NewB|eZAvatar border
TS
NewB|eZ
Udah Thn 2014 Tapi Masih Ga Percaya Manusia Pernah ke Bulan ?? Sini Masuk Biar Pinter
Spoiler for THREAD BARU :


ini thread ke 2 ane sepanjang masa, dan ane tergerak buat bikin thread setelah ane liat thread ini

[SPOILER=NEWEST UPDATE 10 Feb 2016]Untuk yang masih berpikiran kalau moon landing itu hoax karena foto yg dipublikasikan ke umum hanya itu2 saja, nih ane kasih 9200 foto dari NASA tentang Project Apollo

Spoiler for Foto:

[/SPOILER]

Spoiler for ngakak lagi:


Spoiler for :


Spoiler for WARNING !!!!!!!:


nah kali ini ane mau coba jelasin beberapa hal yang mungkin bisa membantu agan2 sekalian untuk lebih mudah mencerna atau menerima kalau manusia itu udah pernah mendarat di bulan (pada percaya kan kalo adam dan hawa itu manusia pertama di dunia ? kalo gitu masa manusia pernah ke bulan bisa ga percaya emoticon-Ngakak) tapi yaaa seperti biasa.. CMIIW

Manusia pertama kali mendarat di bulan itu pada tanggal 20 juli 1969, waktu itu nama programnya adalah Project Apollo, dan waktu itu adalah misi apollo yang ke 11, biasa lebih sering disebut Apollo 11 gan.

Spoiler for Nih astronot Apollo 11:

Spoiler for Roket Apollo:


nah jadi nanti pas di orbit bulan bentukannya jadi gini si baik
Spoiler for si roket:


terus pas udah mendarat di bulan jadi gini doi
Spoiler for lunar module:


terus pas balik ke bumi jadi gini doi
Spoiler for command module:



sebenernya teknologi taun segitu udah cukup maju gan, cuma belom diketahui secara luas, blum dapet dinikmatin secara luas dan blom diproduksi masal untuk semua orang. dan project2 luar angkasa ini, bener2 memacu umat manusia untuk berlomba2 dalam bidang roket, manned spaceflight, aviasi, telekomunikasi dan komputerisasi.

mau tau taun 1969 udah ada apa aja dalam bidang technology ? nih ane kasih beberapa

Spoiler for 1969 Milestones:


udah kebayang blom technology jaman itu kaya gimana ? hehe mungkin blom terlalu signifikan buat agan2..kalo niat bole cari2 di google gan

fyi udah pada tau blom skarang udah ada printer 3D ?

Spoiler for Printer 3D:


tinggal masukin rancangannya, terus dicetak, keluar deh itu barang dalam bentuk 3D dan bisa dipake loh, nah di video atas dikasih liat dia ngeprint itu kunci inggris dan beneran bisa dipake.

mungkin 30 taun lagi orang2 akan bilang "ah mana mungkin sih taun 2010an udah ada printer 3D??" padahal sih udah ada..blom pada tau aja..hehehehe. kalo ga salah itu mau dipake buat astronot2 yg suka kehilangan barang pas lagi space walk di ISS..kalo barang2 ilang, daripada kelamaan nunggu supply dari bumi, mendingan langsung cetak aja disana.



nah lanjut lagi ke bulan...persiapan buat mendaratin orang di bulan itu ga gampang loh gan..terhitung ada 3 program termasuk apollo..boleh di cek urutan2nya

Spoiler for Project Mercury:


Spoiler for Project Gemini:



Spoiler for Apollo Program:


masih ga percaya juga gan ?? barang bukti nya ada banyak sih gan..ane kasih contoh yg paling gampang aja, agan2 tau jarak bumi - bulan seberapa jauh ? jarak paling deket nya adalah 363,104 km, dan jarak paling jauh nya adalah 405,696 km.

coba skarang agan2 pikir, gimana cara manusia bisa tau jarak bumi - bulan dengan segitu akuratnya ? hehehehehe masa perlu ane jelasin lagi gan..itu internet dipake buat nambah wawasan juga dong makanya..jgn telen mentah2 omongan orang mulu..(berarti agan2 juga harus cek kebenaran omongan ane nih) emoticon-Ngakak

Spoiler for nih jawabannya:


coba agan2 search di gugel "Lunar Laser Ranging Experiment"

intinya, itu alat buat ngukur jarak bumi-bulan dipasang waktu apollo 11, 14 dan 15 ke bulan, dan nanti kalo mau ngukur jarak bumi bulan tinggal tembakin itu laser dari planetarium ke studio fotonya..eh maksud ane ke bulan.. emoticon-Ngakak

kalo masih ga ngerubah persepsi agan2, dan agan2 bener2 mau tau ceritanya kalo manusia bener2 ke bulan apa ngga (bukan cuma pengen denger teori2 konspirasi ga jelas), coba diliat lagi perjuangan umat manusia buat space exploration, mulai dari perjuangan soviet ke luar angkasa, perjuangan US buat nyaingin, perjuangan beberapa negara untuk ngebangun international space station dan lain lain.
dan yang paling penting jangan terlalu naif untuk mengacuhkan bukti2 yang telah dapat dibuktikan secara scientific.

FYI, skarang pesawat luar angkasa yang paling jauh pernah pergi dari bumi apaan gan ? roket apollo ke bulan ? apa si curiosity yang ke mars ?

Spoiler for Curiosity:


salah gan, yang bener itu VOYAGER 1 dan VOYAGER 2, kedua pesawat identik ini diluncurkan pada tahun 1977 loh gan, dan bedanya cuma lintasannya aja (voyager 2 lebih lambat, karena ngikutin lintasannya itu biar bisa mampir di uranus sama neptunus)..dan project ini cuma beda 8 taun dari apollo 11 loh hehehe..masih ga percaya juga ?

Spoiler for Voyager:

Spoiler for Voyager lagi:


Voyager 1 sekarang udah "terbang" keluar dari tata surya kita (ngerti bedanya planet, bintang, tata surya, galaksi dan universe kan ?)

dan di pesawat voyager itu ada juga piringan emas *nah ini ane ga tau nyebutnya apa haha* yg isinya berbagai bahasa di bumi (ada bahasa indonesia juga seinget ane), kebudayaan, lagu2, "suara bumi" (suara bumi ini maksudnya contoh2 suara yang ada di bumi, di dalem itu piringan emas ada suara ikan paus, bayi nangis, suara ombak dll dan klo ga salah ada kasih tau posisi bumi ada dimana, mereka ngarepnya kalo ada alien yang nemu itu pesawat, mereka bisa dapet informasi tentang kita dan mungkinn nyamperin kita..(ini ane ga ngerti juga sih gimana cara itu alien baca piringan emasnya haha emoticon-Ngakak)

Spoiler for Piringan emas:


dan yg terakhir, kenapa US ga kirim manusia lagi ke bulan.

nih ane jelasin seberapa murahnya buat ngirim orang ke bulan.

pada tahun 1960 John F. Kennedy waktu itu lagi kampanye buat jadi presiden gan (inget waktu itu masih perang dingin sama soviet), nah salah satu tema kampanyenya yaitu tentang space race gan (ini penyebabnya gara2 waktu itu pada tahun 1957 soviet berhasil mengirimkan satelit pertama bernama Sputnik yang berhasil mengorbit bumi.
Spoiler for Sputnik:

nah beberapa bulan setelah sputnik, ternyata amerika juga berhasil ngirim satelit pertama mereka yang bernama Explorer 1 ke orbit
Spoiler for Explorer 1:


terus pas september 1959 tiba2 soviet kasih tau ke dunia kalo mereka udah berhasil mencapai bulan (nama misi nya Luna 2)..kebayang dong gimana panasnya itu paman sam begitu denger soviet berhasil ke bulan, dan si luna 2 bawa2 bendera soviet lagi ke bulan..makin panasss donnggg si sam.
Spoiler for Luna 2:


USA waktu itu ampe bilang ke soviet kalo biarpun mereka udah ke bulan + bawa bendera soviet ke bulan, bukan berarti bulan itu milik nya soviet.

makanya begitu si Kennedy kepilih jadi presiden, dia langsung kasih anggaran yang gede banget buat space program NASA, dan kalo agan2 inget pidato doi yang terkenal pada 12 september 1962 :


"Its hazards are hostile to us all. Its conquest deserves the best of all mankind, and its opportunity for peaceful cooperation many never come again. But why, some say, the moon? Why choose this as our goal? And they may well ask why climb the highest mountain? Why, 35 years ago, fly the Atlantic? Why does Rice play Texas? We choose to go to the moon. We choose to go to the moon in this decade and do the other things, not because they are easy, but because they are hard, because that goal will serve to organize and measure the best of our energies and skills, because that challenge is one that we are willing to accept, one we are unwilling to postpone, and one which we intend to win, and the others, too"

dan si john bilang kalo pada akhir dekade ini mereka bakal ngirim orang ke bulan ! waktu si john ngomong gitu, itu orang2 pinter langsung ngitung kan estimasi biaya buat program ke bulan berapa duit, nah estimasi pertama itu mereka pikir cuma bakal ngabisin $7 billion aja buat ke bulan..ehh taunya ada orang yang namanya James Webb (tau james webb ga ? okeh kalo ga tau james webb, tau edwin hubble ga ? kalo masih ga tau juga..tau hubble telescope ga........? nah bagus kalo tau, pernah denger james webb space telescope ga ? nah james webb space telescope ini rencananya bakal diluncurin tahun 2018 nanti buat gantiin si hubble telescope) yang ngitung estimasi buat program ke bulan itu bakal ngabisin sekitar $20 billion...

selisihnya jauh banget kan ? kaget gan ? si john f kennedy aja kaget waktu itu dengernya emoticon-Ngakak

pada taun 1969, NASA ngeluarin perincian biaya buat project apollo

Apollo spacecraft: $7,945.0 million
Saturn I launch vehicles: $767.1 million
Saturn IB launch vehicles: $1,131.2 million
Saturn V launch vehicles: $6,871.1 million
Launch vehicle engine development: $854.2 million
Mission support: $1,432.3 million
Tracking and data acquisition: $664.1 million
Ground facilities: $1,830.3 million
Operation of installations: $2,420.6 million.

totalnya adalah $23.9 billion (23.9 miliar dollar), dan setelah diitung lagi pada tahun 1973, ternyata final cost dari project apollo adalah $25.4 billion, ini taun 1973 loh gan..hehehe dan inget awal2 mulanya space program itu tahun 50 an, dan blom lama mereka baru ngalamin yang namanya periode "The Great Depression", bisa bayangin kan maksainnya gimana buat brangkat ke bulan ? cuma demi gengsi doang.

bayangin aja gan, taun 1969 buat nerbangin 1 roket saturn V aja biayanya 375 juta dollar..yaa ane ga tau sih kalo bagi agan2 itu jumlah yg dikit apa banyak buat taun 1960an - 1970an.

Spoiler for Saturn V:


dan terakhir pada taun 2009 NASA menggelar simposium buat ngitung estimasi, kira2 itu project apollo kalo diitung pake duit sekarang bakal ngabisin seberapa banyak sih ? jawabannya adalah kira2 $170 billion dollar (kira2 1931 triliun rupiah) emoticon-Hammer2

itu perinciannya gimana gan ? nih ane jelasin perinciannya.
itu duit udah termasuk penelitian dan pengembangan dari program tersebut, 15 roket saturn V, 16 command/service modules, 12 lunar modules,ditambah program support dan biaya management, bikin fasilitas buat project tersebut, dan tentunya biaya dari flight operations tersebut.

nah itu perincian dari NASA kan ? ada lagi nih sumber lain yg ngitungin biaya project apollo kalo di jaman modern sekarang..

"the space review" pada tahun 2010 coba2 ngitung nih gan (cari di gugel aja gan)..dan ternyata mereka mengestimasi kalau biaya project apollo dari tahun 1959 - 1973 adalah $20.4 billion (duit jaman itu) dan kalo diitung pake duit jaman sekarang jumlahnya adalah $109 billion.. jadi kalo dibagi 6 (ada 6 misi yang berhasil mendarat di bulan), masing misi membutuhkan $18 billion..(itungan duit sekarang ya)


Nah sekian thread ane gan..cape nih ngetik 7 jam nonstop..cukup rate bintang 5 aja gpp kok, biar banyak yang baca. emoticon-Malu (S)

dan terakhir, disini ane cuma ungkapin fakta2 yang ada aja, orang2 aja skarang lagi pada mau ke mars..ane ga abis pikir aja..masa masih ada aja yg masih percaya ama konspirasi moon landing. emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

nih yang paling terakhir gan..ngeliat tentang moon landing ini jangan secara subjektif gan..tapi liat secara objektif..liat jangan berdasarkan USA atau Sovietnya..tapi liat berdasarkan sisi umat manusia dan bukti yang bisa dipertanggungjawabkan secara scientific...makanya ane ga tulis judul threadnya "ga percaya amerika udah ke bulan" kan ? seperti yang Neil Armstrong bilang "one small step for a man, one giant leap for mankind", kalo cara pikir orang2 jaman dulu lebih percaya sama konspirasi kalo manusia ga pernah ke bulan, jaman sekarang manusia ga mungkin bisa bangun international space station, bikin drone, ngirim drone ke mars dan ga bakal ada penelitian2 tentang pengaruh zero gravity terhadap manusia. terobosan teknologi itu butuh apa sih gan ? butuh sesuatu yang bener2 asing dan baru buat jamannya bukan ? nah klo mereka aja selalu berpikir kalo hal itu ga mungkin, gimana mau melakukan sesuatu hal yang lebih dari hal itu lagi ? emoticon-Malu (S)


karena menurut ane pribadi, teori2 konspirasi kaum skeptis yang bertujuan untuk menjatuhkan sesuatu berdasarkan pandangan subjektif itu ga bakal bikin maju umat manusia, karena cuma liat kesalahan2 yang bisa digali, bukan liat dari sisi positifnya secara scientific untuk memajukan umat manusia. sekarang agan2 ngerti ga kenapa mereka disebut 1st world country dan kita disebut 3rd world country ? emoticon-Malu (S)
Diubah oleh NewB|eZ 10-02-2016 04:41
0
72.2K
821
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan