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan