Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.Bathara.Kala.Avatar border
TS
.Bathara.Kala.
Tipe - tipe Turbulensi yg wajib diketahui
SELAMAT DATANG
DAN SEMOGA BERMANFAAT


4 Tipe Turbulensi yang Harus Anda Tahu
Jakarta- Goncangan atau turbulensi sering terjadi dalam penerbangan. Tak sedikit pula turis yang ketakutan ketika hal ini terjadi. Namun, tahukah Anda ada 4 jenis turbulensi yang harus diketahui?
Dilongok dari News.com, Selasa (19/3/2014) inilah 4 tipe turbulensi yang wajib Anda ketahui:
1. Thunderstorm turbulence
Spoiler for Kabin Pesawat:

Tipe turbulansi pertama adalah adalah thunderstorm turbulence. Kejadian ini terjadi jika pesawat terbang di dekat badai. Untuk itu, kemahiran pilot dalam menghindari badai sangat diperlukan.
Deteksi badai pun bisa terlihat melalui radar on board. Jika nekat melintas, maka risiko terjadi turbulensi serius akan sangat besar.

2. Mountain wave turbulence
Spoiler for Mountain:

Turbulensi ini terjadi jika ada angin berhembus ketika pesawat melintas di kawasan pegunungan. Dampaknya, guncangan keras akan terjadi, pesawat pun terasa seperti sebentar naik sebentar turun.

3. Aircraft wake vortex turbulence
Spoiler for Aircraft:

Sebagai objek yang terbang di udara, pesawat akan memecah udara dan menimbulkan pusaran yang disebut wake turbulence. Untuk mencegah ini, kontrol penerbangan sangat diperlukan agar terjadi pemisahan antara pusaran udara dan pesawat.

4. Clear air turbulence
Spoiler for Pesawat:

Clear air turbulence (CAT) adalah penyebab utama terjadinya turbulensi mendadak. CAT menyebabkan langit yang biru, udara kering dan berbahaya untuk pilot. Biasanya, turbulensi ini terjadi ketika tidak ada awan yang terlihat.
CAT berbahaya karena menyulitkan pilot dalam mengontrol pergerakan dan mendeteksi apa yang ada di hadapan. Selain itu, CAT tidak terdeteksi oleh radar pesawat.

Spoiler for Pesan:


0
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan