GPO2AAvatar border
TS
GPO2A
Caleg Non-Muslim Pakai Kata "Bismillah", Ribuan Orang Demo
MALANG, KOMPAS.com — Ribuan warga di Malang menggelar aksi unjuk rasa ke KPU Kabupaten Malang sebagai bentuk protes atas ulah Ketua Komisi III DPR RI Pieter C Zulkifli, yang juga calon legislatif dari Partai Demokrat, untuk daerah pemilihan Malang Raya.

Pieter dituding telah melakukan pelecehan dan penistaan terhadap agama Islam.

Ribuan orang yang terdiri dari santri dari berbagai pondok pesantren di Malang, massa HMI, PMII, dan ormas kepemudaan di Malang Raya, tergabung dalam Kaukus Pemuda Malang Raya (KPMR), bergerak menuju Kantor KPU Kabupaten Malang, Selasa (25/3/2014).

Koordinator aksi, Muhlis, mengungkapkan, aksi tersebut menuntut Partai Demokrat untuk mencoret nama Pieter C Zulkifli Simabuea dari daftar calon legislatif.

"Pieter juga harus minta maaf kepada seluruh umat Islam di Indonesia, dan Malang Raya khususnya, karena ia jelas telah menistakan agama Islam dan merugikan serta membohongi umat Islam dengan memasang kalimat 'bismillahirrahmanirrahim' di banner yang dibuatnya dan dipasang di beberapa jalan di Malang Raya," kata Muhlis.

Dalam syariat Islam, kata "bismillah" itu adalah hal yang agung dan termasuk ayat Al Quran, yang wajib diagungkan oleh umat Islam, sementara Pieter merupakan non-Muslim.

"Karena, di dalamnya ada kalimat 'Allah'. Menurut Imam Syafi'i, mazhab Syafi'i, yang mayoritas diikuti oleh kaum Nahdliyin, ajaran mayoritas masyarakat Malang Raya, kalimat 'bismillah' adalah masuk ayat Al Quran yang wajib diagungkan," kata dia lagi.

"Pemasangan kalimat 'bismillah' itu jelas hanya untuk kepentingan mendulang atau meraih suara sebanyak-banyaknya dari warga Malang Raya yang mayoritas beragama Islam," kata dia.

Melihat hal tersebut, kata Muhlis, ulah Pieter pantas dikategorikan sebagai perbuatan penistaan agama.

"Masuk kategori menjual ayat-ayat agama demi kepentingan individunya. Jelas Pieter telah melakukan pelecehan dan penistaan agama," kata Muhlis.

Penulis: Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Editor: Glori K. Wadrianto

http://regional.kompas.com/read/2014...uan.Orang.Demo

Aksi Massa soal Kata "Bismillah" dari Caleg Non-Muslim Dinilai Salah Alamat

MALANG, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa yang digelar ribuan warga Kabupaten Malang terkait tudingan penistaan agama yang dilakukan calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrat, Pieter C Zulkifli, ke Kantor KPU Kabupaten Malang, Selasa (25/3/2014) ternyata salah alamat.

Toto Haryono, salah satu komisioner KPU Kabupaten Malang yang menemui para pengunjuk rasa, mengatakan bahwa tuntutan tersebut sepantasnya disampaikan kepada Panwaslu. "Karena kasus ini bukan domain KPU, kita diarahkan ke Panwaslu," kata Toto.

"Tapi sebagai lembaga bawahan, kami akan melaporkan ke KPU Pusat karena yang bersangkutan adalah caleg DPR RI," kata Toto. "Silakan laporkan ke Panwaslu karena ini wilayahnya Panwaslu. Kami hanya menerima saja karena aksinya ke KPU," ungkap Toto lagi.

Sebelumnya, ribuan warga di Kabupaten Malang menggelar demo agar Pieter C Zulkifli, Ketua Komisi III DPR RI yang juga caleg dari Partai Demokrat untuk Daerah Pemilihan V Malang Raya, dicoret sebagai caleg, dan bahkan dicopot dari jabatan ketua komisi.

Pieter dinilai telah menistakan agama Islam dan membohongi masyarakat Malang, dengan memasang kalimat "bismillahirrahmanirrahim" dalam spanduk kampanyenya.

Dalam aksi tersebut, ribuan warga membentangkan spanduk bertuliskan Pieter C Zulkifli dinilai telah menistakan agama.

"Strategi seperti itu sudah dilakukan pada pileg sebelumnya, dan ia mengaku beragama Islam. Padahal ia adalah non-Muslim," kata Koordinator Kaukus Pemuda Malang Raya (KPMR), Muhlis Ali, ditemui Kompas.com, di sela-sela aksi.

Menurut Muhlis, pemasangan kalimat "bismillahirrahmanirrahim" itu adalah pembohongan bagi umat Islam. "Kami akan lanjutkan aksi ke KPU Pusat dan ke MUI di Jakarta. Kami akan kaji dengan MUI Pusat," tekan Muhlis.

Penulis: Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Editor: Glori K. Wadrianto

http://regional.kompas.com/read/2014...i.Salah.Alamat

emoticon-Cape d... (S) di selesaikan dgn baik jgn sampai ribut malang iku areke apik2 kok
Quote:


Quote:


Quote:





Diubah oleh GPO2A 25-03-2014 20:20
0
11.9K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan