satpam.bankAvatar border
TS
satpam.bank
Rakitan di Indonesia, Harga HP Bisa Turun 15 Persen
Maraknya kedatangan investasi dari asing untuk membuat pabrik perakitan ponsel bisa turunkan harga ponsel hingga 10 persen-15 persen. Pasalnya perusahaan penjual ponsel tidak perlu mengimpor dari luar.

Ali Cendrawa, Aspiteg Asosiasi Penguasa dan Importir Telepon Genggam Indonesia mengatakan bahwa berdirinya pabrik perakitan ponsel di dalam negeri bisa menurunkan harga 10%-15% untuk semua jenis ponsel. "Harga harusnya bisa turun," ujar Ali seperti dikutip KONTAN, Kamis (13/3/2014).

Ia mengaku belum mendengar kedatangan Haier untuk membuka pabrik perakitan ponsel di Indonesia. Menurutnya, ia baru mengetahui soal Foxconn.

Namun, ia menyambut baik kehadiran pabrikan ponsel di dalam negeri. "Dampaknya baik untuk kita semua. Memperluas lapangan kerja, bisa bertukar pengalaman dan teknologi," terang Ali.

Ia mengatakan yang pasti, munculnya pabrik perakitan ponsel di dalam negeri bisa menekan impor ponsel. Namun ia belum punya estimasi bahwa impor bisa tertekan seberapa.

Catatan saja, saat ini ada sedikitnya 4 pabrik perakitan ponsel di dalam negeri yaitu Polytron, Advan, Evercross dan Mito. Namun Ali juga belum mempunyai data terkait dengan produksi keempat pabrikan itu terhadap industri.

Kompas Bisnis
setidaknya bukan hot money dan juga lumayan kan bisa serap tenaga kerja banyak, tapi kalo bisa sih diluar DKI Jakartaemoticon-Cendol (S)
0
2.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan