langkasenengeAvatar border
TS
langkasenenge
YUUK KITA MATIKAN LAMPU UTAMA MOBIL DISAAT MACET PARAH.
Buat Agan & Aganwati yang sehari-hari pakai kendaraan roda 4 di Jakarta dan sekitarnya pasti udah sering ketemu ama yang namanya macet. Nah.. Bicara macet, itu ga mesti pagi, siang, sore atau malem. Kadang tergantung kondisi cuaca, keberuntungan kita dan sebagainya. Penyebabnya kadang aneh-aneh pula.

Nah.. Sehubungan dengan macet. Pernah ga sih kita pikirkan kerja mesin mobil pada saat macet itu lumayan berat? Terlebih di malam hari. Apalagi pada saat itu AC nyala, audio system nyala, lampu nyala, kadang nginjek rem juga, jadi lampu rem nyala (lupa pake rem tangan)

Kurang lebihnya begini nih.. Pada saat kondisi macet parrrah, kondisi putaran mesin cenderung stasioner di 1500-1700 rpm. Dari putaran mesin tersebut dia harus ngejalanin compressor AC, alternator, kipas radiator dan sebagainya. Sebenernya.. Tanpa disadari temperatur mesin jadi naik, untuk yang punya mobil baru, hal ini tidak terasa karena kondisi extra fan masih bagus. Kenapa temperatur bisa naik?
1. Karena beban kerja mesin untuk AC, audio, lampu DLL
2. Knalpot kendaraan didepan kan ga jauh tuh dari posisi sirip radiator mobil kita, yang di sedot radiator udaranya udah kurang suejuk gan.
3. Hawa panas dari radiator kendaraan depan kita juga kesedot ama radiator kita gan.. makin kurang suejuk dah.
4. Panas dari cahaya lampu. Ini membuat bagian depan kendaraan kita jadi panas.

Ujung-ujungnya bisa overheat, AC jadi kurang dingin dan laen-laen

Nah.. Biar enak, dalem arti kendaraan ga cepet masalah dibagian pendingin, alternator, AC dan mata jadi adem.. situasi pun ga jadi tegang..
Pada saat kejebak macet parrah di lokasi yang memang ada lampu jalan dan terang dari lampu bangunan sekitar.. Agan bisa mematikan lampu depan / lampu utama kendaraan agan. Supaya meringanken kerja mesin dan menurunkan temperatur lingkungan dan kendaraan. Mika lampu juga jadi ga cepet kuning gan.. Tapi... Biar ga jadi bahaya.. Agan nyalain deh tu Fog Lamp agan. jadi posisi kendaraan masih terpantau dari kaca spion. Pas matiin lampu coba agan denger suara mesin ato takometer agan.. pasti gerungan mesin rada turun. walaupun dikit. Dan akhirnya beban mesin pun berkurang.. Karena beban mesin berkurang.. Umur pake kendaraan pun jadi panjang.. (aamiin)

hal ini juga bisa diterapin ke sepeda motor. Terutama yang masih ada saklar on/off lampunya (motor baru kaga ada saklarnya).

Gitu aja siih...
bagi-bagi infonya yaa gan ke temen-temen yang laen.. Biar serempak barengan gitu..
Oh iya.. Tar malem kalo kejebak macet ada kendaraan yang matiin lampu, bisa jadi doi juga kaskuser yang baca trit inih.. klaksonin ajah dikit.. biar asal nengok doang.. anggukin dah kepala kita sebagai kode..

Bay de wey.. Met makan siang.. Semoga bermanfaat..emoticon-Shakehand2
IDVerified.
IDVerified. memberi reputasi
1
6.7K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan