- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
DESAIN DAN MESIN BARU MOBIL F1 2014


TS
darmawan52
DESAIN DAN MESIN BARU MOBIL F1 2014


DESAIN DAN MESIN BARU MOBIL F1 2014

Spoiler for SPOILER:
TEMPO.CO, Jerez : Setelah otoritas Formula 1 membuat perubahan desain mobil untuk musim balap 2014, pabrikan mobil pun mengikutinya. Alasan utama perubahan desain itu untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan. Moncong mobil dibuat menjadi lebih menukik dan rendah. Otoritas Formula 1 yakin langkah ini efektif menghindari kendaraan melejit ke atas saat terjadi kecelakaan, seperti dalam kecelakaan Mark Webber yang menabrak belakang mobil Heikki Kovalainen dalam balapan di Valencia beberapa tahun lalu. (Baca pula: Bos Formula 1 Mengundurkan Diri).
Direktur teknik tim Red Bull dan desainer kendaraan yang disegani di dunia Formula 1, Adrian Newey, justru meragukan desain baru moncong mobil itu. Alasannya, jet darat itu bisa menghunjam lebih cepat saat terlibat dalam kecelakaan. Jika seorang pembalap menabrak mobil di depannya, kendaraanya bisa melesak ke bawah mobil yang ditabrak. “Struktur belakang mobil yang anda tabrak bisa menghantam wajah anda,” kata Newey usai sesi uji coba di Jerez, Spanyol, Selasa 28 Januari 2013. “Ini skenario yang lebih buruk.”
Untuk musim balapan 2014 yang akan digelar pada 16 Maret 2014 di GP Australia, berikut ini beberapa mobil Formula 1 yang kemungkinan digunakan:
Ferrari F14T
Sesuai aturan baru, Mobil F1 ke -60 ini memiliki desain moncong unik dengan desain lebar dan pipih namun tidak tajam. Agar tidak mudah membentur mobil lain dan pembatas, Ferrari membuat sayapnya lebih sempit. Tim desainer menyatakan memadukan sisi aerodinamika dan aturan bagi produk yang bermarkas di Maranello, Italia.
Caterham CT05
Ditemani pembalap Jepang, Kamui Kobayashi, pada musim ini Caterham akan mengandalkan pendatang baru dari Swedia. Badan 'jet darat' ini pun memiliki hidung lebih rendah mengikuti regulasi anyar. Mobil yang dibawa tim dimiliki pengusaha asal Malaysia, Tony Fernandes, tersebut telah menjalani tes pra musim di Jerez, Spanyo pekan lalu.
McLaren MP4-29
Selain menuruti aturan baru, mobil balap ini memiliki knalpot tunggal di bagian tengah belakang mobil. Dengan sidepod yang lebih besar untuk mengalirkan udara ke radiator dan intercooler, bagian itu dapat menutupi banyaknya pendinginan buat sumber tenaga. Tim ini telah memunculkan MP4-29 di McLaren Technology Centre, Woking, Inggris.
Red Bull RB 10
Sebagaimana kebanyakan mobil para rival, RB10 memiliki bagian hidung menonjol. Mobil rancangan Adrian Newey itu juga sempit di bagian depan. Mesin RB10 disuplai oleh Renault dan menjadi mobil ke-10 yang diciptakan Red Bull sejak menguasai Jaguar pada 2005.
Lotus E22
Tanpa sayap bertingkat, ujung depan mobil ini seperti garpu dengan posisi yang rendah. Tim yang baru ditinggalkan Kimi Raikkonen ke Ferrari ini mengandalkan posisi dan letak yang tepat untuk bagian ini demi memperoleh aerodinamika yang baik.
Direktur teknik tim Red Bull dan desainer kendaraan yang disegani di dunia Formula 1, Adrian Newey, justru meragukan desain baru moncong mobil itu. Alasannya, jet darat itu bisa menghunjam lebih cepat saat terlibat dalam kecelakaan. Jika seorang pembalap menabrak mobil di depannya, kendaraanya bisa melesak ke bawah mobil yang ditabrak. “Struktur belakang mobil yang anda tabrak bisa menghantam wajah anda,” kata Newey usai sesi uji coba di Jerez, Spanyol, Selasa 28 Januari 2013. “Ini skenario yang lebih buruk.”
Untuk musim balapan 2014 yang akan digelar pada 16 Maret 2014 di GP Australia, berikut ini beberapa mobil Formula 1 yang kemungkinan digunakan:
Ferrari F14T
Sesuai aturan baru, Mobil F1 ke -60 ini memiliki desain moncong unik dengan desain lebar dan pipih namun tidak tajam. Agar tidak mudah membentur mobil lain dan pembatas, Ferrari membuat sayapnya lebih sempit. Tim desainer menyatakan memadukan sisi aerodinamika dan aturan bagi produk yang bermarkas di Maranello, Italia.
Caterham CT05
Ditemani pembalap Jepang, Kamui Kobayashi, pada musim ini Caterham akan mengandalkan pendatang baru dari Swedia. Badan 'jet darat' ini pun memiliki hidung lebih rendah mengikuti regulasi anyar. Mobil yang dibawa tim dimiliki pengusaha asal Malaysia, Tony Fernandes, tersebut telah menjalani tes pra musim di Jerez, Spanyo pekan lalu.
McLaren MP4-29
Selain menuruti aturan baru, mobil balap ini memiliki knalpot tunggal di bagian tengah belakang mobil. Dengan sidepod yang lebih besar untuk mengalirkan udara ke radiator dan intercooler, bagian itu dapat menutupi banyaknya pendinginan buat sumber tenaga. Tim ini telah memunculkan MP4-29 di McLaren Technology Centre, Woking, Inggris.
Red Bull RB 10
Sebagaimana kebanyakan mobil para rival, RB10 memiliki bagian hidung menonjol. Mobil rancangan Adrian Newey itu juga sempit di bagian depan. Mesin RB10 disuplai oleh Renault dan menjadi mobil ke-10 yang diciptakan Red Bull sejak menguasai Jaguar pada 2005.
Lotus E22
Tanpa sayap bertingkat, ujung depan mobil ini seperti garpu dengan posisi yang rendah. Tim yang baru ditinggalkan Kimi Raikkonen ke Ferrari ini mengandalkan posisi dan letak yang tepat untuk bagian ini demi memperoleh aerodinamika yang baik.
Spoiler for mesin:
Liranews.com - Ajang adu kebut paling kenceng di dunia, Formula 1, akan memasuki era baru musim musim 2014, direncanakan akan ganti mesin V6 silinder 16.00 cc, namun mesin generasi ini masih menjadi perdebatan di ajang F1. Pasalnya bunyi dianggap tidak menarik, maka disinyalir mesin tersebut tidak segarang mesin V8.
Nanti dengan mesin yang lebih kecil dan hemat energi, namun dengan kemampuan dan tenaga yang setara dengan yang ada sekarang berkat kemajuan tehnologi pabrikan terkemuka yang berkecimpung di balapan ini.
Beberapa tahun terakhir, entah berapa lama rapat dan jam kerja dicurahkan untuk memilirkan regulasi mesin baru. Harus lebih modern, dalam arti lebih irit dan lebih ramah lingkungan.
Lalu munculah ide V6 silinder 1.600 cc, yang direncanakan dapat dipakai pada tahun 2014. Dengan racikan hybrid, memakai tenaga baterai, misalnya ketika melaju lamban di jalur pit stop.
ketika dicoba di lapangan trek, mesin-mesin modern itu bunyinya kurang menarik. Lalu kemudian, bos terbesar F1 Bernie Ecclestone sampai panas kupingnya, dan mengatakan ingin mesin baru ini dibatalkan karena ” tidak menjual “.
” Saya sudah mendengarkan bunyi mesin beberapa hari lalu di Maranello ( Markas Ferarri ). Setelah membandingkan mesin lama dengan baru, bahkan Luca di Montezemolo ( Presiden Ferarri ) bilang bunyi ( mesin baru ) sangatlah tidak menarik “ Kata Ecclestone seperti dikutip Hindustan Times, Senin (14/1/2013)
Musim ini adalah terakhir kalinya Formula 1 menggunakan mesin V8 2,4 liter dan tahun depan semua mobil akan ditenagai mesin V6 1,6 liter. Dengan demikian aturan tehnis kendaraan juga akan berubah drastis. Misalnya, volume maksimal bahan bakar yang boleh dibawa setiap mobil diturunkan dari 150 kg menjadi 100 kg dan batas putaran mesin juga dipangkas dari 18000 putaran per menit (rpm) menjadi 15000 rpm.
Masalah daya tahan mesin akan sangat krusial musim depan karena jumlah mesin maksimal yang bisa dipakai setiap pembalap per musim hanya lima, sehingga satu mesin bisa menempuh 4000 km rata-rata. Jika menggunakan mesin keenam, resikonya adalah penalti start 10 grid.
Sekarang ini, setiap pembalap berhak memakai delapan mesin per musim. Mobil F1 yang sekarang menggunakan tehnologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) untuk menyimpan energi yang terbuang waktu pengereman dan bisa setiap saat dikeluarkan.
Mobil 2014 akan menggabungkan KERS dengan ERS (Energy Recovery System) untuk mengumpulkan tenaga cadangan sebesar 160 tenaga kuda yang bisa digunakan lebih dari 30 detik per lap.
Mercedes Benz adalah pabrikan pertama yang sudah berani merilis spesifikasi dan foto mesin 1.600 cc pertamanya, yang saat ini tengah mengikuti ujicoba instan dan hasilnya diklaim sangat memuaskan.
“Ini adalah kompetisi di mana insinyur yang paling ulung yang akan menang, dan juga kejuaraan kecerdasan para pembalap untuk mendapatkan hasil maksimal dari mobilnya dan dari energi yang tersedia,” kata Andy Cowell, direktur pelaksana di Mercedes.
Nanti dengan mesin yang lebih kecil dan hemat energi, namun dengan kemampuan dan tenaga yang setara dengan yang ada sekarang berkat kemajuan tehnologi pabrikan terkemuka yang berkecimpung di balapan ini.
Beberapa tahun terakhir, entah berapa lama rapat dan jam kerja dicurahkan untuk memilirkan regulasi mesin baru. Harus lebih modern, dalam arti lebih irit dan lebih ramah lingkungan.
Lalu munculah ide V6 silinder 1.600 cc, yang direncanakan dapat dipakai pada tahun 2014. Dengan racikan hybrid, memakai tenaga baterai, misalnya ketika melaju lamban di jalur pit stop.
ketika dicoba di lapangan trek, mesin-mesin modern itu bunyinya kurang menarik. Lalu kemudian, bos terbesar F1 Bernie Ecclestone sampai panas kupingnya, dan mengatakan ingin mesin baru ini dibatalkan karena ” tidak menjual “.
” Saya sudah mendengarkan bunyi mesin beberapa hari lalu di Maranello ( Markas Ferarri ). Setelah membandingkan mesin lama dengan baru, bahkan Luca di Montezemolo ( Presiden Ferarri ) bilang bunyi ( mesin baru ) sangatlah tidak menarik “ Kata Ecclestone seperti dikutip Hindustan Times, Senin (14/1/2013)
Musim ini adalah terakhir kalinya Formula 1 menggunakan mesin V8 2,4 liter dan tahun depan semua mobil akan ditenagai mesin V6 1,6 liter. Dengan demikian aturan tehnis kendaraan juga akan berubah drastis. Misalnya, volume maksimal bahan bakar yang boleh dibawa setiap mobil diturunkan dari 150 kg menjadi 100 kg dan batas putaran mesin juga dipangkas dari 18000 putaran per menit (rpm) menjadi 15000 rpm.
Masalah daya tahan mesin akan sangat krusial musim depan karena jumlah mesin maksimal yang bisa dipakai setiap pembalap per musim hanya lima, sehingga satu mesin bisa menempuh 4000 km rata-rata. Jika menggunakan mesin keenam, resikonya adalah penalti start 10 grid.
Sekarang ini, setiap pembalap berhak memakai delapan mesin per musim. Mobil F1 yang sekarang menggunakan tehnologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) untuk menyimpan energi yang terbuang waktu pengereman dan bisa setiap saat dikeluarkan.
Mobil 2014 akan menggabungkan KERS dengan ERS (Energy Recovery System) untuk mengumpulkan tenaga cadangan sebesar 160 tenaga kuda yang bisa digunakan lebih dari 30 detik per lap.
Mercedes Benz adalah pabrikan pertama yang sudah berani merilis spesifikasi dan foto mesin 1.600 cc pertamanya, yang saat ini tengah mengikuti ujicoba instan dan hasilnya diklaim sangat memuaskan.
“Ini adalah kompetisi di mana insinyur yang paling ulung yang akan menang, dan juga kejuaraan kecerdasan para pembalap untuk mendapatkan hasil maksimal dari mobilnya dan dari energi yang tersedia,” kata Andy Cowell, direktur pelaksana di Mercedes.
yang mau denger suara mesin baru f1 2014 diamari gan suaranya seperti mesin jet peswat 

[YOUTUBE]

jangan lupa gan 

ane nolak 

btw ini thread pertama ane gan 
[/youtube]
Diubah oleh darmawan52 15-03-2014 09:16
0
3.7K
Kutip
26
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan