Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tutorialmenarikAvatar border
TS
tutorialmenarik
[SHARE] Langkah-langkah membuat VPS sendiri dengan DigitalOcean!!
Nubie mau share gan bagi yang pengen punya VPS sendiri... emoticon-Malu
VPS merupakan singkatan dari virtual private server, untuk lebih jelasnya baca di wikipedia ya gan... emoticon-Big Grin

Jadi VPS itu sederhananya sebuah komputer nun jauh disana (remote) dengan kecepatan internet yang sangat cepat (up to 100/1000Mbps). Nah, dengan bandwidth yang begitu besar maka VPS ini bisa anda manfaatkan untuk banyak aplikasi seperti web hosting, bot crawler, forex bot, FTP, torrent leech, SSH tunnel, VPN, you name it.... layaknya server pada umumnya.. emoticon-Big Grin

Setelah baca review-review penyedia VPS murah dengan budget dibawah $10/bulan, saya akhirnya memilih digitalocean. Alasan saya memilih digitalocean ini adalah karena pembayarannya yang gak ribet, VPS sudah menggunakan SSD (Solid State Drive), dan tentunya ada VPS paket hematnya, kebetulan saya agak sensitif dengan harga emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Nah, bagi anda yang baru memulai untuk coba-coba men-deploy VPS dengan harga terjangkau, digitalocean adalah salah satu penyedia VPS yang recommended deh... Walaupun masih banyak yang lebih murah diluar sana... emoticon-Malu (S)

[SHARE] Langkah-langkah membuat VPS sendiri dengan DigitalOcean!!

Digitalocean menjanjikan VPS anda akan tersedia dalam waktu kurang dari 1 menit. Gak pake lama pastinya... Gak bermaksud promosi loh ya... atau nebar-nebar link referral... emoticon-Ngakak

Berikut langkah-langkah membuat VPS dengan digitalocean:

1. Registrasi
Registrasi disini bisa dibilang sangat cepat dan ekspres, dalam sekejab anda sudah memiliki account digitalocean.


2. Update billing payment
Ini yang saya suka dari digitalocean, pembayarannya mudah. Anda bisa menggunakan credit card ataupun paypai untuk deposit dana. Account paypai pun tidak wajib verified untuk melakukan pembayaran ini. Sebelum bisa membuat VPS, anda perlu mendeposit minimal $5 kedalam account.

[SHARE] Langkah-langkah membuat VPS sendiri dengan DigitalOcean!!

3. Create VPS
VPS di digitalocean istilahnya droplet. Setelah anda update billing selanjutnya pilih menu droplet dan create droplet. Pilih spesifikasi sesuai yang diinginkan. Spek VPS digitalocean bervariasi mulai dari yang paling ekonomis $5/bulan yang memiliki CPU 1 core, 512MB RAM, 20GB SSD dan 1TB bandwidth (Upload/Download) sampai yang seharga $40/bulan dengan spek yang jauh lebih tinggi tentunya.

Untuk operating system, digitalocean hanya menyediakan keluarga linux. Silakan pilih OS-nya sesuai aliran masing-masing, saya sendiri pilih debian 7 (wheezy) 32bit. Droplet juga bisa diisi dengan aplikasi bawaan seperti apache2 dan wordpress, bisa dipilih biar tidak perlu repot install lagi setelah dropletnya aktif.

Digitalocean memiliki data center di berbagai lokasi seperti New York, San Francisco, Amsterdam dan yang terbaru di Singapura. Jadi silakan pilih droplet mana yang paling optimal. Droplet dengan lokasi paling dekat dengan anda akan membuat ping lebih rendah, sehingga server lebih responsif ketika di remote.

4. Droplet selesai dibuat
Tunggu hingga selesai, biasanya kurang dari 30 detik. Setelah droplet aktif, password root akan dikirim ke email anda. Selanjutnya anda bisa login ke terminal melalui console access di menu droplet. Biar lebih praktis, anda bisa menggunakan putty untuk login.

[SHARE] Langkah-langkah membuat VPS sendiri dengan DigitalOcean!!

Nah, sampai disini VPS anda telah siap dijadikan eksperimen. Bagi anda yang baru pertama kali sentuh linux (seperti saya) terminal tentu merupakan hal yang sangat memusingkan, sungguh.....

Sistem billing digitalocean itu hitungannya bisa perjam atau perbulan. Soal konektivitas, digitalocean katanya sudah menggunakan ethernet gigabit jadi bandwidth VPS itu up to 1Gbps, cukup mewah untuk VPS seharga $5/bulan.... emoticon-Big Grin

Sampai disini VPS anda sebenarnya telah siap digunakan. Untuk tunneling SSH, anda tinggal setting di SSH client atau putty:
hostname - IP address VPS
port - 22
user - root
pass - password root

Jika akses SSH anda mau dibagikan ke orang lain pastinya gak boleh pake username root ya.... emoticon-Big Grin maka itu anda perlu membuat user baru. Tunggu saja di thread selanjutnya..

Sekedar tambahan, untuk memudahkan login ke VPS via putty, edit kolom target pada shorcut putty.exe di dekstop menjadi "C:\Program~\putty.exe" -ssh root@[IPADDRESS VPS] -pw [password root]. Jadi tinggal klik 2x langsung masuk ke root, sebenarnya cara ini kurang aman karena password root terekspos dalam bentuk plaintext. Bagi saya gak masalah, daripada repot lagi enter password.

Semoga bermanfaat dan selamat bermain-main dengan VPS... emoticon-Jempol

Referensi

Yang mau lempar cendol silakan emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan, tapi jangan sama gelasnya... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Abu gosok juga gpp, yang penting niat tulus... emoticon-Malu
0
5.8K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan